"Abi apa kamu sudah siap?"
"Iya, sebentar bu"
"Ibu tunggu di bawah"
Abi mengusap foto Jessica, hari ini tepat hari keberlangsungan pernikahan Abi dengan Fiya dan hari ini juga tepat istri nya berpulang.
Abi tidak bisa, Abi butuh sandaran. Abi terlalu lelah, semua egois. Tak ada yang keadilan untuk dirinya, dia hanya ingin menikah sekali seumur hidup nya. Hanya itu namun ibunya memaksanya menikahi gadis pilihan ibunya.
"Sayang, maaf aku nggak bisa penuhin janji aku. Maaf" Beribu kata maaf ia lontarkan, ia merasa bersalah ia tak bisa menepati janjinya.
Abi sempat menunaikan sholat agar pencipta memberikan petunjuk.
Abi keluar dari kamarnya, memakai baju pengantin berwarna putih dengan peci putih. Ia belum pernah mengenakan pakaian ini namun saat ini sangat lah berat saat mengenakannya, ia lebih memilih mengenakan pakaian sederhana dengan wanita yang mampu membuatnya bertekuk lutut."Abi, ayo acara segera dimulai" Ajak Galuh.
"Aku naik mobil sendiri bu, kalian berangkat duluan" Titah Abi.
"Yasudah, jangan terlambat"
Andrea tau perasaan anaknya, namun ini jalan satu-satunya ia terlalu egois mementingkan pesatnya perusahaan daripada kebahagiaan anaknya.
"Ayo mas"
Andrea menepuk punggung Abi, ia hanya menyalurkan sedikit kekuatan untuk anaknya. Andrea dan Galuh sudah pergi duluan menuju rumah Fiya. Acara diadakan dengan sederhana hanya orang terdekat saja yang diundang.
"Mas tau kamu berat untuk menjalankan sakral ini"
Abi tersenyum miris.
"Mas hanya bisa mendoakan kamu, maaf mas gagal menjaga mu"
"Abi bukan anak kecil yang harus dijaga, mas Azam juga banyak urusan diluar sana. Sampai diumur hampir tiga puluh delapan ini mas belum juga menemukan jodoh mas"
Azam terkekeh, ia merangkul pundak adiknya itu "Jodoh mas kamu embat, sudah ingin kedua kali kamu menikahi seorang bidadari. Sedangkan mas belum menemukannya"
"Mas jangan kebanyakan kerja, toh mas juga butuh pewaris"
"Kan nanti ada anak kamu"
Abi menanggapi Azam hanya sebagai candaan saja, ia tak terlalu memikirkan.
"Abi berangkat, Assalamualaikum"
"Lebih dekatkan dirimu dengan Allah Abi, hanya dia yang bisa menolong mu"
Abi tersenyum tipis, menaiki mobil nya. Terlalu banyak pikiran yang berkecamuk di kepalanya, Abi tak sekuat itu Abi juga ingin istirahat sejenak.
Terdengar ledakkan, dan pekikan nyaring. Abi tak merasakan apapun ditubuhnya, namun ia bisa merasakan bau anyir di baju pengantin yang ia gunakan. Orang-orang bergerombol untuk melihat sesuatu yang terjadi, sejenak ia mengucapkan talqin matanya sangat lah berat "Kamu penuhin janji kamu" Kalimat terakhir yang ia dengar serta yang ia lihat senyuman istri nya yang selalu ia nantikan.
🦋
"Inalilahiwainalilahirojiun, telah berpulang nya saudara Abidzar Malik Deovalno bin Andrea Deovalno pada 21 Mei 2026. Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT dan diampuni dosa-dosa beliau"
Galuh meraung-raung ia tak menyangka anak kandungnya meninggal secara tragis. Tubuh nya luruh ia sudah tak mampu menyangganya lagi.
Mendengar kabar kecelakaan Azam tentunya sangat lah syok, padahal ini hari kebahagiaan adiknya namun takdir berkata lain. Adiknya meninggal disaat yang lain menantikan kehadirannya.
Abi dimakamkan bersandingan dengan makan istri nya, begitu banyak yang iri akan harumnya pemakanan Abi. Abi pergi dengan tubuh yang masih utuh sedangkan korban yang lain tubuh sebagian sudah rusak. Mobil Abi ditabrak oleh truk tronton, Abi tak menyadari nya karena ia melamun.
"Gue tau sehidup semati dan sesurga itu keinginan almarhum" Ujar Eyra.
"Dan keinginan almarhum terpenuhi, Aira iri dengan mereka"
"Sholat aja masih gue tunda-tunda padahal Allah nggak segan-segan ngambil nyawa gue kapanpun itu"
Orang-orang mulai berpergian meninggalkan pemakanan, yang tersisa hanya keluarga terdekat. Galuh berada di rumahnya karena ia tak kuat melihat jasad anak semata wayangnya.
"Jessi, semoga kalian dipertemukan di sana nantinya"
"Amiin"
"Azam, saya baru tau kamu kakaknya Abi" Ujar Jingga.
Azam tersenyum tipis.
"Seandainya ego ayahmu ini tak terlalu besar, kau akan bahagia Abi".
" Abi lebih bahagia jika ada di surga nya Allah"
"Jadwal kematian itu nggak ada yang tau jadi berbuat baiklah dan senantiasa dalam ketaatan" Azam tersenyum ia mengusap nisan adiknya.
"Mas tak banyak tau tentang mu, tapi mas tau kamu orang baik"
"Kematian itu perpindahan bukan perpisahan karena yang hilang itu raganya buka kenangannya"
"Mereka abadi, kisah mereka tidak mampu kalian tiru. Dari awal kisah mereka yang benci menjadi rindu hingga InsyaAllah ke janah"
"Dan Allah tau yang terbaik untuk hamba-hambanya. Takdir nggak akan ketukar selalu berprasangka baik sama Allah, apa yang kalian lalui bukan apa-apa Allah hanya ingin memperkuat"
"Bersyukur apapun yang kamu miliki sekarang, banyak yang lebih kurang dari kita."
Aira seketika termenung dengan ucapan Azam, ia terlalu banyak mengeluh akan tentang hidup ini. Dika mengusap punggung istrinya "maaf ya mas Aira selalu ngeluh ke mas"
"Aku malah seneng kamu ngeluhnya ke aku, tapi lebih ringan lagi kamu ngeluh ke Allah tumpahkan di dalam sujud mu"
"Yah, Azam minta ayah ikhlasin kepergian almarhum. Ini bukan sepenuhnya salah ayah kok, tapi kita ambil pembelajaran nya saja"
Andrea mengusap punggung Azam "Gantikan posisi Abi"
"Azam bersedia"
Andrea tersenyum lalu memeluk tubuh Azam, ia ingin menikmati hari tuanya dengan mengendong cucu.
Akhir kisah mereka membuat sebagian orang iri akan ketulusan cinta seorang Abi, kesabaran dan keikhlasan. Makam yang dipenuhi bunga, dan di sana terdapat bau harum. Wajah Abi terpahat dengan sempurna ia meninggal dengan keadaan bersuci, serta wajahnya yang tersenyum. Makam yang bersandingan dengan Makam istrinya yang meninggal sejak 3 tahun yang lalu.
Banyak yang datang untuk sekedar berziarah, sebagian orang mengenal sosoknya. Seorang ustad yang berdakwah, ia cukup terkenal ilmu yang dibagikan bisa bermanfaat banyak orang diluar sana.
Meninggal nya Abi bertepatan dengan meninggalnya istrinya, sungguh kebesaran Allah SWT yang ia nantikan.
Ya, ini akhir dari kisah mereka namun ini bukanlah akhir ini awal kisah mereka yang nantinya akan pertemukan di Jannah.
Selesai
KAMU SEDANG MEMBACA
My Husband Doctor
Teen Fiction𝐉𝐞𝐬𝐬𝐢𝐜𝐚 𝐃𝐞𝐥𝐮𝐜𝐢𝐚 𝐠𝐚𝐝𝐢𝐬 𝐒𝐌𝐀 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐝𝐚𝐩𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐜𝐢𝐧𝐭𝐚 𝐧𝐲𝐚 𝐀𝐛𝐢 𝐬𝐞𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐨𝐤𝐭𝐞𝐫 𝐦𝐮𝐝𝐚 𝐝𝐢 𝐫𝐮𝐦𝐚𝐡 𝐬𝐚𝐤𝐢𝐭 𝐁𝐚𝐤𝐭𝐢 𝐦𝐮𝐥𝐢𝐚. 🦋🦋🦋 𝗝𝗔𝗡𝗚𝗔𝗡 𝗟𝗨𝗣𝗔 𝗩...