MALAAAAAAM
.
.
.“Rin, Ken nama panjangnya siapa?”
Tak membiarkan perjalanan menuju kantor Arini terasa hampa, Juan selalu mengajak wanita itu berbicara.
“Kenzo Mahardika.”
“Beuh bagus banget. Untung gak lo namain Asep Saipudin, bisa-bisa sama kayak nama satpam sekolah kita dulu.”
Arini terkekeh. “Masih inget aja.”
“Ingetlah, gue sering dihukum sama Pak Asep dulu.”
“Lo, 'kan emang nakal, gak heran kalau sering dihukum.”
“Nakal-nakal juga pinter gue mah.” Juan menyahut sombong, membuat Arini merotasikan bola mata malas. “Ken suka banget Toy Story kayaknya.” Topik soal Ken dimulai lagi.
“Bukan kayaknya. Isi kamarnya dia itu semuanya Toy Story. Dari pajangan dinding, sprei, mainan sih gak perlu ditanya. Semuanya dimulai karena Dipta yang sering ngajakin Ken nonton Toy Story.”
“Oh ya Dipta, dia bukan anak kandung lo. Tapi mukanya mirip lo, Rin.”
Arini tersenyum. “Karena gue mirip Mas Haris, Papanya Dipta. Mungkin dari situ kenapa gue dan Dipta bisa mirip.” Juan ikut tersenyum. “Lo suka anak kecil ya Mas? Lo keliatan beda banget waktu gendong Ken tadi. Kayak apa ya, mata lo berbinar, atau cuma perasaan gue aja?” Bahkan Arini menyadari, topik Juan sejak tadi perihal anak-anaknya, bukan yang lain.
“Gue emang suka anak kecil.” Juan diam sejenak, matanya fokus pada jalan di depan. “Di pernikahan gue sebelumnya, gue bener-bener berharap punya anak. Bahkan gue sempet nahan mantan istri gue supaya kita gak cerai dulu sampai kita punya anak.”
“Posisinya lo udah tau dia selingkuh?”
Juan mengangguk. “Gue paling gak bisa menerima perselingkuhan. Setelah tau Elin main belakang sama Dewa pun gue langsung mutusin Elin, sebegitunya gue benci perselingkuhan. Tapi waktu itu gue sampai nahan mantan istri gue, saking pinginnya gue punya anak. Cuma karena dia udah ketahuan selingkuh, akhirnya dia terang-terangan pingin lanjutin hubungannya sama selingkuhannya.”
“Dia yang selingkuh, tapi jatohnya lo yang mohon-mohon.”
Juan tersenyum kecut. “Demi punya anak.”
“Omong-omong, kenapa kita baru ketemu setelah bertahun-tahun ya?”
“Lulus SMA gue kuliah di Jogja, kelar S1, lanjutin study di Malaysia. Umur gue dua lima atau dua enam, gue baru balik lagi ke sini.”
Arini mengangguk paham. Matanya menangkap sebuah kartu identitas yang tergantung di spion. “Pernah kerja di firma hukum, Mas?”
“Pernah.”
“Banyak juga pengalaman lo. Terus kenapa sekarang milih jadi dosen?”
“Pingin yang santai. Udah terlalu pusing hidup gue.”
“Copot dulu aja kepalanya sebentar.”
“Kalau bisa gue copot mah, gue copot Rin. Hidup sehari tanpa kepala, terus gue gentayangin orang-orang.”
“Terus muncul urband legend, dosen tanpa kepala.” Juan tertawa, begitupula dengan Arini. Sampai tak terasa mobil Juan tiba di depan kantor Arini. “Makasih banyak Mas buat tumpangannya. Kalau lo gak ada, anak-anak pasti telat.”