Bab 125 Melepaskan

2 1 0
                                    

Jika tahun 186 M menjadi tema perang salib melawan Dong Zhuo, maka tahun 187 M diakui oleh para sejarawan kemudian sebagai titik waktu runtuhnya Dinasti Han Timur.  Empat peristiwa besar terjadi tahun ini:

1. Yuan Shao membunuh Liu Tan dan mengangkat Liu Yu menjadi kaisar di Jizhou;

Kedua, Yuan Shu mengepung dan membunuh Sun Jian dan naik takhta di Shouchun sambil memegang segel giok;

Ketiga, Dong Zhuo memproklamirkan dirinya sebagai Raja Qin [1] dan memindahkan Kaisar Xian ke barat Kota Chang'an untuk membangun reruntuhan Istana Zhang;

Keempat, Cao Cao dan Cao Sheng menandatangani "Perjanjian Qingzhou", menandai dimulainya "Periode Perjanjian Dua Cao" yang legendaris.

Penanaman musim semi belum dimulai pada bulan Februari, dan proyek konstruksi sipil yang gencar telah dimulai di Yecheng, Jizhou.  Para Turban Kuning yang baru saja merasakan kepemimpinan Zhang Jiao dan Liu Tan menjadi tulang belulang yang mati di kaki kota baru setelah direbut oleh Yuan Shao.  Beberapa orang di kalangan warga sipil terus melarikan diri, melarikan diri menuju Yanzhou di selatan.

Namun bagi Yuan Shao saat ini, melarikan diri dari beberapa pekerja hanyalah sebuah rasa gatal, dan bukan Jizhou miliknya yang menyebabkan kerugian.  Dia saat ini sedang memeriksa Feng Shui di lokasi konstruksi bersama keluarga Jizhou.  Di utara Yecheng terdapat sisa hijau Gunung Mang milik Xuanwu; di barat menghadap Gunung Taihang terdapat Macan Putih yang curam; di selatan adalah Zhangshui. Meskipun merupakan parit alami, namun tidak sesuai dengan lima elemen Suzaku yang termasuk api, sehingga perlu dibangun parit, tiga gerbang selatan dan seterusnya.

Adapun istana yang baru dibangun di kota ini memang belum sesempurna Luoyang, namun bisa dikatakan "lengkap dengan kelima organ dalamnya".  Kuil leluhur, aula utama, istana tidur, kanal batu, menara lonceng... bahkan pengungsi mulai berdatangan dari kota untuk mengabdi di istana.

Satu-satunya orang yang merasa tidak nyaman mungkin adalah calon kaisar, Liu Yu sendiri, yang dipenjara di istana lama Liu Tan.

Ternyata Liu Yu juga membawa pasukan ke Jizhou dan mengalahkan sisa prajurit Liu Tan, sang "Kaisar Huang Tian".  Secara logika, dia ingin kembali ke Liaoxi dan terus menjadi pendeta Youzhou Yuan Shao, tapi dia tidak bisa mempertahankannya.  Sayangnya, ada seorang pembuat onar bernama Xu You yang menipu para pejuang setia tersebut dengan lidahnya yang tajam.

“Apakah menurutmu Liu Youzhou tidak layak menjadi kaisar?”

“Gongsun Zan dari Liaoning Barat memiliki banyak keluhan terhadap Liu Yu, dan dia memiliki jumlah pasukan yang besar. Apakah kamu tidak takut menghadapi sesuatu yang tidak terduga ketika kamu kembali ke Youzhou?”

"Mereka yang menjabat sebagai menteri dan bawahan harus setia kepada tuannya sampai mati ketika dia membuat pilihan yang tidak pantas!"

Jadi Liu Yu menemukan "jubah kuning".  Tentu saja, tidak ada jubah kuning di era ini, tetapi jubah kaisar dengan pola misterius gunung, sungai, dan hewan keberuntungan, bersama dengan mahkota kaisar dengan dua belas mahkota, telah dikirimkan ke kasusnya.  Masih ada sekelompok bawahan lama di luar yang menangis dan memohon padanya untuk naik takhta.

Liu Yu: Saya punya sepuluh ribu kata MMP untuk diucapkan.

Sebagai anggota klan dengan IQ normal dan sedikit ambisi, Liu Yu tahu bahwa Yuan Shao sedang membuat dirinya terbakar.  Dibandingkan dengan kemungkinan dibunuh dengan kejam dan dipaksa masuk istana di masa depan, Liu Yu lebih mengkhawatirkan reputasinya dalam sejarah: Kaisar terakhir Dinasti Han?  Memikirkannya saja sudah membuat hatiku sakit.

Dia murah hati dan baik hati sepanjang hidupnya, dan putranya sendiri tidak sepenting reputasinya sendiri!  Bahkan nyawanya pun tidak!

Pada bulan Oktober, Yuan Shu memimpin penyelesaian tiga langkah "membangun istana, mendirikan ratusan pejabat, dan memuja langit dan bumi" di Shouchun, dan menamakannya Zhong.  Ketika berita itu sampai ke Yecheng, Yuan Shao tidak bisa duduk diam.Dengan seratus pejabat yang terdiri dari bangsawan Jizhou dan kroni Runan, dia dengan paksa "mengundang" Liu Yu ke aula utama yang baru selesai dibangun.

~End~ Jatuh cinta dengan pohon teknologi [Tiga Kerajaan]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang