13. Parents

539 76 4
                                    

Tok. Tok.

Tok. Tok.

"Ada perlu apa, Nay?"

Orang yang Naya cari ternyata gak ada di dalem apartemen, melainkan baru dateng dengan kemeja dan dasinya yang berantakan. Keliatannya baru pulang meeting sama client penting.

"Ini Mas, eh, Jean. Ada titipan dari Mama kamu. Tadi aku ketemu di toko roti," ucap Naya sambil nyodorin paper bag isi roti-rotian tadi.

Kebetulan Jean juga belum makan. Jean cek isi kantongnya dan ga ada roti coklat. Kalo ibunya yang milihin, pasti ibunya bakal masukin roti coklat karena mikir Jean alergi kacang. Padahal yang alergi kacang cuma kakaknya.

"Kamu ketemu Mama?" tanya Jean untuk mastiin dia ga salah denger. Naya ngangguk kecil.

"Terus?"

Naya mau ngomong, tapi dari tadi ada orang lalu lalang di koridor. Jean peka dan langsung buka kunci apartemennya. "Masuk dulu. Maaf berantakan."

Yap, apartemen Jean juga berantakan gak karuan. Sama kayak apartemen Naya kemarin. Naya masuk ke apartemen itu dengan canggung. Setiap sudut apartemen ini ada kenangan mereka. Cuma barang-barang Jean yang tertinggal di sini. Gak ada sehelai pun sisa eksistensi Naya di sini.

"Mamamu nanyain kenapa udah lama gak ke rumah. Beliau juga nanya kamu mau ke toko emas kapan. Katanya buat tunangan kita dua bulan lagi."

Jean narik napas panjang. Dia bahkan belum buka sepatu dan naro tasnya. Ngedenger itu, dia diem dulu sambil beresin barangnya di sekitar sofa. Dia juga mikir mikir mau ngomong apa.

"Aku bilang tunangannya ditunda. Mamamu langsung mikir kita sibuk. Gak marah sih. Tapi kalo ga sempet ke toko emas, mamamu mau kasih cincinnya ke kamu," ucap Naya yang masih berdiri di deket pintu.

Jean duduk di sofa terus ngelipet lengan kemejanya. Dia juga ngelonggarin dasi yang makin mencekik di lehernya karena omongan Naya. Dia ambil rokok yang ada di meja kopi depan sofa dan nyalain rokoknya.

Satu, dua hisapan hening. Naya masih berdiri kaku di depan Jean yang lagi meresapi panasnya tembakau di tenggorokannya. Rokoknya Jean gak berubah, selalu sama dari pertama kali Naya kasih tau Jean cara ngerokok.

"Kenapa kamu ga bilang ke Mama kalo kita putus?" tanya Jean tanpa basa basi. Dia narik asbak dan ngetuk pelan rokoknya ke asbak.

"Aku gak setega itu buat bilang kita putus di saat mamamu mikir kita mau tunangan."

Jean ketawa kecil, "Bukannya kamu yang nyuruh itu ke aku?"

"Gimana caranya kalau aku yang bilang, Jean? Mamamu biayain separuh uang semesteran kuliahku. Dia juga ngasih aku tempat tinggal selama kuliah. Gimana caranya aku tega?"

"Sekarang kamu ngerti rasanya, kan?"

Naya skak mat. Capek rasanya debatin Jean tapi memang kali ini dia yang salah, dia yang terpojok. Ga ada dari mereka yang mau nyampein kabar mereka ke keluarga. Mereka udah pacaran terlalu lama untuk tiba-tiba putus.

"Aku rasa ini urusanmu, Jean. Itu ibumu, bukan ibuku. Jadi kamu pikir sendiri aja." Naya gak mau memulai perdebatan lagi. Dia udah capek bentak-bentak Jean.

"Bener. Baiknya kita urus urusan masing-masing aja."

Tanpa natap Naya, Jean ngomong sekeji itu. Ucapan itu cukup ngehantam Naya dengan keras. Dia gak berharap Jean akan baik, tapi dia gak nyangka Jean bisa sekejam itu.

"Alright, i get it. Im leaving, then."

***

Ketemu sama mamanya Jean kemarin bikin dia gagal fokus dalam semua hal. Naya coba bebenah apartemen, benerin CV, cari cari lowongan kerja, tapi gak ada yang bikin dia kedistract dari omongan Jean tentang mamanya.

Escapism. Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang