"Sandra!"
Merasa nama gue dipanggil, ya gue berhenti lah, takut dikira sombong sama ibu-ibu tetangga, yang lagi kumpul di salah satu rumah, di deket gang rumah gue. Mereka tuh sering banget berkumpul kayak gini, hampir setiap hari, sambil ngomongin yang lagi jadi trending topik atau orang-orang lewat yang menurut mereka aneh.
"Iya tante Dewi, ada apa ya?"
"Baru pulang kerja ya San?" Gue mengangguk sambil tersenyum ramah.
"Oh iya ini ada titipan surat undangan dari Sari, jangan lupa dateng ya San" Tante Dewi menyodorkan sebuah kertas tebal berwarna biru, gue terima sambil pura-pura membacanya.
"Iya tante makasih ya, kalo gitu Sandra pulang dulu, permi--"
"Sandra kapan nih? Masa kalah sama Sari, yang baru lulus sekolah"
Nah, bersuara juga nih manusia yang mulutnya usil, kayak knalpot racing. Kenalin, namanya tante Sri, tapi sering gue panggil Srintil kalo lagi kesel. Rumahnya pas banget di samping rumah gue, cuma kehalang tembok sebatas dada aja.
"Doain aja tante" jawab gue.
"Jangan terlalu banyak milih San, nanti malah ngga ada yang mau sama sekali"
Apa katanya barusan?
Jangan terlalu banyak milih?
Kan gue nyari calon suami, masa asal comot aja. Harus selektif kali kalo soal urusan milih memilih mah, apalagi ini buat pendamping seumur hidup.
"Cuma kamu doang lho San yang belum nikah-nikah disini, padahal usia kamu udah mau kepala tiga" ngelunjak nih Srintil lama-lama, gue diemin malah makin sengaja.
Gue buru-buru pergi aja, sakit telinga gue lama-lama dengerin ocehan si Srintil, yang ujungnya pasti nyindir gue, dan omongannya tuh selalu nyerempet ke arah situ mulu.
"Eh, tuh anak dikasih tau malah begitu, ngga sopan!"
Sumpah ya...tuh mulut si Srintil minta di cabein kayaknya, lancar banget perasaan kalo soal nyindir sama ngomongin orang, gue bom aja apa ya rumah nya? Eh, tapi nanti rumah gue juga kena imbas nya dong.
"Masuk rumah tuh ucap salam kak"
"Eh ibu, hehe, maaf bu lupa, assalamualaikum...."
"Waalaikum salam, kenapa itu pulang kerja kok cemberut gitu?"
Sebentar bu, Sandra minum dulu, seret banget tenggorokan menahan emosi yang ngga bisa meledak.
"Srintil tuh bu, nyebelin banget!"
"Ngga boleh gitu kak, ngga sopan, gitu-gitu juga orangtua kak, kamu harus hormat" Ih ibu mah, dibelain mulu nenek lampir.
"Tante Sri itu emang nyebelin tau bu, kalo ngomong ngga ada filter nya" Rima emang paling tau nih, soalnya kalo lagi nyindir gue, kebetulan suka ada dia.
"Nah kan? Kakak tuh ngga bohong bu, nih ada adek saksi nya"
"Udah ya...sekarang kakak mending mandi, sebentar lagi maghrib, kita jamaahan"
Susah ngomong sama ibu, di mata dia semua orang tuh baik aja, ngga tau aja mereka suka ngomongin ibu sama bapak. Iya, kalo di depan ibu sama bapak mah mereka pada ramah-ramah, coba aja kalo di belakang, muka nya beda lagi.
"Ibu tuh dek, ngebelain mulu Srintil, heran deh..." gue berbisik ke Rima.
"Sabar kak, umur segitu emang lagi usil-usilnya, kalo diladenin juga malah dia yang tantrum"
"Bener banget dek"
"Kak, tadi siang aku ketemu sama kak Ilham, nanyain kakak"
Ilham?
Mau ngapain lagi sih tuh cowok, udah dilarang sama emak nya buat deketin gue juga, masih aja nanyain gue.
"Bodo ah, males"
"Kenapa ngga sama kak Ilham aja sih kak? Dia lumayan kok"
"Ogah! Kakak udah dikatain perawan tua sama emak nya, sampe terang-terangan ngga bolehin anaknya deket-deket sama kakak"
"Oh pantesan, tadi tante Romlah langsung melotot gitu sama kak Ilham"
"Sandra! Rima!" Suara bapak mengintrupsi perghibahan kami berdua, auto kocar kacir kalo udah denger suara tegas bapak, serem kalo udah marah.
~~~
KAMU SEDANG MEMBACA
Sepenuh Hati
RomansaFollow dulu sebelum membaca, yang ngga suka skip aja! Hai, kenalin nama gue Sandralia Amourella (28) keseharian gue ngantor, dan selebihnya berdiam diri di rumah. Gue kurang suka bersosialisasi, kenapa ya? ada yang sama kayak gue juga ngga? kayak ca...