PRAKATA

127 23 45
                                    

Halo, semuanya!

Selamat datang di novel perdanaku : The Curse!

Novel ini aku selesaikan sekitar tujuh tahun lalu, tepatnya pada tanggal 19 Juli 2015. Novel ini memiliki genre thriller sekaligus teen fiction. Novel ini pertama kali aku tulis di tanggal 27 Oktober 2014, dan saat itu aku masih duduk di kelas 2 SMP. Zaman itu aku lagi tergila-gila banget dengan novelnya Kak Lexie Xu, yang menuliskan Johan Series dan Omen Series (kalian bisa cari di Gramedia, buku-buku beliau keren banget). Dari kecil, aku memang suka novel bergenre seperti ini. Nggak cuma novelnya Kalex aja, aku juga suka novelnya Agatha Christie, R.L. Stine, Luna Torashyngu, pokoknya yang modelannya begini deh.

Karena aku menuliskan ini di tahun 2014-2015 dan aku belum lulus SMP saat itu, mungkin bisa sangat dimaklumkan bila novel ini... luar biasa jeleknya. HAHAHA. Aku bahkan mengirimkan novel ini ke Gramedia, berharap bisa dipajang bersama novel buatan Kak Lexie Xu. Sayangnya, dari pihak Gramedia menolak. Yah, apa yang kau harapkan dari tulisan anak kelas 2 SMP? 😂🤭

Tapi, aku bangga banget, jujur. Aku, di usia tiga belas tahun, berhasil menulis novel sepanjang 315 halaman. Aku, di usia tiga belas tahun, bisa memikirkan sebuah alur cerita yang aku sendiri amazed, kok aku bisa ya sudah menulis begini delapan tahun lalu? Hei, aku yang dua puluh satu tahun saat ini saja takjub melihat tulisanku di masa lalu. EYD cukup oke, PUEBI lumayan, something that not everyone in their thirteen can do.

Kenapa lo publish lagi, Val?

Karena aku ingin menghargai diriku yang berusia tiga belas tahun. Diriku yang berusia tiga belas tahun, sudah berusaha begitu keras menulis ini. Alangkah baiknya, walaupun buku ini sampai kapanpun tidak akan terbit di penerbit manapun, kuterbitkan di account Wattpad-ku sendiri. Aku akan meninggalkan hasil karyaku sewaktu aku SMP di sini. Aku akan mempersilahkan siapapun yang ingin, untuk menikmatinya. Tapi, asal tahan aja sih... HAHAHAH😂

Aku mohon kalian memaklumi kalau alurnya nggak jelas, banyak plot hole, kebanyakkan karakter, banyak kata kasar, banyak body shaming antar karakter, atau apapun itu... sekali lagi... namanya juga novel yang di buat sama anak 13 tahun. What do you expect?! :"D. Aku sengaja nggak ngedit novel ini lagi karena aku pengen menjaga keaslian tulisanku di usia 13-14 itu. Kalau di edit dengan kemampuanku yang usia 20-21 sekarang, udah nggak benar-benar hasil karyaku yang dulu dong?

Oh ya, nama karakternya sama dengan novelku sekarang, DÉCEMBRE, karena DÉCEMBRE sendiri memang remake dari The Curse. But ofc, alurnya sangat gak mirip, dan banyak karakter yang udah berubah secara kepribadian dan nama ;)

Dan, aku banyak menyelipkan nama teman-temanku yang dulu minta di request masuk ke buku aku sendiri. Kalau kalian mengenaliku di dunia nyata dan mungkin menemukan beberapa nama yang familiar, percayalah aku hanya berani melakukannya bila di-request. Bila ada yang familiar tapi aku tidak berteman, itu hanya sebuah kebetulan :)

Akhir kata, aku menerbitkan buku ini di sini bukan dengan tujuan utama untuk di baca, apalagi di notice, tapi hanya untuk menyimpan hasil karyaku.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kamis, 17 Maret 2022

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kamis, 17 Maret 2022

Valeria, 21 tahun,
Yang sekarang lagi takjub membaca
tulisan Valeria Kecil yang berusia 13 tahun.

The Curse ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang