aku dilahirkan sebagai unik. sedikit yang terlahir seperti aku. itulah kenapa kesalahpahaman akan selalu menjadi milikku yang terbesar. untuk mengenal keindahan mutiara. kau harus sejajar dengan mutiara lainnya. mereka berada di kedalamanan laut, dari seluruh makhluk hidup yang bernafas dan mengganti diri. untuk bisa mengenalku, kau harus mengubur dirimu lebih dalam lagi. lebih pekat dari laut yang paling dalam. itulah sebabnya, sedikit orang bisa mencapai tempat aku berada. karena hampir semua orang memilih lari dari dirinya sendiri. mengambang tersapu dari segala sisi.
terkadang, aku harus menutup diriku dari kemungkinan-kemungkinan. agar yang lain mencobanya dan sedikit memahami. tapi samudra terlalu luas bagi mereka. dan kedalaman badai mengoyak sebelum pijakan kokoh dibuat dan menghancurkan yang baru saja tumbuh.
aku bukan diciptakan untuk manusia-manusia kecil. hariku lebih panjang dari mereka. keabadian yang aku benci. untuk apa menjadi abadi jika tak satu pun orang mengenaliku?
sebagai mahkluk malam. aku sangat peka dengan getar suara dan segala kebisingan yang merambat, berkumpul, atau tertawan. orang besar selalu hidup di malam hari. ketika manusia kecil tidur dan membaringkan topeng-topengnya. mereka yang terjaga adalah melampaui batas. titik balik menuju rahasia-rahasia agung.
di saat aku kembali dilahirkan. semua orang sudah terlanjur menjerit tercekik oleh air matanya sendiri. hari-hari yang aku nubuatkan telah terjadi. segala peringatan telah berlalu. dan keseharian adalah rasa sakit dan ironi. tragedi terbesar adalah milik mereka yang selalu terlambat. mereka yang dilahirkan terlambat.
akan ada sedikit orang yang akan dilahirkan kembali bersamaku. terlampau sedikit bagai debu yang mengembara di tengah pasir yang bersenandung dibawa angin. yang lain-lain, tidakkah aku sudah beberapa kali bahkan terlampau sering mengatakannya?
keindahan adalah seni menipu diri sendiri. kebajikan bagi mereka yang berumur panjang. kekaguman bagi mereka yang menyembah bintang-bintang.
untuk mencapai adaku. seseorang harus memasuki labirin tanpa pintu. terpenjara selamanya dalam pencarian yang tak mungkin. berpijar oleh yang ia buat, temukan, dan rasakan. tersiksa oleh semua yang terpikirkan. matahari hanyalah milik para pejalan kaki. yang tak terbatas menampakkan dirinya setelah cahaya keemasan tenggelam dan tertelan oleh kegelapan yang bersih.
aku hidup bersama kegairahan para pemburu malam. kelelawar dan para harimau. hutan adalah laut dari kedua sisi yang terbalik.
untuk mencapai malam. kau harus siap menelan dirimu sendiri. pengetahuan menuju kepada mereka yang berkorban. iblis terlempar dari surga. Tuhan malang yang terus sendirian sampai seluruh yang Ia ciptakan tiada.
dunia ini tak lebih dari mimpi panjang yang aneh. terlalu aneh. hingga pada akhirnya, tak ada seorang pun yang dibangunkan kembali. kecuali yang sedikit.
yang sedikit adalah kegagalan. awal dan akhir dari segala yang ada dan harus.
KAMU SEDANG MEMBACA
DUNIA YANG MEMBOSANKAN
Non-Fictiontentang segala sesuatu kenapa dunia ini membosankan.