penyakit terburuk dari seluruh penyakit adalah rakyat. orang-orang yang tak tahu diri. para penipu dan bajingan. monster bertopeng ganda. bahkan lebih.
rakyat, kata yang sepadan dengan membolehkan segalanya untuk tujuan kedamaian diri sendiri.
sebagai orang yang sedang berada di puncak, kau harus sedikit mengerti apa sesungguhnya rakyat itu. orang-orang yang akan selalu menggoyangkan kekuasaanmu di saat mereka bermalas-malasan. orang-orang yang juga akan ingin menurunkan bahkan menghancurkan apa-apa yang kau bangun dengan jalan menindas mereka. baik atau kejam, semua cara itu hanyalah omong kosong di depan rakyat yang berubah-ubah, tak pernah pasti, seperti seekor harimau jinak yang banyak menuntut.
rakyat adalah cerminan terdalam umat manusia yang lebih mencintai kepuasan dunia yang berganti-ganti. rakyat hanyalah dan akan tetap sekedar sekumpulan orang-orang busuk, culas, mementingkan diri sendiri, kebaikan yang terbatas untuk orang tertentu, dan menjual segala apa yang ada dalam dirinya kepada iblis berwajah emas. tuhan mereka adalah langit omong kosong. seperti itulah mereka. mencelupkan diri dalam bak mandi darah yang tak pernah mau mereka akui demi segenggam beras dan roti.
usaha yang paling jujur dari mereka akan selalu berwajah kebohongan dan tak berperasaan. perasaan paling halus dari mereka adalah pengabaian-pengabaian.
tuhan tertinggi memuntir lehernya hingga tewas di tengah sekumpulan ternak.
dan para penguasa harus tahu, rakyat hanyalah cerminan dari dirinya sendiri. dari situlah, segala moralitas runtuh dan tertawa terbahak-bahak.
mengajari seekor lipan tertawa adalah tak mungkin. sama halnya mengajari umat manusia, rakyat, bermurah hati demi kepentingan orang lain terus-menerus adalah ketidakmungkinan yang sama persisnya seperti seekor beruang yang lapar.
kekuasaan di tangan rakyat. tidakkah itu berarti kekuasaan di tangan orang-orang berhati dingin?
dan dari sinilah, segala alasan untuk memperbudak mereka pun dibolehkan. apakah rakyat yang akan memperbudakmu atau dirimulah yang akan memperbudak mereka.
KAMU SEDANG MEMBACA
DUNIA YANG MEMBOSANKAN
No Ficcióntentang segala sesuatu kenapa dunia ini membosankan.