Pink Blanket

4K 514 83
                                    

UGD

Dika udah gak peduli lagi gimana ekspresinya sekarang. Yang dia tau, sekarang Jeje udah gak sadarkan diri. Yang bisa Dika lakuin cuma megang tangan Jeje sampe depan pintu UGD dan berusaha buat berdoa biar Jeje dan anaknya baik- baik aja. Acan sama Elang lagi di luar buat ngehubungin anak- anak asrama yang lain. Gak lama kemudian juga, Wisnu nyampe bawa rombongan badut ancol yang tadi bantuin misi Dika buat nyulik Jeje. Tapi mereka gak mau bikin UGD tambah rusuh, jadi mereka lebih milih di luar aja. 

Di pojokan lorong rumah sakit, ada Mama Papa Jeje yang udah keliatan panik banget. Mereka nggak ngomong apa- apa kecuali nyesel karena udah ngebatesin gerak dan nggak bisa ngertiin kebahagiaan Jeje. Sekarang akibatnya Jeje yang banyak pikiran akhirnya pendarahan. Sementara itu, di sudut yang lain, ada Dika yang duduk di lantai, tepat di pinggir depan pintu UGD dengan tampang harap- harap cemas.

"Siapa yang tanggung jawab kalo misalnya Jeje ada apa- apa? Kita nggak pantes jadi orang tua yang baik buat dia, Pa."

Mama Jeje ngebuka percakapan dengan nada sedih. Nggak ada niatan sama sekali buat nyindir Dika. Ini kekhawatirannya yang paling dalam. Dika nggak peduli soal itu, yang ia pikirin cuma Jeje dan anaknya yang kritis di dalem. 

Dika bangkit. Dia jalan dengan gentle ke arah kedua mertuanya. Terus dia berlutut.

Dika : Pa, Ma maafin Dika, tapi mulai sekarang, ijinin Dika tanggung jawab sepenuhnya sama Jeje. Dika janji nggak akan pernah ngejauhin Jeje dari Mama sama Papa. Dika cuma pengen hidup bahagia sama Jeje. Dika cuma pengen jadi ayah yang baik buat anak kami dan pengen jadi suami yang bertanggung jawab buat Jeje. Dika janji nggak akan ngebiarin Jeje hidup susah, tapi nggak sekarang, Ma, Pa. Dika minta Mama Papa bersabar. Dika ngaku salah, sekarang semua keputusan ada di tangan Mama sama Papa. 

Suasana jadi hening. Yang ada cuma isakannya Dika yang akhirnya tumpah. Dia cuma pengen ngebuktiin kalo dia juga bisa bahagiain Jeje walau dia tau bakalan sulit. Air mata yang dia tahan selama ini tumpah juga akhirnya. Dia nggak bisa berpura- pura tegar dan nguatin Jeje. Ada kalanya, Dika perlu dikuatin juga kan?

Papa Jeje : Nak, coba liat Papa sama Mama. 

Suara Papa Jeje melembut dan bikin Dika bangkit dari tunduknya yang penuh air mata. 

Papa Jeje : Dika, seharusnya yang minta maaf itu Mama sama Papa. Minta maaf ke kamu sama Jeje. Karena kami, kalian jadi menderita gini. Sekarang Papa udah ngerti, cuma kamu orang yang bisa Papa percaya buat jagain Jeje. Gimanapun juga, Jeje juga punya rahim, dia pasti punya sebagian besar apa yang dipunyai cewek. Kamu udah ngebuktiin kalau kamu bener- bener sayang sama Jeje. Papa rasa, Jeje pun udah menerima kodratnya dan siap hidup sebagai istri kamu, ibu anak- anak kamu. 

Mereka bertiga akhirnya berpelukan dan coba buat saling memaafkan. Ya, walau ini kesalahan fatal banget. Mereka juga masih harus berdoa buat keselamatan Jeje dan bayinya. 

"Keluarga saudara Jeremiah Krisna,"

Pelukan mereka dibuyarin sama suara dokter yang keluar dari ruang UGD. Mereka bertiga akhirnya ke hadapan dokter itu. 

Dokter : Saudara Jeremiah mengalami pendarahan yang cukup parah karena mungkin banyak pikiran dan kecapekan. Pendarahan ini resikonya besar. Jadi, alangkah baiknya kita memutuskan untuk melakukan operasi caesar.

Dika : Jadi bayi saya prematur, Dok?

Dokter : Ya, tapi beruntung bayinya sehat dan kemungkinan bisa dilahirkan dengan selamat karena umurnya sudah 31 minggu. Tapi kalau tidak, nyawa keduanya bisa terancam.

Mama Jeje : Lakukan apapun yang terbaik, Dok. Untuk anak dan cucu saya.

***

Setelah dapet kabar kalo Jeje bakal ngelahirin bayinya hari ini lewat operasi caesar, semua squad langsung ngumpul di depan ruang operasi, sama Mama Papa Jeje juga yang akhirnya maafin kekhilafan anak- anak muda zaman now itu. Udah tiga jam mereka nungguin sampe udah pada tidur, kecuali Dika yang mondar- mandir karena emang gak boleh masuk ke ruang operasi. 

Seventeen : Everyday With You (EID Season 2)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang