Syzygy

53 8 0
                                    

(n.) a conjunction or opposition, especially of the moon with the sun; any two related things, either alike or opposite.

Menangislah ketika kau ingin bahagia. Tetangga sebelah rumahmu lebih membutuhkan rumah yang besar ketimbang penerangan dan perabotan yang ada di dalamnya.

Mengharaplah hujan ketika kau ingin bermain di luar dengan tenang. Lahan-lahan kosong lebih membutuhkan pasak-pasak bangunan ketimbang pohon berakar panjang.

Mengharaplah benci ketika kau ingin merindu. Orang-orang lebih membutuhkan pakaian yang tidak lengkap kainnya ketimbang perasaan pemiliknya.

Api dan air sama saja dengan semua hal di atas. Api yang nyalanya ganas akan semakin ganas ketika kau siramkan air segelas dua gelas, sama saja dengan menyalakan api di bawah hujan. Percuma semua usahamu itu.

Hati juga bekerja dengan cara yang sama. Api adalah rindu yang membakar jiwa dan air adalah benci yang membelenggunya.

Jangan pernah membenci rindu, karena bencimu yang sedikit itu hanya semakin membuat rindu mengganas. Jangan pernah merindu benci, karena rindumu yang kecil itu kalah dengan derasnya benci.

Ada kebakaran hutan di satu bagian bumi, padahal aku di sini sedang meratapi taman depan rumahku yang terendam air. Rindu dan benci tak akan pernah datang di tempat yang sama. Karenanya, mereka bisa mengasah sesuatu yang biasa disebut cinta.

Syzygy.

Malang, 9 Januari 2018

DisA

Hanya SajaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang