Selepas adzan magrib berkumandang, akhirnya Kina mau pulang juga. Sebelumnya mereka shalat magrib di mushola terdekat. Kina nangis dalam solatnya, ini berat buat dia! Berat banget!
Pertama Mama sama Papa nya. Sekarang Ze. Tempat dia bergantung setelah Bang Zaki. Ze kekasihnya, separuh dunianya, separuh hatinya, separuh jiwanya.
Di setiap sujudnya. Dia ga berenti mohon ampun pada sang kuasa. Dia tahu Allah ga akan ngasih cobaan melebihi batas kemampuannya. Tapi sungguh dia ga sanggup harus kehilangan lagi!
Eza ngelakuin hal yang sama. Dia terus mendoakan sang sahabat meski dia sadar mereka menyebut nama Tuhan yang berbeda. Dia ga peduli! Dia cuman ingin sahabatnya tenang dialam sana.
Eza lebih realistis. Dia lebih dewasa! Dia ngerti kalo dia terus nangisin Ze, sahabatnya ga bakal tenang.
Semua bakal baik-baik aja! Kina bakal baik-baik aja Ze!_Lirihnya
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.Kurang lebih jam 9 malem mereka nyampe rumah Ze, sepi langsung menyambut kedatangan mereka.
Eyang duduk dengan sisa air mata di pipinya. Mami masih ditenangin Papi. Tante Adel nyambut Kina dengan kedok senyuman buat nutupin kesediahan. Dan Zaki juga disini!
Zaki memeluk tubuh ringkih Adek kesayangannya. Kina ga nangis lagi. Tapi Zaki tau, betapa terluka dia.
Lagi, kenapa harus Adeknya yang ngalamim hal menyakitkan ini. Gak cukup orangtua mereka, sekarang dia harus kehilangan lagi orang yang dia sayang. Zaki aja belum tentu sanggup ngalamin ini!
Mami Lena memeluk Kina dan Eza dengan sisa isak tangis yang terdengar.
Kina mendongak, berusaha nahan supaya air matanya ga jatuh lagi, dia ga mau Mami makin sedih denger dia ikut nangis.
"Mami udah ya! Jangan nangis lagi! Mami pasti cape. Mami istirahat, ini udah malem! Ze pasti sedih liat Mami sakit" Kina berusaha ngehibur meski suaranya sendiri bergetar.
"Ze anak Mami udah ga ada sayang, Mami,,,,Mami,,,,Mami sayang Ze!"
"Bukan cuman Mami yang kehilangan Ze. Aku juga kehilangan dia."
"Maafin Mami sayang! harusnya Mami ga kaya gini. Mami masih punya kamu. Kamu mantu kesayangan Mami. Harusnya Mami yang hibur kamu"
"Gapapa Mi"
"Ya udah kamu istirahat sekarang"
Eyang nganter Kina ke kamar Ze. Biasanya Ze yang keluar masuk kamar ini.
Mata Kina menelisik setiap sudut kamar. Jujur ini pertama kalinya dia masuk kamar Ze. Dulu selama dia nginep, dia slalu jaga privasi Ze.
Pandangan Kina langsung tertuju pada barisan foto yang tergantung rapi diatas kepala ranjang. Foto itu, foto mereka saat pertama kali ketemu. Semua foto dia pas pendakian gunung pangrango. Fotonya pas becanda di air panas, fotonya pas jailin Ka Ivan, dan masih banyak lagi.
Satu foto yang sangat menyita perhatiannya. Foto dimana dia ketiduran dan Ze ngerangkul dia dengan senyum manis.
Kapan Ze ngambil foto ini?
Kina makin ga bisa nahan buat ga nangis.
Aroma tubuh Ze masih jelas disini, Diranjang yang sekaran dia dudukin! Dia rindu aroma tubuh Ze, dia pengen meluk dan menghirup aroma tubuh Ze sepuasnya. Tapi bukan dengan cara kaya gini. Bukan dengan cara meluk baju-baju Ze! Dia pengen Ze yang asli!
Suara tangis Kina ga bisa ditahan lagi. Bayangan Ze berbaring diranjang ini, bayangan Ze menata rambut hitamnya di depan cermin itu, bayangan Ze yang milih kemeja flanel favoritnya. Ini bener-bener bikin hatinya makin meringis sakit.
Zaki yang lewat kamar Ze ga sengaja denger suara isak tangis. Lagi-lagi dia harus liat keadaan yang bikin dia sakit! Adek semata wayangnya meringkuk di ranjang dengan baju Ze di pelukannya.
Kina nangis sesegukan. Dia berlaga tegar dihadapan semua orang, tapi malah nangis sendirian tanpa orang lain tau.
Zaki tau Adeknya ga sekuat itu. Dia merengkuh tubuh kurus Kina.
"Bang kenapa harus gue?"
"Lagi! gue harus kehilangan orang yang gue sayang. Ze udah pergi. Dia ga bakal balik lagi Bang. Kenapa Tuhan benci banget sama gue? Gue salah apa? Dia ambil semuanya dari gue, apa nanti dia bakal misahin gue sama Lo juga?"
"Lo ngomong apaan? Lo jangan ngawur. Ga bakal ada yang misahin kita!"
"Ze bilang, Kita bakal lakuin semua hal bareng, Kita sekampus Bang. Dia bilang dia bakal nempelin gue kaya lintah. Dia bilang ga bakal biarin satu Cowok pun deketin gue. Ha ha ha dia lucu yah? Temen gue kan banyakan Cowok daripada Cewek.
Kita punya rencana mau daki berdua aja. Bukan kaya kemaren, dia nguntit gue dari belakang. Tapi semua pupus hari ini juga! Ze ga bisa wujudin semua itu lagi. Dia udah ga ada lagi!"
.
.
.
.
.
.
.
.
.
."Na. Gue dapet ini tadi pagi dari RS" Eza ngasih kotak bening sama Kina.
"Itu hadiah yang pengen Ze kasih buat Lo. Tapi sebelum dia nyampe, dia kecelakaan!"
Kina buka kotak itu. Ada kalung indah berbandul matahari.
"Pihak Rs bilang kotak ini terus Ze pegang sampe dia pergi" Kina cengeng lagi.
"Sayang!" kali ini Eyang yang ngomong.
"Ze pernah bilang sama Eyang. Kalo dia pengen kamu milikin ini"
Eyang ngasih kotak yang langsung dia buka. Ini kamera sama laptop yang biasa Ze pake.
Dia menatap lekat kalung pemberian Ze. Seengganya dia masih bisa bertahan sama semua kenangan yang dia punya.
"Dulu kamu menantu kesayangan Mami"
"Tapi sekarang kamu udah jadi anak kesayangan Mami. Putri Mami satu-satunya!"
"Kamu tau sayang? Ze marah banget waktu kamu nolak tinggal disini kalo kuliah nanti. Kamu tau kenapa dia gitu?" Kina menggeleng.
"Dia terlalu sayang sama kamu. Dia menyayangimu lebih dari apa yang kamu pikirkan.
Dia bahkan udah nyiapin semua kebutuhan kalian kalo nikah nanti. Tanpa kamu tau, dia udah nyiapin masa depan buat kalian.
Dan sekarang, Mami pengen kamu menuhin impian Ze meski dia udah ga sama kita lagi. Mami pengen kamu tinggal di rumah Ze"
Apa dia sanggup tinggal disana? Apa dia bakal tetep baik-baik aja sama semua bayangan Ze?
Semua orang hanyut sama pikiran mereka masing-masing. Semua bayangan Ze masih fresh dalam ingatan mereka.
"Mi boleh ga aku simpen beberapa barang Ze?"
Kina natap Mami penuh harap dan Mami cuman ngangguk sebagai jawaban.
Rencananya semua keluarga Ze bakal pindah ketempat asal mereka di Bali. Mereka ga sanggup buat tetep baik-baik aja dengan semua bayangan Ze dirumah ini.
TBC
KAMU SEDANG MEMBACA
Gadis Senja(TAMAT)
Novela Juvenil"Dari Senja Aku belajar apa itu Ikhlas" Dibawah lukisan yang Tuhan ciptakan. Semburan jingga yang memabukan pun memilukan. Gadis itu bersimpuh, terdiam tanpa sepatah kata pun. Pikirannya melayang pada tiap memori yang ia lewati bersama pria sete...