The season of love is the carnival of egoism and it brings a touchstone to our natures.
– George Meredith –
Minggu pagi, sembilan lewat tiga puluh menit. Maisa memperhatikan ponsel yang tergeletak di meja samping tempat tidurnya. Ia baru saja membuka mata usai mendengar riuh kicauan burung di luar sana. Perlahan Maisa bangkit dan mengambil ponselnya. Tanpa pikir panjang ia langsung menelepon Juna.
Belum diangkat. Tandanya Juna belum mulai pesiar.
Gadis itu berjalan menuju ke dapur. Di sana sudah ada Mama yang sedang sibuk menyiapkan adonan bakwan jagung. Meskipun baru bangun, gadis itu langsung membantu memipil jagung manis yang telah dicuci bersih.
"Kamu nggak mandi, dek?"
"Nanti sore aja sekalian. Hemat air."
"Dasar, anak wedok kok males mandi."
"Hari libur, Ma. Hehehe."
Dengan terampil Maisa melepaskan biji-biji jagung dari tongkolnya. Selesai dengan jagung, ia beralih pada daun bawang dan wortel. Keterampilan tangannya memainkan pedang wushu ia praktekkan pada pisau yang ia gunakan untuk memotong daun bawang. Sudah seperti chef handal saja. Gadis itu kemudian mengambil mangkok besar dan tepung bakwan di lemari dapur. Kemudian ia mencampurkan semua bahan tadi dengan air.
Dumb dumb dumb dumb dumb dumb...
Dumb dumb dumb dumb dumb dumb...
"Halo. Sudah pesiar?" Maisa mengapit ponselnya di antara bahu dan telinga kanan. Tangan kanannya sibuk mengaduk-aduk adonan bakwan.
"Udah dong. Hari ini pesiar perdana setelah naik pangkat jadi Kopral. Sevronnya roketnya sekarang udah ada tutupnya, hehehe."
"Wah, selamat ya. Peringkat berapa, tarunaku?"
"Ya, sama lah peringkatnya kaya wisjurit kemarin," pamer Juna. "Oh iya Mai, kamu udah buka website au.rekrutmentni.net belum? Udah buka tuh pendaftaran."
Hah, udah buka? Seriusan?
Buru-buru Maisa meninggalkan dapur dan segera menuju ke kamar. Setelah laptopnya menyala dan sudah tersambung wifi rumah, ia membuka website tersebut. Benar saja. Sudah ada pengumuman penerimaan taruna dan taruni Akademi Angkatan Udara. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Maret sampai dengan 30 April. Dengan teliti Maisa membaca syarat pendaftaran. Setelah memastikan bisa memenuhi semua syarat pendaftaran, gadis itu beralih membaca jadwal dan lokasi pendaftaran.
... 3) Lanud Adi Sutjipto di Daerah Istimewa Yogyakarta, tempat pendaftaran taruna dan taruni meliputi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah ...
"Iya bener, udah buka. Udah dulu ya. Nanti aku telepon lagi," ujar Maisa terburu-buru.
Maisa langsung mengunduh blangko administrasi yang didalamnya berisi daftar riwayat hidup, surat pernyataan kesanggupan diri, surat persetujuan orang tua, surat pernyataan belum pernah menikah, surat pernyataan tidak kolusi, data pribadi, serta penyusunan bendel administrasi. Maisa sedikit terkejut melihat soal penyusunan bendel administrasi. Begitu banyak berkas yang harus ia kumpulkan.
Begitu membaca kelengkapan administrasi, Maisa segera mengambil berkas-berkasnya yang ia kumpulkan dalam satu map besar di dalam lemari pakaian. Ia mengecek satu per satu berkas yang ia punya. Untuk data sekolahnya sudah lengkap, tinggal fotokopi dan legalisir. Data dirinya juga sudah ada, tinggal fotokopi dan legalisir. Ia hanya tinggal membuat surat-surat lain yang diperlukan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Rindu Komandan
Novela Juvenil[UNPREDICTABLE UPDATE] "Seseorang yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah melepaskanmu. Bahkan jika ada ratusan kata untuk menyerah, dia punya satu alasan untuk bertahan." - Maisadipta Deepika Cadudasa "Terkadang dua orang harus berpisah unt...