33

4.4K 521 49
                                    

Mingyu

"Permisi."

Gue nengok. Bang Soonyoung juga, malah sampe nyikut perut. Gue berdecak sebel pas liat batang hidung cowok bule yang sekarang berdiri di depan pintu ruangan gue.

Perasaan tadi gue udah jelas-jelas ngehindar, deh. Kok ini orang malah kegatelan sampe nyamperin segala?

Jangan-jangan doi demen sama gue?

"Oh, silakan masuk." Rena mulai pamit. Dia keluar ruangan gue, "Duluan ya."

Hansol masuk ke ruangan gue, dimana di sini cuman ada gue dan Bang Soonyoung. Cowok blasteran itu ngelirik dikit ke Bang Soonyoung, bikin cowok sipit yang ngeluh ngantuk dan sumpek karna kerjaan ini pun ikutan keluar dari ruangan.

Padahal gue udah kedip-kedip biar Bang Soonyoung tetep di sini dan nggak ninggalin gue. Eh taunya mata gue udah nyaris picek gini aja Bang Soonyoung nggak peka.

Sialan.

"Kim Mingyu..?"

"Ya."

"Kita harus bicara."

Buset, agresif banget yaAllah takut Mingyu tuh!

"Mungkin ini udah terlambat, tapi gue nggak mau banyak basa-basi."

Denger dia ngomong informal gini bikin gue tertarik—nggak, nggak, tenang gue masih normal. Gue mencintai Wonu sepenuh hati dan gue lurus. Maksudnya tertarik itu ya dia berhasil narik atensi gue karna raut mukanya yang tiba-tiba jadi ekspresif, lebih serius. Dan dari suaranya, emang ada yang nggak beres.

"Sori kalo gue nggak sopan gini, tapi gue capek, Bang, dari tadi pura-pura kalem terus."

Gue jadi bingung, sebenernya ini bocah kenapa sih?

"Duduk," ucap gue akhirnya. Hansol ngambil kursi di seberang gue, dia natap gue dengan wajah... penuh sesal...?

Nggak tau ah, bingung.

Hansol ngeluarin hp-nya. Cukup usang karna kotor. Layarnya retak dan udah banyak beset-besetnya, jelek banget pokoknya. Jadul pula.

"Nggak ada bukti lain selain apa yang gue rekam di hp itu. Selama ini hidup gue nggak tenang, gue ngerasa berdosa."

Kening gue mengernyit. Hansol ngambil hp di atas meja dan mulai nyalain, sampai tulisan merk terpampang jelas di layar. Setelah itu, di hadapan gue, dia buka sebuah folder dengan tulisan "2004" yang malah bikin gue kepo.

Detik selanjutnya, apa yang gue liat malah ngebuat jantung gue berdetak cepat. Mata gue memanas, dan rasanya tangan gue yang udah terkepal ini pengen nonjok apapun sekarang juga.

"Ini bukti penganiayaan Paman Kim Minhee, lima belas tahun yang lalu," ucap Hansol. Sebenernya gue nggak terlalu ngedengerin, fokus gue masih ke layar. Pandangan gue masih tertuju ke video dimana Papi dipukulin habis-habisan.

"Waktu itu gue ikut Daddy ke lokasi proyek di Bengkulu. Kita ketemu di sana, kita berdua juga sempet tegur sapa, tapi sekilas banget. Mungkin lo nggak inget," lanjutnya lagi. Begitu video rekaman amatiran itu habis, gue menoleh ke Hansol.

"Kita kenalan sekilas, kita mainan pasir di lokasi proyek. Selagi main, kita berdua sama-sama liat kalo bokap lo diseret pergi sama orang-orang suruhan kantor. Lo tanpa mikir langsung lari ke bokap lo, sedangkan gue ngejar di belakang." Hansol naro hp jadul itu ke atas meja lagi. Kedua tangannya saling bergenggam, kayaknya sibuk mikir.

Gue sendiri udah nggak bisa mikir dan cuman bisa nebak kira-kira apa maksud bocah ini ngomongin masalah ini. Dia tau sesuatu..? Atau, dia—yaAllah, nggak boleh suuzon. Sabar, Mingyu.. sabar.

"Bokap lo, Paman Kim Minhee, dituduh ngegelapin uang proyek. Padahal Paman Kim sama sekali nggak bersalah. Semua ini fitnah dan gue tau siapa pelakunya."

Hansol ngeraih hp jelek itu lagi dan mulai cari folder lain. Setelahnya, dia nunjukin satu video usang yang nggak jelas banget, tapi suaranya masih bisa didengar.

Di video itu, ada seorang cewek yang lagi ngegandeng tangan anak cowok. Di sampingnya, ada cowok berstelan jas lengkap. Mereka ngomongin masalah rekening proyek dan penggelapan dana.

Nama Papi disebut-sebut juga diobrolan mereka.

"Lo pasti tau, bokap gue punya istri banyak," sela Hansol. Gue ngelirik dia yang ternyata udah bermuka masam, "Perempuan ini salah satunya."

"Setelah gue pikir-pikir, mungkin dia sakit hati karna bokap gue nggak ngakuin dan cuman nikahin siri. Bokap gue pun berusaha keras buat nutupin anak kecil itu."

Gue ngeliat lagi anak kecil di video itu. Oh, jadi ini anaknya Hui juga?

"Ya bisa dibilang dia saudara tiri gue."

Oke, gue ngerti sekarang. Gue mulai paham.

"Terus?"

"Gue ngerasa bersalah. Gue nggak tau lo udah pernah tau tentang hal ini atau belom, tapi Paman Kim Minhee itu dulunya sekretaris bokap gue. Dia yang bertugas buat ngejagain gue dan nyokap dari musuh-musuhnya. Dia bolak-balik Indonesia-Amerika demi gue. Dan gue sayang banget sama dia dibanding bokap gue sendiri."

"Pas gue tau Paman Kim dituduh macem-macem, gue nggak percaya. Tapi gue nggak bisa apa-apa karna gue masih kecil, masih nggak ngerti. Satu-satunya yang kepikiran di kepala gue cuman ngerekam semua kejadian di proyek waktu itu."

Hansol narik napas. Bisa gue denger suaranya bergetar dan matanya tulus pas ngomongin masalah barusan.

"Gue pengen... nebus kesalahan bokap gue. Nebus kesalahan perusahaan, karna jujur aja gue nggak bisa megang perusahaan kalo diliput perasaan bersalah kayak gini."

Gue bersedekap. Sejauh ini gue masih bisa ngontrol emosi, tapi kagak tau dah ntar kalo kelepasan dan khilaf gimana, "Tapi kenapa lo baru muncul sekarang? Setelah lima belas tahun? Lo tau kan itu bukan waktu yang cepet? Bokap gue meninggal setelahnya, keluarga gue hancur, sedangkan lo pergi gitu aja padahal lo satu-satunya saksi mata yang punya bukti. Dan setelah bertahun-tahun lewat, lo baru ngerasa bersalah? Cuman gara-gata lo bakal ngejabat di Hui Property, lo mau cari muka dengan ngelurusin semua masalah yang udah terjadi?"

Napas gue naik-turun. Entah, gue nggak mikir banyak pas ngomong serentetan kalimat barusan. Gue cuman nyampein apa yang ada di otak gue selagi Hansol ngakuin semuanya.

"Nggak, nggak gitu." Hansol menggeleng. Dia tersenyum kecut, "Malam itu juga gue berniat nyamperin rumah lo. Tapi semuanya gagal karna bokap gue tau dari orang suruhannya kalo gue ada di lokasi proyek waktu itu. Gue diinterogasi, tapi karna kelewat gugup, bokap gue akhirnya sadar sesuatu."

Hansol narik napas dalam-dalam. Dia natap gue dengan wajah nyesel, "Dia ngerebut hp gue. Dia ngebanting sampai layarnya rusak kayak gini. Dan besoknya, gue dikirim ke Amerika. Gue dipisahin sama nyokap gue yang juga tinggal di sana. Gue bener-bener diasingin, bahkan orang suruhan bokap gue ikut dan terus ngawasin gue."

Wah, gila! Si Hui sinting apa gimana sih anaknya sendiri digituin?! Nggak heran kalo dia sampe berani bikin orang lain mati cuman buat menuhin hasrat hatinya yang keras itu.

"Gue dididik keras, mental gue jadi sasarannya. Katanya, gue harus jadi orang yang kuat dan nggak lemah. Karna banyak musuh-musuh yang berkeliaran di luar sana."

Hansol mendongak. Dia berucap satu kalimat yang bikin jantung gue berdetak sangat cepat.

"Salah satunya sepupu tiri gue, dia yang paling deket buat ngehancurin keluarga gue dan gue tau kalo Juho nggak bakal main-main sama ucapannya."

Nikah [MEANIE] ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang