Epilog

6K 452 29
                                    

Wonwoo

Akhir-akhir ini Mas Mingyu pulang malem. Gue bisa liat guratan capek di keningnya, keliatan banget kalo dia bener-bener lelah. Setiap gue tanya, Mas Mingyu bilangnya nggak ada masalah apa-apa. Dia selalu senyum, peluk, cium kening, dan bersikap biasa lagi kayak nggak ada beban. Padahal gue pengen banget dia terbuka dan gue cerita banyak ke dia.

Setelah gue melahirkan, kita berdua sama-sama ngalamin kecemasan yang luar biasa. Mas Mingyu bahkan nggak tidur karna takut Soojin nangis, dia nggak mau bikin gue kecapean. Dan akibatnya Mas Mingyu selalu kesiangan subuhan, terlambat ke kantor, dan berakhir lembur atau paling nggak pulang lebih telat 2 jam sebagai sanksi karna telat paginya.

Dan sekarang Soojin udah mau 4 bulan, gue nggak bisa kayak gini terus. Gue pingin cerita banyak tentang keseharian dan sistem berkeluarga kecil yang baik. Karna jujur aja, setiap malam gue ngerasa terbebani sama dia yang nggak tidur demi gantiin gue nyusuin Soojin.

Gue tau niatnya Mas Mingyu baik, tapi gue juga sedih kalo liat dia kayak gini terus.

Sekaligus gue ngerasa bukan ibu yang baik buat anak gue.

Sesensitif itu perasaan gue setelah melahirkan, ya ampun.

"Mas, aku mau ngobrol boleh?"

Mas Mingyu naro bukunya. Dia natap gue bingung dan gue deketin dia sambil bawa dua cangkir teh. Mas Mingyu langsung naro buku di rak, kemudian loncat ke kasur yang bikin gue melotot.

Gila ni engkong gajah! Udah tau anaknya lagi tidur pules gitu dia malah geradakan di kasur kalo anak gue kejempet gimana?!

"Hehehe, lupa."

"Hati-hati ah! Kebiasaan!"

"Iya iya, sini duduk."

Satu cangkir teh hangat gue kasih ke dia, langsung diuyup karna masih agak hangat. Abis itu gue nyusul duduk di sampingnya.

Kasur yang tadinya king sekarang jadi berasa jomblo—single karna 2/3-nya dikhususin buat Soojin.

"Mas, sebenernya aku uda mau nanya ini dari lama tapi takut kamu marah. Aku bingung liat kamu capek dan murung terus kalo pulang kerja. Kenapa?"

Gue langsung ke inti. Taulah, kalo pake basa basi rempong ntar kelamaan kaga jadi ngomongnya. Mana jam jam segini—jam 8 malam—Soojin sering banget kebangun minta nyusu.

Gue bisa denger helaan napas Mas Mingyu, sebelum akhirnya cangkir ditangan gue direbut dia dan ditaro di nakas samping kasur. Mas Mingyu nyempetin nyium Soojin dan bacain dia doa karna itu anak ngulet-ngulet kayak nggak nyaman. Abis itu dia balik ngadep gue dan narik gue ke pelukannya.

"Mas bingung.."

"Ada apa?"

"Ini masalah ibunya Juho... komplotannya Hansol nemuin dia di Jepang dan dibikin skakmat. Aku belum lama ini ketemu sama beliau."

Gue kaget dong. Serius!

"Terus, Mas?"

"Ibunya Juho bilang... intinya kenapa dia bisa sakit hati sama Papi itu karna dia suka sama Papi. Jadi, dia sebagai cewek simpanannya Hui dan dilindungin dari istri sahnya Hui, Hui minta Papi buat jadi asistennya dia. Nah, kayaknya ibunya Juho baper, tapi sama Papi ditolak. Jadinya gitu deh."

Oh, gue mulai ngerti. Ini tentang perasaan yang bikin hati kita jadi gelap seketika karna sesuatu yang kita pengenin ternyata nggak bisa terkabul. Segala cara buat balas dendam pun dilakuin, meski nyatanya yang jadi korban sama sekali nggak bersalah.

"Terus kamu gimana? Kamu nanggepin apa ke dia?"

"Yaudah, aku pribadi memaafkan. Tapi hukum tetap berlanjut karna masalah dia bukan cuman sama keluargaku doang, tapi ke perusahaan. Dan info dari Hansol sih ibunya Juho dipenjara sekarang."

Gue mendesah lega. Semoga semuanya bisa jadi pelajaran dan keluarga gue nggak ada yang terlibat masalah berat kayak kemarin lagi.

"Yaudah, kita berdoa aja semoga Tuhan selalu ngejaga kita semua. Sekarang segala urusan udah dipermudah, kita harus lebih hati-hati buat ke depannya."

Gue bales meluk Mas Mingyu. Lagi haru-haru melukin dia, kasih semangat, eh laki gue sempet-sempetnya ngusel.

"Maaf ya, Mas udah lama mau cerita, tapi kamu kayak lagi moodswing banget. Kita baru punya anak, aku takut kalo cerita dan waktunya nggak ngepas misal kamu lagi capek dan harus dengerin cerita aku, kamu jadi stres. Aku nggak mau kamu sampe kepikiran."

"Malah jadi kepikiran tau. Aku stres karna liat Mas lebih banyak diem, kayak gendong beban sendirian. Aku sedih karna ngerasa nggak bisa jadi sandaran buat kamu, Mas."

"Nggak kok. Mas yang salah karna nggak cerita. Maaf ya, sekarang kamu jangan sedih lagi, ntar Mas ikutan sedih."

Gue sedikit longgarin pelukan karna denger Soojin mulai oek oek. Gue berdiri dan muterin ranjang, eh bener deh anak gue nangis kejer.

"Udah, sana Mas tidur. Akhir-akhir ini Mas tidurnya nggak nyenyak, sekarang gantian. Abis anaknya nyusu terus bobo, aku nyusul."

Gue liat Mas Mingyu mendesah kecewa. Tapi dia tetep ngangguk pelan sebelum akhirnya narik selimut sampe nutupin kepala.

"Hehehe, kalo mau main mah ntar maleman aja Mas."

Mas Mingyu langsung nyibak selimut. Kepalanya dan nyembul dan rambutnya yang berantakan bikin gue tambah gemes.

"Udah boleh, kok."

Dan sekarang matanya makin berbinar-biar saking bahagianya.

Proyek anak kedua? Kalo Tuhan kasih mah, ya kita terima.
InsyaAllah!











END

Nikah [MEANIE] ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang