15

6.5K 620 30
                                    

Mingyu

Gue masih diam di ruang tamu, sementara Wonu nemenin Mami yang syok karna gue tau masalah ini. Mami tadi nangis dan minta maaf ke kami berdua, tapi itu yang justru bikin gue makin sedih. Gue marah karna ngerasa nggak berguna, nggak peka, dan nggak sadar kalau Mami sakit sampe separah ini.

"Mas, diminum dulu tehnya.."

Wonu datang dengan membawa dua cangkir teh. Gue senyum tipis, ngangguk, dan mulai negakkin badan. Posisi duduk gue ternyata salah banget selama setengah jam terakhir. Pinggang gue pegel dan rasanya jadi encok.

"Mami masih di kamar?"

"Mami tidur, kayaknya kecapekan karna nangis. Udah aku selimutin, badannya agak anget."

Gue menghela napas panjang. Wonu nyodorin teh yang langsung gue terima. Gue tiup bentar dan minum, alhamdulillah, rasanya gue sedikit tenang.

"Mas, setelah kita tau kondisi Mami kayak gini, aku harap kamu nggak terlalu berlebihan apalagi sampai ngekang. Niatnya Mami nggak kasih tau ke kita dari awal itu karna nggak pengen nyusahin kamu yang juga udah berkeluarga. Tapi karna kita sebagai anak juga nggak boleh ngelepas tanggung jawab ke orang tua, aku minta ke kamu buat bersikap biasa aja ke Mami, ya? Kita cuman perlu lebih teliti dan kasih perhatian lebih, tanpa harus larang ini itu," Wonu ngomong sambil megang lengan kanan gue. Gue tatap matanya yang juga lagi merhatiin gue segitu dalemnya.

"Aku cuman takut kalau Mami bakal keberatan sama sikap kita nanti yang tanpa sadar jadi membatasi Mami. Aku nggak mau Mami stres dan malah berpengaruh buruk ke kesehatannya."

Gue terdiam. Setelah gue mikir susah payah dan bikin jadwal ke depannya buat ngurus Mami, semua rencana itu hancur lebur karna ucapan Wonu barusan. Gue tadinya sama sekali nggak kepikiran tentang stres atau tertekan yang mungkin bakal dialami Mami. Dan karna nasihat Wonu gue jadi harus mikir ulang.

"Iya juga."

"Aku tau kamu pasti khawatir dan mau yang terbaik buat Mami. Tapi itu semua kita serahin ke Mami sendiri, oke? Kita ikutin apa maunya, jangan batesin Mami kepengen apa, biarin aja asal tetep kita pantau. Ya?"

Ya Allah, setelah gue pusing tujuh keliling karna mikirin ini sendirian, gue baru sadar kalau gue emang butuh seseorang yang bisa nguatin gue kayak gini. Gue nggak bisa bayangin jadinya kayak apa kalau Wonu nggak semangatin gue dan berujar—kasih nasihat dengan suara lembutnya, tanpa bermaksud bikin gue tersinggung.

"Iya, Mas ngerti. Makasih banyak udah bantuin Mas. Kita jalanin ini sama-sama, ya? Mas nggak tau kalau nggak ada kamu Mas bakal gimana."

Gue nggak bisa berhenti berharap kata persetujuan keluar dari bibir tipis Wonu, yang artinya dia siap nerima semua cobaan ini meskipun harus ada di awal-awal pernikahan kami.

"InsyaAllah aku bakal selalu ada di sisi kamu, Mas. Jangan khawatir."










Wonwoo

Udah sore dan kami pamit pulang. Mas Mingyu mutusin buat pulang setelah sebelumnya emang dipaksa pulang sama Mami. Mungkin Mami masih mau tenangin diri dulu, jadi dengan berat hati anak semata wayangnya itu ninggalin Mami, cuman ditemenin sama Bibi Yum, asisten rumah tangga yang kali ini Mas Mingyu minta buat terus jagain beliau.

Sekitar mau maghrib sampai di rumah. Mas Mingyu langsung buru-buru ke masjid dan gue juga ganti baju buat solat. Selesai solat, gue keluarin bahan-bahan makanan seadanya di kulkas—o, oww, gue udah mulai keabisan persediaan lauk pauk!

Besok balik kerja mau nggak mau kudu belanja ini mah!

Malam ini gue cuman goreng ayam yang udah diungkep sebelumnya dan masak sayur sop tahu. Nasi udah mateng karna sebelum goreng-menggoreng gue udah ngurus nasi duluan. Sekarang tinggal tata piring dan nunggu Mas Mingyu balik dari masjid.

Udah jam 7 kurang, kayaknya dia bablas sampe isya, deh?

Sampai akhirnya adzan isya, gue pun bergegas ke kamar dan solat. Gue nggak lupa berdoa dan kaget pas denger suara pintu rumah dibuka. Buru-buru rapiin mukena, lipat sajadah, dan taro ke tempatnya—gue biasa naro peralatan solat di meja samping nakas.

"Dek?"

"Eh, Mas baru balik?"

"Tadi sekalian nunggu isya."

"Iya, nggak apa-apa. Sekarang makan yuk, aku udah masak."

Mas Mingyu nyamperin gue, langsung aja gue cium tangannya. Dia juga kecup kening gue dan gue bisa rasain dagunya di atas kepala gue.

"Mas nggak tau harus ngomong apa, tapi Mas nggak ngerti lagi gimana jadinya kalo kamu nggak ada."

Gue terdiam. Tanpa gue sadar kedua tangan Mas Mingyu udah melingkar di badan gue, meluk gue nggak terlalu erat. Gue balas meluk Mas Mingyu, tepuk-tepuk punggungnya seolah kasih semangat.

"Kita pasti bisa. Mas cuman harus optimis, jangan pikirin yang nggak-nggak. Kita harus percaya kalau setiap ujian pasti ada jalan keluarnya."

Setelah itu, Mas Mingyu cium bibir gue. Gue balas lumatannya yang sangat sangat sangat lembut, dan berakhir dengan dia yang kecup permukaan hidung gue.

Gue ketawa pelan, sedangkan Mas Mingyu senyum.

"Yuk ah makan. Aku laper."

"Ya siapa suruh pake cium-cium?"

"Hehehe, abisnya kamu manis banget."

Mas Mingyu jalan lebih dulu dibanding gue yang mau benerin ikat rambut. Rambut gue yang udah digulung rapi sebelumnya jadi berantakan gara-gara remesan dia.

"Kamu duluan gih, aku kuncir rambut dulu."

Gue bisa liat Mas Mingyu jalan ke luar kamar. Gue pun beranjak menuju meja rias, ambil sisir, dan mengernyit liat pop-up chat di layar hp Mas Mingyu.

Bang Soonyoung: Gue ketemu Rena di toko kue depan kantor
Bang Soonyoung: Dia bilang besok hari pertama dia kerja di Real Rich
Bang Soonyoung: Satu divisi sama kita, gantiin Jaehyun
Bang Soonyoung: Gue gaenak, Rena nanyain lo dan...

Karna kepo, gue jadi baca semua pop-up chatnya. Tapi kepotong dan gue nggak bisa tau lebih lanjut.

Dan sekarang gue jadi tambah penasaran.
Rena—dia tuh siapa?

Nikah [MEANIE] ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang