"Jar, ikut?" tanya Rian partner lapangan gue.
Yang dimaksud ikut adalah ikut pulang ke rumahnya yang emang ada di Jakarta.
"Ikut lah! hayuk! berangkaat!!!" jawab gue dengan antusias.
Gimana gue gak antusias coba? tiap gue ke rumah Rian alias jombang pasti Ibunya masak yang enak enak.
"Ajak yang lain aja jar biar rame." kata Jombang.
"Woi siapa mau ikut ke rumah Jombang? Les goo"
Anak anak yang baru pada selesai latihan langsung berebutan mau ikut. Rumah Jombang emang terbaik dengan masakan ibunya!
Sampe dirumah Jombang kita semua langsung masuk gak lupa ngucapin salam. Kita juga di sambut baik sama Ibunya. Malah sangat baik.
Salah satu alasan gue suka ke rumah Rian juga karena gue bisa dapetin yang namanya kehangatan keluarga yang jaramg gue dapetin karena gue merantau.
Kayak sekarang ini. Ibunya Rian perhatian banget sama gue. Sama anak anak yang lain juga sih.
"Ayo ayo pada makan. Jar ibu masak kangkung tuh kesukaan kamu." kata Ibu Rian.
Langsung aja kita nyerbu makanan yang udah di masakin sama Ibunya Rian.
"Dohh kenyang." gue menyenderkan bahu gue setelah menyelesaikan makan gue.
Yang lain juga sama pada kekenyangan.
"Jangan lupa ini semua jadi 1 juta ya." sahut Chico.
"Ye apaan si lu. Orang ini rumah jombang." sahut Ginting.
Lantas semua orang jadi ngebully Chico termasuk gue.
Puas ngebully Chico, gue kemudian membawa piring kotor gue untuk gue cuci di wastafel.
"Jar sekalian jar!" sahut sang empunya rumah.
Gue sih terima terima aja piring kotor punya tuan rumah. Pan dia juga yang udah ngasih makan.
Tapi masalahnya yang lain jadi nyamber minta bawain piringnya.
"Gue juga jar!"
"Nih gue juga."
Jojo, Ginting, Chico pun ikut ikut. Untung gua baik jadi yaudah gue bawain aja.
Tiba tiba langkah gue kehenti ngeliat adiknya jombang yang lagi nyuci piring juga. Dia masih pake daster selutut.
"Astagfirullah!" kaget dia setelah liat gue ada gak jauh di belakangnya.
"Kaget ih A!" gue masih diem ngeliatin dia dengan senyum tipis gue.
Buat informasi aja nih. Sebenernya jombang punya adik dan cantik banget. Jujur aja gue. Keluarganya jombang emang pada bening bening dah.
Gue kemudian maju buat nyuci piring piring.
"Eh sini aku aja A." kata dia.
"Jangan gue aja. Udah di kasih makan masa di cuciin juga piringnya."
"Eh yaudah kalo gitu mah bareng aja lah A." kata dia memberi solusi.
"Kapan sampe sininya A? kok gak kedengeran." kata dia sambil membasuh piring kotor yang ada.
Gue lantas ketawa kecil. Masa iya kita daritadi udah makan sambil ketawa ketiwi dan rusuh dia gak kedengeran?
"Masa gak kedengeran sih? Udah ada kali 2 jam-an kita ketawa ketiwi sambil makan." jawab gue.
"Ya namanya juga baru bangun A. Hehe."
Iya sih diliat dari pakaiannya dia emang keliatan baru bangun. Padahal ini udah jam 3.
"Ih sore amat bangunnya. Jorok belom mandi dari pagi." kata gue.
"Namanya juga lagi libur. Apalagi hari ini aku libur sholat juga jadi bablas deh."
"Hih dasar jorok."
Gue ini cukup akrab sama adik jombang. Bahkan kita beberapa kali hangout bertigaan.
Gue gak buta dan tau kalo adik jombang ini tertarik sama gue. Makanya gue suka godain dia kayak sekarang ini.
"Kapan putus sama pacar dek? Katanya mau sama Aa?" goda gue.
"Apasih A!" ucap dia malu malu.
Gue cuma ketawa ketawa aja terus nyuci tangan gue yang udah selesai nyuci piring.
"Dah ah mau ke yang lain dulu." kata gue pamitan.
Dan kembali ke anak anak yang sekarang lagi pada main poker.
Hari udah menjelang malem. Anak anak yang lain memilih buat balik ke asrama. Sedangkan gue milih buat nginep di rumah Jombang dengan Jombangnya yang pasti.
"Naik Jar." ajak Jombang setelah selesai nganter anak anak ke depan gerbang.
Gue dan dia pun naik untuk menuju ke kamar nya Jombang.
Di kamarnya kita cuma tiduran dan sibuk main hp. Gue tiba tiba kepikiran sesuatu.
"Jom kalo gue kawinin adek lu gimana?"
"Hush sembarangan lu kawin kawin! nikah dulu." jawab Jombang dengan sedikit geplakan di badan gue.
"Ya maksudnya itu! Nikah sama adek lu!"
"Dia masih 17 tahun jar." kata Jombang.
"Ya emang kenapa? tahun depan dia lulus sekolah kan? bisa juga di rahasiain dari sekolahnya."
"Lu beneran mau nikahin adek gue sekarang jar?"
"Ya kalo lu mengizinkan."
"Lu lagi bercanda ya?"
"Paan si Jom. Lu kaga yakin sama gue emangnya?"
"Ya bukan gitu si ya jar. Tapi selama ini gue emang liat adek gua tertarik sama lo tapi gue liat lo gak sebaliknya gitu. Apalagi lo kan baru putus tuh sama siapa tuh namanha firya apa firly sih."
"Firly jom firly. Ya emang sih gue baru putus sama firly. Tapi lu tau gak jom. Tiap gue pacaran tuh gue tau mana yang pantes jadi istri gue atau enggak dan selama gue pacaran sama firly, dia tuh gak ada dalam bayang gue bakal jadi istri gue gitu. Ya sayang mah sayang gue sama firly tapi ya gitu gak terbayang kalo dia bakal jadi istri gue."
"Terus maksud lo, adek gue tuh ada dalam bayangan lo buat jadi istri lo gitu? Lo bayangin apanya nih. Jan kurang ajar lo." kata Rian yang sebenernya serius tapi dibecandain.
"Ish suudzon lo. Intinya lo izinin gak gue nikahin adek lo?"
"Gimana ya?"
"Lo gak mau di langkahin adek lo ya Jom?"
"Gak gitu sih. Gue mah gakpapa langkahin. Malah itu buat gue tenang. Karena dia jadi ada yang lebih jagain."
"Terus ? lo gak yakin sama gue jom?"
"Nah tu tau!" canda dia.
"Gak deng bercanda gue. Gue gak siap aja adik kecil gue di pinang orang. Masih belom rela. Tapi kalo emang dia mau gue gak bisa larang Jar."
"Asik restu abang dan gue dapatkan!!" teriak gue bangga.
●●●