Sepoi angin berhembus terasa begitu sejuknya angin sore. Cuaca amat bersahabat. Seorang gadis termenung di teras rumahnya sambil menatap kosong ke depan arahnya. Sesekali ia menghela nafas. Nafas yang sedikit memberi ketenangan akan kegundahannya.
Bremmm... bremmmmm!
Deru motor yang tak asing di dengar berhenti di depan pagar rumahnya. Seorang wanita yang di tunggu kedatangannya turun dari motor sambil melangkah perlahan ke dalam pekarangan rumah. Temannya yang membawa motor dengan sigap memakirkan motornya di halaman rumah.
" Cabe!" Seru Yummy seraya beranjak dari duduknya. Gadis itu kaget. Dengan cepat ia menghampirinya.
" Gue cuma mau ketemu Ibu bukan yang lain," ujar Cindy ketus. Tatapannya dingin tak menoleh sedikitpun kepada lawan bicaranya. Gadis itu langsung menyelonong masuk dan berjalan ke arah kamar ibu Nur.
" Yum lo harus nurunin ego lo sebentar. Cindy bilang dia mau kesini asal lo ga ganggu dia. Itu permintaan dia waktu gue minta dia datang kesini," ujar Banu menenangkan Yummy sambil mengajaknya duduk.
" Tapi Nu. Dia bakal pergi lagi? hari ini mungkin ibu bakal semangat liat dia tapi besok atau lusa kalo dia ga balik lagi tinggal disini kondisi ibu pasti bakal drop lagi," gerutu Yummy kesal.
" Tahan ... tahan semua perlu proses. Cindy butuh waktu Yum. Gue ngerti kondisi sekarang rumitnya kaya apa tapi kita juga ga bisa paksain Cindy secepet itu nerima semua yang udah kita sembunyiin. Lo kudu tahan. Gue yakin ga lama lagi dia pasti milih balik tinggal sama lo di banding sama Veya. Ga mungkin lah selamanya dia bakal disana. Dia pasti punya rasa ga enak," rayu Banu mencoba meyakinkan Yummy.
" Trus kalo akhirnya dia tetep mutusin buat ga tinggal disini gimana? lebih baik gue paksa dia sekarang kan dari pada besok belom tentu gue bisa nemuin si cabe lagi. Apalagi kalo dia masih nginep di rumah si nene sihir itu," ujar Yummy kekeh.
" Gue takut dia nekat pindah ke Bandung ikut tantenya. Ibu pasti tambah sedih dan kecewa banget sama gue," gumam Yummy wajahnya lesu.
" Ga akan. Lagi pula senin udah mulai ulangan ga mungkin dia nekat ke Bandung," ungkap Banu lagi.
Tak lama selagi Yummy dan Banu berbincang keluar Cindy dari dalam rumah. Dengan wajah ketus ia pun berbicara,
" Terakhir ya gue kesini. Gue udah kasih pengertian buat nyokap lo. Jangan ganggu gue lagi. Kita bukan saudara lo harus inget. Jadi gue ga punya tanggung jawab apapun soal nyokap lo. Makasih udah nampung gue. Gue bakal jelasin semua sama tante Ana. Gue bakal bilang kalo gue yang pilih keluar dari rumah ini jadi lo jangan khawatir."
" Bisa ya be lo ngomong kaya gitu! Nyokap gue ga akan nerima gitu aja. Buat dia lo udah kaya anak kandung. Walaupun lo ga pernah anggap dia selayaknya ibu kandung!"
" lo lupa Ibu Nur memang bukan nyokap kandung gue!"
Plakkkkkkkk! Yummy menampar Cindy.
" Lo! Nyesel gue kesini!"
" Gue yang nyesel lo kesini. Lo di racunin apa sama si Veya selagi tinggal disana? Ucapan lo macam ga disekolahin!"
" Anjritt! Cukup ya bacot lo. pengkhianat. Gue benci di bohongin. Lo, Dafa kalian sama aja!!!!!"
"hiks.... hiks... hiks..." tangis Yummy pun pecah. Iya menutup wajahnya dengan telapak tangan kiri nya sambil menempelkannya ke tembok. Tangan kanan nya menepuk-nepuk tembok.
" Udah Yum... lo lagi emosi," ujar Banu memeluk Yummy yang masih menangis.
" Kesel Nu. Kesel! kenapa gue sampe nampar dia? kenapa!?" teriak Yummy.
" Jangan nangis kenceng-kenceng Yum. Lo mau nyokap lo tau kejadian tadi. Dia bakal tambah kecewa sama lo," pinta Banu berbisik.
prenggg.... prengg....! suara piring jatuh. Pusatnya dari kamar Ibu Nur. Yummy dan Banu langsung bergegas. Yummy berlari sambil mengusap air matanya.
" Ibu!!" teriak Yummy di depan pintu kamar sang ibu. ibu Nur tergeletak di lantai. Rupanya ia jatuh dari tempat tidirnya. Banu dan Yummy membantunya berdiri lalu merebahnya kembali di atas kasur.
" Tolong... Tolong ibu mau ketemu sama Ana," pinta ibu Nur lirih sambil memelas dengan wajah pucatnya.
" Buat apa bu. Udah bu ga usah lagi berurusan sama mereka Cindy juga udah ga mau tinggal disini," jawab Yummy sewot.
" Yum jangan keras kaya gitu sama nyokap lo. Kasian. Iyahin dulu aja," ujar Banu.
" Jangan Nak jangan begitu dia saudara kamu. Ibu ga ridho kalian jadi berantem. Sakit hati ibu liatnya. Panggil Ana kesini. Telpon. suruh dia temuin Ibu," Ucap Ibu Nur semakin memaksa.
" Iya bu nanti Banu sama Yummy bakal bawa tante Ana kesini. Ibu istirahat jangan banyak pikiran," ujar Banu sambil mengusap lengan Ibu Nur. Tatapan nya sangat Iba. Teman lelaki Yummy itu pun memberikan kode pada Yummy untuk meninggalkan kamar. Yummy menyanggupinya. Keduanya pun keluar kamar dan membiarkan ibu Nur beristirahat.
" Nu ngapain sih lo ngomong kaya gitu sama ibu. Lo tau kan Tante Ana ga mungkin datang ke bogor dia sibuk di Bandung."
" Gue tau lo khawatir kan kalo tante nya Cindy sampe tau dia keluar dari sini. Ada gue lo tenang aja. Lagi pula kita juga ga tau apa yang mau di obrolin nyokap lo sama tantenya Cindy."
" Ya apalagi kalo bukan minta maaf dan nangis-nangis. Gue ga rela nyokap sampe lakuin itu. Gue tau gue salah sampe si Cabe pilih keluar dari sini. Tapi bukan berarti nyokap jadi ikut-ikut an keseret dalam masalah ini apalagi sampe ganggu kesehatannya kaya sekarang Nu."
" Please, stay positif thinking Yum. Lo mau nyokap tenang kan jadi lo iyahin aja apa maunya."
" Sampe kapan Nu. Dia bakal terus-terusan nanyain kedatangan tante Ana. Lo tau sendiri nyokap keras kepalanya kaya apa."
" Ya sama kaya anaknya yang susah di bilangin. Malah kekeh sama pendapatnya dan bukannya nenangin tapi malah tambah bimin masalah."
" Ko lo ngomong gitu?"
" Percaya sama gue Yum. Lo cukup iyahin kita rayu tante Ana buat nemuin nyokap lo. Gue ngerti lo ga rela nyokap memelas sama tante Ana. Tapi itu permintaan nyokap lo. Redam emosi lo Yum."
" Okeh Nu gue redam emosi gue. Gue nanti coba hubungin tante Ana."
" Nah gitu dong. Ini biar nyokap lo tenang. Yang penting dia sehat dulu. Lo juga harus fokus belajar. Senen udah mulai ulangan."
" Iya Nu makasih udah ingetin gue. Makasih udah banyak bantu gue. Sampe lo kurus gitu."
" Emang gue udah kurus ya?"
" Cape ya lo bolak balik ngurusin masalah gue. Jadi lo ikutan keseret juga. Iya lo emang kurusan. Diet sih diet Nu tapi jangan ketat gitu. Liat tuh pipi lo kemong bapaunya udah ilang."
" Bisa aja lo. Udah ah gue balik ya. Salam ke nyokap. Udah sore takut hujan. By the way terakhir ya lo minta gue suruh si Cindy buat nemuin lo. Galak parah anaknya. Ihh ogah gue."
" Ih Banu yang ikhlas dong bantu gue."
" Iya iya nyonya Jangkung Bocah Layangan. Tapi lo kudu janji bakal tetep fokus belajar. Jangan terlalu mikirin masalah lo sama Cindy. Yakin aja pasti ada jalan keluarnya. Ya udah bye!"
" Ati-ati ya Nu. Makasih!"
" Iya jangan nangis lagi. Geli gue ngeliat lo cengeng biasa garang juga."
" Ye..."
Banu pun pulang dan meninggalkan rumah Yummy. Gadis itu pun segera masuk ke dalam rumahnya.
*********
KAMU SEDANG MEMBACA
Cabe Jablay [ Lengkap ] ✔
Teen FictionKisah persahabatan dua anak manusia Yummy dan Cindy yang begitu erat walaupun berasal dari latar belakang yang berbeda. Kisah yang mengajarkan kita tentang kepedulian, kesetiaan dan kesetaraan dalam kasta yang berbeda. Dalam cerita ini pembaca akan...