Sam Sib

1.9K 110 44
                                    

Setelah selesai makan malam, Dibyo memanggil Araya untuk mengobrol bersamanya di teras rumah. Sementara, Sandra sibuk bebenah bersama Sri. Dengan ditemani segelas kopi untuk keduanya lelaki itu. Suasana hening malam yang dingin sedikit terasa hangat. Seolah menjadi penawar rasa canggung.

"Gimana makanannya? Masakan si Emak Enak?" Tanya Dibyo.

"Enak banget Pak. Masakan Sandra sih kalah" Kata Araya lalu terkekeh.

"Itu lah yang bikin Bapak jatuh cinta sampai sekarang. Selalu betah dirumah. Meski ya begini. Sederhana" Kata Dibyo sambil tertawa renyah.

"Sederhana kalo penuh cinta. Akan terasa selalu bahagia Pak" Kata Araya. Dibyo mengangguk lalu menyesap kopinya.

"Betul. Bapak bersyukur. Selagi ada si Emak. Dia yang rawat Bapak. Dengan sabar. Meski Bapak udah nggak bisa cari nafkah kaya dulu. Sekarang ngandelin keponakan yang megang kios sembako kecil-kecilan punya Bapak di pasar" Tutur Dibyo.

"Hm ngomong-ngomong. Sebab nya Bapak bisa pakai kursi roda kenapa?" Tanya Araya.

"Dulu waktu Sandra baru-baru pergi. Bapak jadi tempramen. Sering marah-marah. Lakuin apa-apa selalu grasak-grusuk. Terus waktu itu. Malem-malem Bapak ribut sama si Emak yang selalu belain si Eneng. Bapak kesel pisan. Udah aja yah Bapak teh pergi naik motor. Ujan-ujanan kaya di pilem india. Eh jalanannya teh kan licin. Bapak udah terlanjur kenceng naik motornya. Di rem juga tetep aja. Jadi aja motor Bapak kepleset. Kecelakaan. Jatoh nabrak trotoar. Kakinya ketindih motor. Kebentur aspal juga. Pas diobatin. Katanya lumpuh total" Tutur Dibyo panjang lebar. Araya mengangguk paham.

"Waduh ngeri banget ya. Dulu saya juga pernah kecelakaan Pak. Ketabrak mobil. Kepala saya kebentur trotar juga" Kata Araya. Mengingat kejadiannya.

"Aihh ngeri pisan euy. Nggak geger otak kamu teh? Kaya di sinetron?" Kata Dibyo.

"Nggak sih Pak. Cuma sempet nggak sadar diri beberapa hari. Terus amnesia pendek. Setelah itu ya ingat semuanya"

"Lagian kok bisa kamu teh ketabrak begitu?"

"I..iya Pak lagi nyebrang jalan. Nggak liat-liat" Kata Araya berbohong. Tentu saja ia tidak akan menceritakan kejadian yang sebenarnya didepan calon mertuanya.

"Besok-besok ati-ati atuh. Oh ya ngomong-ngomong kamu teh kerja jadi CEO? Bener?" Tanya Dibyo.

"Iya Pak. Kebetulan"

"Itu sih bukan kebetulan. Emang udah rejekinya. Cari kerja sekarang susah. Jadi OB aja harus ada orang dalam. Apalagi CEO"

Araya terkekeh. "Kebetulan saya kenal yang punya perusahaan Pak" Kata Araya.

"Nah kan. Pasti pake orang dalem eta mah. Siapa emang na? Temen?" Tanya Dibyo.

"Ibu saya sendiri Pak" Sahut Araya santai. "Oh gitu...Eh gimana? Ibu kamu? Berarti kamu teh...anak pemilik perusahaan?" Kata Dibyo. Araya mengangguk.

"Eh si Eneng kan sekretaris kamu" Dibyo menjeda. Lalu mendekat ke Araya. "Si Eneng bukannya godain kamu kan? Kaya di sinetron. Sekretaris godain bos" Katanya lagi. Araya tertawa.

"Nggak kok Pak. Nggak begitu. Saya kenal Sandra memang sebelum saya dan mantan istri saya itu cerai. Kita memang udah dekat Pak. Ya karena kerjanya sering bareng. Kemana-mana bareng. Setelah saya cerai dari mantan saya, terus Sandra yang ngurusin saya juga. Dia suka masakin saya. Ya saya jadi....cinta Pak" Tutur Araya tak sepenuhnya benar.

"Bagus atuh lah. Soalnya Bapak mah nggak mau si Eneng jadi perebut suami orang". Araya mengangguk.

"Hhhh. Bapak tenang kalo emang begini nyatanya. Tadinya, Bapak pikir si Eneng teh masih sama itu lalaki gelo. Kata si Emak kalo emang masih terus si Eneng mau pulang tetep di terima. Biar gimana juga kan si Eneng masih anak Bapak sama Emak yah. Tapi syukur ternyata udah nggak dan malah dapet jodoh sebaik kamu" Kata Dibyo.

Araya 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang