Sembilan belas : Tiga Huruf

73 13 4
                                    

SAH
Aku dan kamu menjadi kita dalam satu ikatan yang halal.

****

Kau tau apa yang spesial dari sebuah Ijab Qabul yang dilakukan beberapa detik itu ? Ketika ucapan SAH dipertanyakan oleh penghulu dan dijawab oleh para saksi kemudian terdengar sahutan Alhamdulillah disertai do'a setelahnya, itu sungguh luar biasa. Secepat itu yang haram menjadi halal, yang berjarak antara bumi dan langit serasa seperti lautan dan pantai. Berpegangan tangan pun tak masalah lagi, bahkan memandangnya sangatlah bahagia.

Dan aku mau bilang dua hal, dia milikku.

Benar sekali, saat ini Afsheen sudah sah, sudah resmi menjadi istri seorang Rizal Bagas. Seorang wanita yang tengah anggun berjalan menuju ke arahku dengan menundukan pandangannya malu-malu ketika terdengar siulan dan godaan cie dari orang-orang.

Di hari bahagia ini Afsheen memakai kebaya berwarna putih dengan taburan payet menghias seluruh kebaya dan tidak lupa kerudung yang membungkus rambut panjangnya itu. Sungguh wanita yang sangat cantik, dan Bagas harus akui itu. Kini istrinya itu telah duduk disampingnya.

 Kini istrinya itu telah duduk disampingnya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Nak Bagas?" Tanya Penghulu. Bagas mengerjapkan matanya lalu menatap penghulu itu.

"Maaf pak, silakan lanjutkan." Bagas tersenyum malu ketahuan sedang melamun.

"Sekarang pasangkan cincinnya." Ucap penghulu. Bagas mengangguk dan mulai memasangkan cincin di jari manis wanita yang kini sudah sah menjadi istrinya itu, sebaliknya Afsheen pun sama.

 Bagas mengangguk dan mulai memasangkan cincin di jari manis wanita yang kini sudah sah menjadi istrinya itu, sebaliknya Afsheen pun sama

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Cium tangan suamimu." Ucap penghulu. Afsheen mengambil tangan Bagas lalu ia cium dengan cepat. Afsheen pernah membaca makna dari mencium tangan suami, cium tangan itu memberi makna rasa hormat pada suami. Istri menghormati dan menghargai suami sebagai kepala keluarga.

Dan ciuman di kening bermakna kasih sayang. Suara tepuk tangan terdengar dan itu menyadarkan Afsheen, ciuman kening? Afsheen membola. Tidak ada seorangpun yang pernah menciumnya, terkecuali ayah, ibu dan kakaknya.

"Ayo cium. Jangan malu-malu." Suara Rara terdengar begitu kencang, lalu diikuti oleh semua orang yang berteriak serupa. Cium cium cium. Bisa Bagas lihat Afsheen menegang ketika kecupan singkat Bagas berikan dikening istrinya itu. Ini hanya kecupan, belum lagi nanti malam bisa-bisa istrinya ini akan pingsan.

Afsheen ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang