FINAL : ROUND 2 [SONG-CHICKLIT]

215 32 60
                                    

Chicklit merupakan sebuah genre fiksi, berpusat pada kesengsaraan protagonist. Genre ini umumnya masalah wanita modern, seperti hubungan romantis hingga pertemenan antar wanita, terkadang membahas beberapa masalah lain seperti ruang lingkup kerja-- dengan cara yang lucu dan ringan [Wikipedia].

Perkembangan awal genre ini cenderung membahas masalah wanita lajang berkulit putih, heretosexual, Inggris dan Amerika pada usia dua puluhan hingga awal tiga puluhan. Kasus umumnya terjadi di daerah Metropolitan [Wikipedia].

Beberapa contoh genre ini adalah [Goodreads.com]:

1. Confessions of a Shopaholic by Sophie Kinsella

2. Can you keep a secret? by Sophie Kinsella

3. Twenties Girl by Sophie Kinsella

So ... baca dulu pengertian di atas. Genre ini sedikit keras dan diperlukan keterhatian dalam menyikapi makna. Jangan berpikiran tumpul dan bersumbu pendek. Karena setiap naskah ada hikmahnya.

Sekian dan terima kasih.

***

Kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang?(Renggang)

Tak perlu memikirkan tentang apa yang akan datang

Di esok hari

Tubuh yang berpatah hati

Bergantung pada gaji

Berlomba jadi asri

Mengais validasi

Dan aku pun terhadir

Seakan paling mahir

Menenangkan dirimu

Yang merasa terpinggirkan dunia

Tak pernah adil

Kita semua gagal

Angkat minumanmu

Bersedih bersama-sama

Sia-sia (Pada akhirnya)

Putus asa (Terekam pedih semua)

Masalahnya (Lebih dari yang)

Secukupnya

Rekam gambar dirimu yang terabadikan bertahun

Silam

Putra-putri sakit hati

Ayah-ibu sendiri

Komitmen lama mati

Hubungan yang menyepi

Wisata masa lalu

Kau hanya merindu

Mencari pelarian

Dari...

***

(1)

Rena dan Rani. Sepasang kembar yang sama-sama mempunyai ambisi besar untuk hidupnya. Mereka mulai hidup bersama tinggal berdua di sebuah kos-kosan saat pergi merantau kerja ke sebrang provinsi.

Dari pertama masuk kerja, Rena dan Rani sudah saling berlomba. Siapa yang pencapaiannya paling tinggi, siapa yang paling membanggakan orangtua, dan siapa yang paling bahagia.

Nyatanya, tidak ada satupun dari mereka yang bahagia.

Yang ada, mereka saling menguatkan satu sama lain, setelah menghadapi tekanan kerja yang sangat mengganggu batin dan pikiran.

Sekarang, Rena dan Rani hanya ingin berlomba dalam satu hal saja.

Siapa yang paling banyak membuat orang lain bahagia.

***

(2)

Hidup tak pernah adil bagi Cassandra. Jadi anak tengah, kurang diperhatikan. Kurang cantik, diabaikan. Berpendapat, tak didengarkan. Sekali salah, dikambing hitamkan.

Cassandra merasa usahanya sia-sia. Menuntut ilmu sampai sarjana, tapi gaji di bawah SMA. Jarang mendapat pujian, akrab dengan teguran. Selalu salah di mata atasan.

Usia Cassandra sudah 28, kehidupan semakin menekan. Rekan-rekan sebar undangan. Orang tua tidak sabaran.

Patah hati. Putus asa. Merasa terpinggirkan. Tempat kerja Cassandra tidak mendukung, hari-harinya terasa mendung. Rutinitas membosankan, tugas menumpuk menjadi beban.

Bersabar. Mengeluh secukupnya. Menangis secukupnya. Kecewa secukupnya. Cassandra tetap tersenyum menatap kehidupan.

Sampai akhirnya, malaikat tak bersayap itu datang.

***

(3)

Dipecat puluhan kali dari pekerjaan, dikhianati pacar, perceraian orangtua, serta korban KDRT dalam rumah tangganya sendiri pula. Tuntas, dikenyam sepat-manis oleh Lisya.

Pil tidur sahabat sejatinya. Minum ke bar pelipur nestapa duka bersama. Bersenang-senang seolah tak ada masalah hanya topeng menutup gundah gulana.

Mencoba bangkit, kembali jatuh. Seperempat abad hidupnya, tidak pernah menyecap puncak kesuksesan. Masalah selalu datang, bertumpuk, menggunung.

Menimpa Lisya. Tenggelam. Tersingkirkan oleh kemegahan seberang dunia. Di mana manusia rela menendang sesama menuju kepuasan.

Hingga, ketika hampir 'mati', seseorang datang menepuk pundaknya. Tidak pandai berkata. Naif berusaha menyadarkan jiwa pelarian.

"Kita semua pernah gagal, bersedihlah secukupnya."

***

(4)

Kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang?

Sebuah tanya besar yang terus mengetuk sanubari Aori. Ia kehilangan separuh jiwa sejak Kirito pergi meninggalkannya bersama jutaan tanya yang tak terselesaikan.

Tak pernah sekalipun Aori terlelap pulas tanpa menyisihkan sebuah garis sembarang pada sisi pergelangan tangan. Tiap kali ia merasa sepi, maka akan ada satu rona merah membekas.

Angkat minumanmu. Bersedih bersama-sama.

Satu, dua gelas vodka diteguknya malam ini. Bersama dengan tanya besar yang butuh jawab akan prahara sahabat dan keluarga. Bersama waktu yang terus mengiring sepi.

"Lanjutkan, Aori," sungging Kizuna di sudut kasur sembari tersenyum lepas.

***

Menurut kalian, blurb mana yang paling sesuai dengan tema final kita! Vote dengan cara komen di salah satu angka di bawah sini:

[1]

[2]

[3]

[4]

Open : 19 Juli 08:00
Close : 21 Juli 08:00

FLC BATTLE ROYAL : TOURNAMENT ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang