Part 10

2.8K 194 10
                                    

“Nin,” panggil Mama, “udah tidur, ya?” lanjutnya. Terdengar suara panggilan Mama. Kulirik jam di nakas sudah menunjukkan pukul delapan malam. Perasaan aku baru sebentar memejamkan mata, ternyata sudah lebih dari satu jam.

“Belum, Ma,” sahutku kemudian beranjak menbuka pintu.

“Kalau gitu ayo turun makan malam dulu,” ajaknya.

Aku membuntuti Mama turun. Saat sampai di meja makan terlihat potongan ayam kecap yang menggoda selera, ada juga capcay, sambel juga beberapa sayur yang lain.

Perutku tiba-tiba laper saat melihat semua itu. Apalagi masakan Bi Inah sudah pasti enak.

“Ayam kecap kesukaanku! “ seruku sambil mencomot sepotong ayam kecap.

“Makan pake nasi Anin biar itu badan ada dagingnya dikit,” tegur Mama saat melihatku belum juga mengambil nasi.

“Iya Kanjeng Ratu,” sahutku sambil memasukkan secentong nasi ke dalam piring.

“Gitu dong. Kamu tuh badan agak digemukin. Jangan kurus-kurus banget. Entar kalau ada angin terbang,” canda Mama disela kunyahannya.

Aku hanya memberengut sebal. Sebenarnya badanku gak terlalu kurus masih ideal, tapi entah mengapa Mama hobi banget meledekku. Ya, mau gimana lagi, walaupun sudah makan banyak pun tubuhku gak gemuk-gemuk.

“Kerjaan kamu gimana?” tanya Mama setelah menghabiskan makanannya.

“Alhamdulillah lancar-lancar aja, Ma. Kata Bi Inah akhir-akhir ini Mama sering pulang larut malem ya?”

“Ya gitulah, ada sedikit masalah sama proyek baru,” jawabnya tenang.

Aku menggukkan kepala mencoba mengerti posisi Mama. “Tapi ya jangan terlalu diforsir juga lah, Ma. Harus jaga kesehatan juga. Percuma juga kalau proyeknya berhasil, tapi Mama malah sakit karena kecapean.”

“Makanya kalau gak pengen  Mama capek, kamu bantuin Mama ngurusin perusahaan,” candanya sambil mencubit hidungku pelan.

“Nanti, Ma. Sabar dulu dong.”

“Dari dulu juga nanti nanti terus. Nantinya itu kapan?”

“Tiga tahun lagi,” jawabku asal.

“Tiga tahun lagi mah kamu harusnya udah nikah. Syukur-syukur udah punya anak,” ujar Mama sambil tertawa renyah.

“Ya, makanya itu. Mama di rumah momong cucu, gantian Anin yang ngurusin perusahaan.”

“Emang kamu udah punya calon?”

“ Belum,” sahutku cepat. Dan Mama hanya menertawakanku.

“Ketawain aja terus. Anaknya di suruh pulang, pas nyampe rumah cuma diledekkin terus,” rungutku pura-pura kesal.

Mama menghentikan tawanya. “Lagian lucu. Lagaknya ngomongin cucu buat Mama, padahal calonnya gak ada,” ucapnya dengan sisa tawanya.

“Iya, Mama bener aku salah. Ma, besok mau ngajak jalan, gak?” tanyaku saat mengingat ajakan Mas Bagas sore tadi.

“Mama besok mau ada arisan. Kamu mau ikut?”

“Gak, males. Entar ditanyain, kapan nikah, udah punya pacar belum,” sahutku menirukan gaya bicara teman-teman Mama.

Lagipula ikut arisan Mama itu sama aja bunuh diri selain mereka suka kepo. Acara mereka lamanya gak karuan bisa berjam-jam, padahal cuma ngobrol-ngobrol aja. Kadang aku nyampe heran itu mulut mereka apa pada gak capek. Mama aja yang menurutku udah banyak omong kalau sedang bersama teman-temannya termasuk yang pendiam.

“Ya udah kalau gitu besok aku mau pergi ma temen.”

“Cowok pa cewek?” tanya Mama kepo.

“Cowok, ganteng. Kenapa Mama pengen dikenalin biar bisa nikah ma brondong gitu,” candaku.

“Ngaco. Kalau cowok berarti hilal Mama buat dapetin mantu mulai kelihatan. Emang kamu gak malu ma Dion. Dion aja udah punya pacar kamu ngejomlo terus,” ledek Mama dengan wajah puas.

“Ngapain pacar-pacaran Cuma nambah dosa. Aku mah entar langsung nikah gak pake pacaran,” sahutku membalas ucapan Mama.

Tapi, tumben Mama banding-bandingin masalah pacar sama Dion jangan-jangan Mama tau lagi kalau aku suka sama Dion. Ya, selama ini aku gak pernah cerita tentang perasaanku kepada Mama. Karena hubungan Mama dengan keluarga Dion sangat dekat. Aku gak ingin nanti dijodoh-jodohin seperti di novel yang biasa kubaca.

Malam ini aku bahagia bisa bercengkrama dengan Mama setelah dua minggu gak bertemu. Kami mengobrol dan bercanda hingga larut malam. Untung Mama gak banyak tanya tentang alasanku kenapa minggu kemaren gak pulang ke rumah. Karena aku takut Mama akan curiga. Sekarang hanya beliau yang kumiliki dan aku tak ingin membuatnya sedih.

18 Juli 2020

ANINDHITA STORY (TAMAT)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang