Setelah sampai di unit aku merebahkan tubuh di sofa. Hari ini aku bener-bener lagi diuji. Bayangin tadi pagi kesiangan sedangkan jarak rumah ke kantor cukup jauh, belum lagi kejebak macet. Alhasil aku telat, kemudian habis makan siang ada laporan yang bermasalah nyampe satu tim kena semprot big bos, dan membuat kita lembur hingga hampir jam sembilan malan. Gak hanya sampai di situ, pas pulang kerja harus terjebak macet hampir satu jam soalnya ada kecelakaan kontainer. Lengkap kan keapesanku hari ini.
Setelah kurasa capekku sudah reda. Aku membuka bungkusan nasi padang yang tadi sempat kubeli di dekat kantor. Persetanlah mau gendut juga, daripada nahan lapar.
Belum juga menyuap makanan, tapi suara bel pintu mengganggu aktifitasku. Dengan malas aku melangkah untuk membuka pintu.
Saat pintu terbuka yang pertama kali kulihat wajah kusut Dion. Sepertinya dia juga baru pulang lembur. Dion langsung nyelonong masuk saat pintu udah terbuka.“Kenapa lo kusut gitu?” tanyaku saat sudah duduk di dekatnya.
Dia memejamkan matanya, kelihatannya dia benar-benar capek.“Gapapa capek doang. Lo udah makan belum?” Nah kan sikap dia yang perhatian begini suka bikin aku susah move on. Walaupun dia capek, tapi masih peduli sama aku.
“Baru aja mau makan. Lo udah makan belum?” Aku balik bertanya. Sambil mulai memasukkan nasi ke dalam mulut.
“Belum sempet makan juga. Tapi, gue udah delivery kok mungkin bentar lagi dateng. Lo baru balik apa gimana?” tanyanya saat melihatku. Mungkin dia baru menyadari kalau aku masih mengenakan pakaian kerja.
Aku menganggukkan kepalaku pelan. “Nih makan buat ganjel perut, entar maag lu kambuh,” ucapku sambil menyodorkan sendok ke depan mulutnya. Diapun menerima suapanku.
Bukan hal yang aneh kalau aku menyuapinya. Karena diapun sering memperlakukanku seperti itu. Ya, memang kami sedekat itu. Terkadang aku berpikir perlakuan-perlakuan manisnya terlalu romantis untuk sekedar hubungan sahabat. Tapi aku sadar diri, dia gak mungkin memiliki perasaan lebih terhadapku. Kalau dia juga memiliki perasaan yang sama denganku gak mungkin ia berpacaran dengan Aira.
“Enak kali ya nin kalau udah nikah. Capek pulang kerja nyampe rumah disambut bini terus makan bareng disuapin pula,” ucapnya cengengesan.
“Ya udah tinggal nikah. Pacar ada, kerjaan punya, duit banyak. Tinggal dateng ke rumahnya, bawa seserahan. Kelar,” ucapku berusaha cuek. Walaupun sebenernya hatiku sakit mengucapkan itu.
“Tapi, guenya belum pengen nikah ama dia,” ucapnya santai.
Aku heran sama ini orang satu, tadi berandai-andai punya istri. Pas disuruh nikah gak mau, lagian ngapain mereka pacaran lama-lama kalau memang gak ada niat buat nikah. Aneh.“Lo masih inget Mas Bagas gak?” Aku mengalihkan pembicaraan. Daripada menuruti omongan Dion hanya akan membuatku semakin sakit hati.
“Bagas yang dulu deket sama lo itu kan?”
“Iya, dia sekantor sama gue tau gak. Kaget gue pas pertama ketemu dia,” curhatku sambil menyuapkan nasi ke mulut Dion.
“Terus lu gimana?” tanyanya setelah menelan nasi dimulutnya.
Aku mengerutkan kening. “Maksudnya?”“Ya perasaan lo gimana? Seneng kah? Berbunga-bunga, pengen CLBK lagi? Secara dulu kalian kan pernah deket,” tanyanya santai.
“Ya gak gimana-gimana dodol. Kan itu udah lama banget,” sahutku cepat. Asal kamu tau Dion aku cintanya sama kamu. Iya kamu, yang gak pernah peka akan perasaanku. Ingin rasanya aku berteriak seperti itu di kupingnya.
“Kirain mau CLBK,” ucapnya dengan ekpresi tengil. “Lagi dong nasinya gue masih laper,” pintanya saat aku sudah tidak menyuapinya lagi.
“Tinggal sesendok nih, gue juga masih laper. Udah nebeng mau ngalahin yang punya,” omelku kesal, tapi tetep aja tanganku menyuapkan sesendok nasi terakhir ke mulutnya. Memang kadang hati dan perbuatan itu gak sinkron.
Dion hanya terkekeh melihatku kesal. “Sabar, entar kalau makanannya dateng makan yang banyak gue tadi pesen banyak. Soalnya tau kalau yang mau gue ajak makan bareng perutnya karet, hehehe.
Aku menggeplak kepalanya kasar. “Seneng banget sih bilang gue perut karet, padahal lo yang tong sampah gue.”
“Iyain aja biar cepet. Udah sono lu mandi bau asem juga,” ledeknya sambil mendorong tubuhku.
“Dih, gak nyadar padahal sendirinya juga belum mandi,” ucapku sambil berlalu meninggalkannya.
Dia hanya tertawa sebentar kemudian kembali memejamkan matanya. Mungkin dia benar-benar sedang capek.
Saat aku keluar dari kamar, di depan Dion sudah ada beberapa makanan yang siap untuk disantap. Lihatlah ada pecel ayam serta nasi dan lalapannya, martabak telur kesukaanku dan juga martabak manis full keju. Aku menelan air liur melihat pemandangan di meja.
“Wuih… mantap nih,” ucapku sambil mencomot ayam goreng di piring Dion.
“Ambil sendiri tuh. Jangan gangguin gue,” sewotnya sambil menikmati pecel ayamnya.
Aku mengambil sepotong ayam goreng dan memindahkannya ke dalam piring. “Pelit lu. Padahal tadi aja gue baik. Gue makan lu gue suapin.”
“Bodo,” ucapnya cuek sementara tangannya sibuk mencocolkan ayam ke sambel.
Kemudian kamipun sibuk sendiri-sendiri hingga makanan yang di piring sudah tandas tak tersisa. Aku mulai gelisah saat melirik jam di di dinding udah hampir tengah malam. Mau nyuruh Dion pulang, tapi kasian. Kalau gak di suruh pulang, jujur aku masih takut kalau kejadian itu terulang kembali. Entah kenapa sekarang aku merasa sangat ketakutan kalau Dion nginep di sini.
“Udah malem lu gak balik?” tanyaku sesantai mungkin agar tak terlihat seperti mengusir. Ayo pulang, ayo bilang kalau mau pulang ucapku dalam hati.
“Gak. Gue capek nginep sini aja.” Dan jawabannya membuatku lemas seketika. Harapanku untuk tidur nyenyak malam ini, setelah kekacauan yang terjadi hari ini pupus sudah. Pasti nanti aku akan susah tidur.
“Oh, ya udah gue ke kamar. Mau tidur udah ngantuk,” pamitku kemudian meninggalkannya.
“Ambilin baju gue dulu baru tidur,” teriaknya sebelum aku masuk kamar.
Aku kembali keluar membawakan pakaian serta handuknya. Kemudian balik lagi ke kamar. Memang Dion meninggalkan beberapa potong pakaiannya di sini untuk berjaga-jaga biar gak repot kalau sewaktu-waktu menginap.
23 Juli 2020
KAMU SEDANG MEMBACA
ANINDHITA STORY (TAMAT)
ChickLit[Selesai] Gimana sih rasanya sahabat yang sudah menemani lebih dari setengah umurmu dan yang paling kamu percaya, ternyata tanpa sengaja menghancurkan hidupmu? Sedih? Pasti. Sakit? Jelas. Benci? Harusnya begitu, tapi kalau dia juga adalah laki-laki...