20. telat

398 102 7
                                    


gue misuh-misuh ngga jelas dengan nada panik ketika ngeliat gerbang sekolah gue udah di tutup dengan rapat sama pak satpam. ditambah upacara juga udah dimulai, sekarang lagi pengibaran bendera dan gue malah berdiri diluar gebang. mana sendirian pula. trus biasanya kalau lagi upacara gini satpam suka diem dikantin buat ngopi, gue jadi ngga bisa nyogok buat minta bukain pintu deh.

iya, gue telat berangkat.

jadi berhubung hari ini gue ngga berangkat bareng a hangyul lagi, alhasil gue jadi berangkat sendirian naik angkot. mana tadi sempet macet gitu di gang depan sekolahnya, ada kali gue dua puluh menitan diem didalem angkot. heran, pagi-pagi kok udah macet aja sih?!

dan sialnya gue lupa kalau hari ini hari senin dan ada upacara bendara. kalau tadi gue inget mah, udah bisa dipastikan gue ngga bakalan cuma berdiam diri di dalem angkot nunggu berhenti macet. gue pasti bakalan turun dan lari sekuat tenaga buat sampe tepat waktu ke sekolah. bodo amat deh keringetan dan bau asem, setidaknya itu lebih baik dari pada gue harus dihukum buat ngebersihin toilet cowok yang baunya kaya apaan tau. jorok banget buset.

gue menghela nafas, jadi merasa nyesel tiba-tiba.

"sori ya. tapi pemulung dilarang masuk ke area sekolah."

serentetan kalimat yang keluar dari mulut lain itu bikin gue noleh seiring dengan tangan yang dengan reflek merambat naik buat mengusap dada sendiri karena kaget. reflek kedua bola mata gue melebar pas sadar kalau yang barusan ngomong itu yoonbin. iya ha yoonbin, si muka triplek yang sayangnya ganteng itu.

"lah elo ngapain disini?"

"ya lo pikir??? udah tau gue telat. ngapain lo masih nanya? gak punya mata lo?!"

astagaaa... sabar rora sabar.

"yaudah biasa aja dong."

yoonbin ngga jawab apa-apa lagi, tapi kemudian cowok itu berbalik dan kayanya berniat melangkah menjauh sebelum gue dengan reflek nyeletuk bikin cowok itu berhenti ditempatnya selama seperkian detik. "eh, lo mau kemana?"

yoonbin noleh sekilas, "kepo lo."

"dih, lo mau kemana woi?! ngga jadi masuk?!"

"berisik."

"ya tapi lo mau kema—"

yoonbin berhenti jalan, cowok itu kemudian memutar badan sepenuhnya buat ngadep gue yang berdiri sekitar lima meter dari tempatnya berhenti. "gue mau masuk."

"lewat mana? kan gerb—"

"gak usah berisik deh lo. kalo mau ngikut ya ikutin, kalo ngga mau ya diem. jangan banyak tanya."

gue mendengus jengkel, yoonbin sendiri kini udah kembali jalan dengan kedua tangan yang dimasukin ke dalam kantung celana. santai banget pokoknya jalannya, mana kayanya itu cowok ngga bawa mobil. gue menoleh ke kanan dan kekiri, bingung harus ngikutin yoonbin atau ngga.

mana sekarang kepala sekolah gue udah kedengeran mulai ngomong—yang mana artinya upacara bakalan selesai dalam waktu dekat ini.

emang gak ada pilihan lain selain ngikutin yoonbin!

"yoonbin! tungguin dong!!!!"

yoonbin ngga noleh, tapi cowok yang posisinya udah lumayan jauh itu berhenti jalan yang bikin gue langsung lari kecil buat nyamperin dia.

"serius? lewat sini?"

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"serius? lewat sini?"

yoonbin mengangkat alis, keningnya berkerut samar ngeliat gue yang jadi gelisah sendiri. "napa?"

"gue ngga bisa manjat."

"derita lu."

"yah, lo kok gitu sih?! terus gue gimana masuknya????"

"tinggal manjat."

gila. ini anak ngomongnya enteng banget kaya masalah manjat tembok pembatas yang tingginya hampir dua meter ini bukan masalah besar buat dia. mana dia dari tadi cuma nyender doang ke pohon sambil maksa gue buat manjat duluan. gimana gue ngga sinting coba?!

"udah lah, lo aja yang manjat. gue balik lagi aja deh ke gerbang."

yoonbin mengangkat sebelah alisnya, seolah nanya kenapa ke gue. "gue ngga bakal bisa naik, bin. nanti yang ada malah ngerepotin elo."

"biasanya juga emang suka ngerepotin."

"heh! tapika—"

"naik."

"hah?"

"cepet manjat. gue bantuin dari sini."

mata gue membola seiring dengan kepala yang menoleh terkejut kearah cowok itu. wajah yoonbin biasa aja sih, kelewat datar malah. dia juga sekarang udah mulai jalan mendekat ke gue yang berdiri disisi tembok pembatas sekolah.

"dih, ngga mau ah! nanti rok gue diin—"

"gue gak nafsu. udah buruan jangan banyak cocot."

"tapi emang lo ku—"

yoonbin berdecak, "gue kuat. ngga usah ngeremehin." katanya jengkel. "cepetan. mau atau ngga gue bantuin manjat?"

gue diem. mendadak bingung juga gak enak ke yoonbin yang sekarang udah ngulurin telapak tangannya buat jadi tumpuan gue biar bisa manjat. sebenernya gue mau mau aja sih nginjek tangannya terus manjat, cuma yang jadi masalahnya adalah gue ngeri banget kalau yoonbin ngga bakal kuat nahan tubuh gue. secara badan gue kan lumayan berisi ya. nah yoonbin itu kan kurus banget. gue ngeri dia ngga kuat nahan gue terus nanti yang ada kita berdua malah jatoh malah bahaya:(

"woi, malah bengong lo! cepetan keburu bubar upacaranya!"

gue mengerjap, sekali lagi menoleh ke yoonbin yang sekarang mukanya udah berubah jadi super duper jengkel. "lo beneran kua—"

"sekali lagi lo nanya gitu, gue seriusan bakal ninggalin lo disini dah, sumpah!"

"ya jangan!"

"ya makannya cepetan injek!"

gue mengigit bibir, pada akhirnya tetep memberanikan diri buat nginjek telapak tangan yoonbin yang kembali terulur. "jangan ngintip!"

"dibilangin gue gak nafsu."

kali ini gue beneran mulai manjat tembok dengan tangan yoonbin sebagai tumpuan. sesekali gue bakalan ngeliat kebawah buat mastiin cowok itu tetep kuat dan baik-baik aja.

"gak usah ngeliat kebawah terus! buruan! sadar diri lo tuh gendut, berat nih!"

gue menghela nafas, langsung mempercepat gerakan buat sampai ke ujung tembok pembatas.

singkat cerita, sekarang gue sama yoonbin udah berjalan beriringan dikoridor sambil ngendap-ngendap. keadaan koridor maupun kelas-kelas masih sepi karena sebagian besar warga sekolah masih pada sibuk dilapangan. alesan gue sama yoonbin ngendap-ngendap sih cuman buat jaga-jaga aja. soalnya kalau lagi upacara gini biasanya pak taeyang suka keliling sekolah gitu buat ngecek murid takut ada yang bolos upacara.

gue rada nahan nafas pas yoonbin narik pelan badan gue buat mendekat kearahnya. menyerit, gue akhirnya menoleh bingung sementara yoonbin sendiri kini udah menaruh telunjuknya dibibir.

"jangan berisik. ada suara lang—"

"HAYOOO KALIAN BERDUA BOLOS YA????!!!!!"

aduh, mati gue!


permisi... ada yang suka nct ga yah?

la la love, yoonbin. Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang