bagian 8 (rumah nenek)

28 5 0
                                    

Selama sekolah menengah pertama aku sudah jauh dari orang tua.. Maksudnya aku tinggal gak sama orang tua.. Jadi aku tinggal dirumah nenek aku bersama tante dan om.. Tante dan om ini merupakan kakak dari mamah ku..
Mamah sama papah tinggal di luar kota, mengikuti pekerjaan papah yang memang disana..

Aku memang sering sendirian.. Apapun aku sendiri.. Nangis sendiri.. Sedih sendiri.. Sakitpun sendiri..
Kalo ditanya banyak teman gak.. Iya banyak koq punya teman.. Tapi aku tetap merasa sendiri..

Dulu aku sering banget lihat di atas di pojokan rumah ada nampan yang berisi air putih, kopi pahit, kopi manis dan susu.. Pakai gelas-gelas kecil gitu.. Kadang penasaran sebenarnya buat apa.. Tapi ya aku abaikan saja lah..
Jadi pernah kejadian..

Aku sakit, gak enak badan.. Tiba-tiba aku nyium bau harum gitu di dalam kamar.. Gak lama setelah itu.. Badan ku gak lemes lagi.. beneran.. Aku gak bercanda.. Ini memang real aku alami sendiri.. Sempat bingung juga sih.. Koq bisa gitu..
Tapi ya aku ucap syukur saja lah.. Yang penting aku gak sakit lagi..

Dirumah nenek yang aku tinggal ini memang banyak keanehan sih sebenernya.. Salah satunya di atas pintu rumah nenek aku ini ada botok kecil.. Jadi kalo dari kata padatuan gitu.. Kalo sampai botol itu jatuh dan meledak atau mengeluarkan asap itu pertanda ingin terjadi pertumpahan darah.. Dan itu memang pernah terjadi.. Jadi dulu banget pernah hampir kejadian bahwa ada perkelahian sesama saudara.. Karena waktu hampir terjadi perkelahian itu tiba-tiba botol itu jatuh dan berasap.. Langsung saja tante-tante aku pergi untuk menghelai pertengkaran itu.. Dan syukur alhamdulillah gak sampai pertumpahan darah..
Selain itu juga.. Kalo ada yang kerasukan nih.. Mamah itu bisa lhoe nolongin orang yang kerasukan asalkan mamah jangan sampai keluar dari rumah.. Selangkah saja keluar dari pintu.. Mamah aku deh yang kerasukan..
Jadi pernah kejadian..
Waktu itu kakak sepupu aku ingin meadakan pesta perkawinan.. Jadi biasa kalo di keluarga aku slalu ada seperti sesajen gitu disiapin.. Dan aku termasuk bantu-bantu juga.. Jadi waktu siangnya kan aku bantu masak gitu.. Tiba-tiba hati aku jadi pengen makan yang di buat oleh padatuan.. Ya aku bilang, aku mau itu.. Awalnya tante-tante disamping aku sempat kaget.. Terus kata padatuan gak apa.. Ini.. Terus aku di kasih deh.. Setelah itu hati ku gak bergeritik lagi..
Pas malamnya.. Tiba-tiba kakak sepupu aku yang besok kawin kerasukan lari pengen nyebur ke sungai disamping rumah ku.. Yaa pada ditangkap orang lah biar gak nyebur.. Terus didalam rumah sudah duduk buat nolongin kakak sepupu aku..  Setelah sudah nolongin kakak sepupu aku malah ada yang manggil mamah, jadi mamah berjalan keluar rumah.. Baru saja selangkah keluar rumah sudah kerasukan.. Dan di antara kerasukan yang ada mamah aku paling ngeri.. Sudah ketewa hehehe hihihi terus seperti orang ingin terbang lagi.. Kalo kalian bisa bayangin.. Pasti merasa ngeri banget.. Dan waktu kejadian itu.. Tante-tante aku ada beberapa orang yang diamankan.. Biar gak ikut kerasukan.
Ada yang di bawa kerumah tentangga dan ada juga datu aku yang di kunci di dalam mushola..
Bisa dong kalian bayangin betapa repot nya malam itu..
Kalo ditanya kenapa bisa kejadian seperti itu.. Jadi aku kasih tahu yaa, karena sebenernya yang dibuat oleh padatuan aku itu dari keluarga aku sudah lengkap yang gak lengkap itu dari keluarga calon suaminya kakak. Sepupu aku.. Jadi yaa orang yang itu itu marah gitu.. Katanya.. Jadi malam-malam pas kejadian itu yang para tante dan padatuan aku melengkapi yang memang gak lengkap itu..

Dan dikeluarga aku sampai sekarang masih sering 1 kali setahun itu setiap dekat hari Raya idul adha itu selalu memberikan apa gitu terus di larutkan di sungai.. Tapi aku gak pernah sih ikut atau melihat.. Biasanya tante aku, kakak nya mamah..

Dan aku juga pernah mengalami dirumah nenek aku.. Waktu itu aku lagi nonton TV.. Tiba-tiba ada yang ngetok pintu.. Setelah itu yaa aku dengerin dulu siapa gitu yang ngetok.. Cuma ada bunyi mengetok tapi gak ada suara.. Ya sudah ku coba lihat dari jendela.. Ngintip dikit.. Tapi koq gak ada orang.. Sebenarnya sebelum ada bunyi ngetok itu sudah merasa gak enak hati dan bergeritik untuk tidur ke kamar.. Lah namanya aku lagi asik nonton TV ya aku abaikan lah feeling aku itu.. Ternyata gak lama dari kritikan hati aku lah tiba-tiba ada suara ketukan dipintu..
Setelah mengetuk di pintu depan.. Sekarang ketukan itu ada di belakang rumah.. Coba kau bayangkan.
Koq tiba-tiba pindah ke samping jendela aku nonton TV.. Ya aku langsung dag dig dug lah.. Soalnya kalo dari balik jendela seharusnya kelihatan ada siapa kalo ngetuk,, lah ini gak ada.. Setelah selesai ketukan di samping jendela tempat aku nonton TV.. Aku langsung matikan TV dan masuk ke kamar.. Tarik selimut dan baca doa.. Setelah itu muncul lagi suara ketukan tapi dari belakang rumah.. Semakin ku eratkan selimut aku menutupi seluruh tubuh ku.. Dan yang terakhir ngetok tempat di samping kamarku.. Agh kalian sudah pasti bisa nebak gimana perasaan aku waktu itu.. Dag dig dug gak karuan..

Besok paginya aku cerita sama tante aku.. Terus tante aku ketawa dan bilang,, sudah biasa mah itu.. Sudah biasa buat tante.. Tapi buat aku gak biasa..

my feelingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang