Chapter 9

13K 1.5K 12
                                    

Tidak terasa sudah satu bulan Kirana berada di dunia ini, Kirana merasa tubuhnya masih gemuk. Yah, tidak mungkin berat badan akan turun dengan cepat,kecuali jika sedot lemak atau diet WF.

Namun, badanya kini tidak terasa seberat sebelumnya, jika sebelumnya dia tidak bebas bergerak dan terkadang merasa sesak nafas, saat ini badanya terasa lincah dan kencang.

Leng Yuqi sudah mulai terbiasa dengan perhatian ibunya.
Makan dan tidur bersama ibunya, bahkan setiap malam ibunya akan menceritakan dongeng.
Terkadang, jika sebuah cerita belum selesai,ibunya akan melanjutkan cerita di malam selanjutnya.

Setelah sarapan, Kirana mengajak anaknya untuk berjalan-jalan.
Sekarang Kirana paham,setelah membaca info dari buku tentang negara ini yang ia beli di pasar.

Negara Senji merupakan negara yang luas dan kaya akan alam, Kaisarlah yang menjadi pemimpin di pemerintahan.

Negara Senji bertetangga dengan negara Alpenola,dan hanya dibatasi oleh pegunungan yang sangat luas bernama pegunungan Pamirtian.
Kemudian pegunungan kedua berada di desa B ini bernama pegunungan Kunshan.
Negara Senji hanya memiliki dua pegunungan, di wilayah lain masih bagian dari negara Senji hanya ada bukit,hutan dan laut.

Kirana dan Leng Yuqi melangkah perlahan menuju ke arah pegunungan, melewati ujung sungai tidak jauh dari sebelah kanan rumahnya, sedangkan di arah kiri menuju aliran sungai ke arah pasar.

Pegunungan merupakan kumpulan atau rangkaian gunung dan bukit.
Dimasa modern, Kirana hanya dua kali melakukan perjalanan wisata ke pegunungan.
Itupun saat berkemah di masa sekolah menengah, kemudian di moment kedua, saat merayakan ulang tahun perusahaan yang mengadakan acara wisata di pegunungan.

Ketinggian pegunungan Kunshan lebih dari seribu meter di atas permukaan air laut. Berupa rangkaian gunung tidak berapi.

Kirana sangat bersemangat, sebelumnya dia memperingatkan Leng Yuqi jika merasa lelah harus bilang kepadanya supaya bisa langsung beristirahat.
Kirana tidak berpikir untuk mendaki. Hanya berjalan-jalan di daerah kaki gunung.
Daerah gunung jika makin tinggi, semakin dingin udaranya. Makin tinggi gunung, makin jarang orang yang tinggal. Karena di pegunungan tidak dapat untuk becocok tanam sayuran,terutama tanahnya berupa lereng-lereng dan lekukan tanah.
Terkadang tanahnya lunak, mudah terbawa air hujan. Tidak mengherankan, tidak banyak manusia yang hidup di daerah ini.

Namun, kegiatan ini dapat dilakukan di kaki gunung.
Daerah lembah di kaki gunung dan pegunungan, cocok untuk daerah pertanian buah-buahan dan sayuran.

Seperti yang Kirana dan Leng Yuqi lihat saat ini,sesampainya di kaki gunung mereka memandang terdapat banyak tanaman yang warga desa tanam,seperti ladang jagung,cabai. Dan terdapat juga pohon buah seperti alpukat,manggis, jeruk dan lainya.

Kirana ingat jika dia mendaki lebih tinggi lagi,dia bisa menjumpai buah murbei favoritnya.
Tetapi dia tidak memiliki keberanian.

Kirana tau,jika itu buah-buahan akan bebas di petik karena bukan kepemilikan warga.
Sedangkan untuk ladang sayuran, jagung, cabai yang ditanam warga itu tidak boleh sembarangan memetik. Karena biasanya warga yang menanam memiliki izin tanam dengan pemerintah.

Ladang di kaki gunung memberikan berkah sendiri bagi sektor hortikultura.
Pengolahan dan pemasaran hasil Hortikultura sangat menguntungkan bagi penduduk di desa B.

Kirana mengingat sungai di depan rumahnya. sebenarnya bisa juga lahan ini untuk perikanan darat karena mudah mendapatkan air.

Baik Kirana dan Leng Yuqi, merupakan kali pertama mereka menginjakkan kaki di kaki gunung, Kirana menyesal kenapa tidak keluar kesini sebelumnya. Padahal sangat dekat dari rumah.

Kirana melihat terdapat bunga Edelweis, jika dia semakin naik ke atas gunung pasti akan menemukan berbagai bunga lainya.

Kirana melihat keberadaan bunga yang kerap dijuluki bunga abadi ini.
Pesona dan keindahan bunga Edelweis sangat memikat, huh jika ada handphone dia pasti akan berfoto di samping bunga ini.

Namun, di dunia modern bunga ini dilarang untuk dipetik. Para pendaki bisa dikenakan sanksi berat apabila memetik bunga ini.
Dulu,sebelum Kirana melakukan perjalanan wisata ke pegununugan, dia membaca undang-undang tentang konservasi sumber daya hayati dan ekosistem yang mengatur larangan memetik Edelweis.
Aturan itu ada bukan tanpa alasan, melainkan untuk menjaga ekosistem lingkungan pergunungan yang masuk dalam kawasan konservasi.

Bunga ini disebut abadi karena memiliki waktu mekar yang lama, hingga 10 tahun lamanya. Oleh karena itu disebut bunga abadi.
Hormon etilen yang ada pada bunga Edelweis, bisa mencegah kerontokan kelopak bunga dalam waktu yang lama.

Di desa, Selain berkebun, warga desa juga beternak seperti kuda, sapi potong, sapi perah, dan kambing. Karena di pegunungan banyak tersedia rumput untuk makanan ternak.

"Bu,apakah ibu akan memetiknya?," Leng Yuqi bertanya tiba-tiba, dia melihat ibunya yang sangat senang menatap bunga edelweis.

"Tidak Yuqi, ibu tidak mau memetik bunga ini. wah lihat, ini namanya bunga krisan nak,"ucap Kirana tersenyum cerah menunjuk kumpulan bunga krisan dan terdapat juga bunga mawar merah di sampingnya.
Sebelumnya, dia tidak melihat karena terpaku menatap bunga edelweis.

"Lalu ibu akan memetik bunga krisan?," tanya Leng Yuqi

"Ah tidak perlu memetik bunganya, kita pindahkan saja ke halaman depan rumah,"ucap Kirana dengan idenya tersenyum cerah.

"Bagaimana caranya bu?,"

"...." Kirana juga bingung, namun tidak lama dia melihat kayu. Kemudian perlahan menggali tanah disekitaran akar. Kemudian mencabut tanaman-tanaman bunga krisan dari akarnya.

"Apakah ibu butuh bantuan?,"

"Kamu pegang ini nak," ucap Kirana menyerahkan beberapa tanaman bunga krisan yang baru saja dia cabut.

Tidak tanggung-tanggung Kirana sudah mencabut 5 tanaman krisan, kemudian dia juga menggali satu tanaman mawar.
Menanam mawar mudah dengan cara stek batang,karena pertumbuhan tunas barunya berasal dari ketiak ruas batangnya.
Dibandingkan melalui benih atau biji, Kirana tidak pandai menanam bunga.
Namun,Kirana ingin memiliki tanaman bunga di halaman rumahnya.

Kirana sudah mencabut bunga krisan tipe spray, dengan berbagai warna, seperti putih,kuning dan ungu.
Bunga dengan 1 tangkai terdiri dari banyak kuntum bunga ukuran kecil.

Tidak hanya warnanya yang cantik, aroma bunga krisan juga menjadi salah satu daya tarik.
Selain sebagai tanaman hias, juga dapat dijadikan campuran teh dengan segudang khasiat, diantaranya relaksasi, menyegarkan tenggorokan, menjaga kesehatan mata, menyerap racun di dalam tubuh, memulihkan kesehatan, bahkan memperindah bentuk tubuh.
Kirana yang gemuk saat ini juga ingin memperindah bentuk tubuhnya dan juga menjaga kesehatan.
Adapun manfaatnya di masa modern, lebih sebagai bunga potong yang paling diminati kedua setelah bunga mawar.

Kirana lanjut memetik buah jeruk dan manggis. Untuk alpukat dia tidak berani memanjat karena terlalu tinggi.
Dengan bantuan Leng Yuqi bersama-sama membawa bunga dan buah untuk di bawa pulang ke rumah.

Sesampainya di rumah, Kirana langsung bergegas memindahkan tanaman bunga, dan menanam secara rapih di halaman rumah.
Kirana tidak ingin anaknya membantu, dan memintanya memakan buah saja sembari menontonya menggali tanah.




MENOLAK MENJADI TOKOH PENJAHAT DALAM NOVEL (Open PO s/d 5 Agustus 2021)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang