spotify (kena revisi), 02:06 WIB

218 14 1
                                    

"Tapi lu yakin?" tanya dia lagi.
"Iya. Bawel." balas gua.

Temen gua yang satu ini, emang dianggap tolol. Tapi gua nggak nyangka kalo dia juga orang yang perasa. Emang kadang ada beberapa cowok yang perasa, cewek yang rasional. Emang stereotipe itu kadang ada yang bodoh dan nggak akurat.

"Semalem gua bikin lagi playlist Spotify bakal dia." jelas gua.
"Terus?"
"Yaudah gitu aja sih."

Diem. Saat itu juga, gua ngerasa gua perlahan mulai kenal sama diri gua sendiri. Emang mungkin tragedi yang perlahan membentuk gua. Dasar sialan. Kenapa orang-orang justru mulai keliatan aslinya pas jatoh? Kalo stagnan, malah nggak kemana-mana.

"Gua juga bikin sih." katanya.

Gua memalingkan muka, tarik nafas yang panjang. Rokok yang tadi gua bakar, makin gemeter di tangan. Tiba-tiba udah kurang dari setengah aja.

"Entah kenapa gua punya firasat. Kalo semuanya akan bekerja gitu aja." tiba-tiba kalimat barusan keluar dari mulut gua. Jujur aja, gua nggak tau kenapa gua ngomong kayak gitu. Mungkin emang dari guanya, pengen curhat.

"Pede amat." ucap temen gua. Sialan.
"Nggak pede."
"Tapi pernah nggak sih lu denger frase 'rasa yang tepat, di waktu yang salah'?" ucap gua.

Teman gua ngelirik ke gua.

"Lemes juga kalo ngebayangin, ada dua orang yang emang udah secara perasaan udah tepat, waktunya juga tepat. Tapi nggak berhasil ketika dijalanin."

Dia diem. Kayaknya kepikiran soal apa yang gua bilang barusan. YES! Gua berhasil buat dia ceming.

Gua mulai mikirin gua sendiri. Sebelumnya gua bilang gua mulai kenal pelan-pelan sama diri gua. Gua orangnya nggak suka narsis. Gua lebih baik duduk nge-scroll timeline daripada selfie kagak jelas di hape gua. Gua mulai nggak nyaman kalo misalkan ada didepan kamera. Gua orangnya susah bersosialisasi, nggak bisa mulai obrolan, susah kalo misalkan ketemu orang baru. Bahkan misalkan kalo temen-temen SMA gua kumpul, gua lebih sering nggak ikut. Jujur aja gua iri banget sama orang-orang yang gampang banget mempertahankan hubungan. Pada dasarnya, gua cuman orang biasa yang dari dulu nyoba untuk nggak sendirian, tapi ujung-ujungnya masuk ke dalam lubang yang sama. Orang awkward, yang susah banget kontak-kontakan sama temen lama, bahkan mantan.

Dan ketika gua putus sama ini cewek, gua tau kalo gua bakal canggung sama dia. Itu kodrat gua sendiri. Meskipun ada wacana  'tetep jadi temen,' rasanya itu mustahil. Dari awal, gua udah tau hal ini. Ketika gua deketin dia, ada potensi dia bakal ngilang, dan jauh dari jemari gua.  Makanya, gua uring-uringan pas pengen nembak ini cewek. Emang cinta-cintaan itu mirip sama diagnosa peringatan rokok.

Tapi pertanyaannya: 'apakah resiko itu sepadan?' Sepadan. Banget. Sangat-sangat sepadan.

Hal yang gua pikirin adalah, besok gua bisa ngukir cerita lagi sama dia. Kemarin udah jadi sejarah, meskipun beberapa sel di badan gua hidup di hari kemarin. Dia juga gua rasa, merasakan hal yang sama.

"Gimana ya." tiba-tiba temen gua ini ngomong. Kayaknya dia mikir dari tadi.
"Apaan?"
"Lu percaya nggak sama kemungkinan, kalo misalkan saling sayang, masih bisa balikan?"
"Nggak tau." jawab gua.

Gua menghela nafas panjang.

"Gua cuman pengen hidup dia lancar-lancar aja. Mungkin dia bisa ngasih rasa sayangnya dia buat orang lain yang lebih pantes buat dia sayang." lanjut gua.
"Mungkin gua juga terlalu... apa namanya tadi?"

"Needy?"
"Nah iyak itu. Berasa lagu Ariana."
"Sok ngerti lu, bangsat." ucapnya.


tulisan yang gua tulis jam 3 malam.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang