"Kenapa ya, gua begini?" tanya gua ke temen curhat.
"Gimana?" tanyanya.Gua nengok ke bawah. Ngerogoh-rogoh sling-bag nyari rokok Surya Pro Merah. Tangan gua gemeter, nyoba nahan dingin. Bego banget kenapa mesen es kopi susu. Yang ada malah makin beku otak gua.
"Jelasin, monyet." lanjutnya lagi.
"Susah, kan. Dari kemarin gua udah bilang."
"Berarti masih berkutat sama yang kemaren?" tanyanya.Gua diem dulu. Nyoba biar nggak malu-maluin diri gua sendiri. Emang brengsek, perasaan kayak gini juga bisa bikin diri sendiri malu sampe ke tulang.
"Kayaknya lu udah sayang banget ya sama dia?" lanjut dia bertanya.
"Yaudah iya." jawab gua. Sedikit nahan cringe.
"Gapapa. Gua lho, udah sayang banget sama orang sampe gabisa pacaran sama orang lain. Di mata gua, dia itu yang paling sempurna. Gabisa orang lain. Harus dia."
"Kayak psikopat aja lu." jawab gua, sedikit ngeledek."Ya makanya kan, kalo sayang ya harus ikhlasin dia sama siapa. Kalo apa-apa harus sama dia, bedanya lu sama psikopat itu apa? Jangan needy-needy amat lah!" lanjut dia.
"Kemaren ideologi. Sekarang needy, itu apalagi?"
"Ya lu punya kehidupan sendiri kan? Lu kalo apa-apa harus sama dia, ya lu cuman jalan di tempat doang. Ga kemana-mana."Sebenernya iya emang bener. Tapi sekarang semua insecure gua makin-makin. Gua cuman nunggu tragedi itu dateng. Gua sekarang nungguin entah dia sama orang lain, atau bahkan ngeliat dia bahagia tanpa adanya gua. Gua butuh tragedi, buat setoran nangis besok. Buat tamparan sadar diri. Buat ngundang anggur merah masuk lagi ke ginjal.
Gua pengen jadi bagian dari kebahagiaan dia. Emang perasaan kayak gini cepet atau lambat, emang harus disyukurin.
"Tapi emang." lanjut temen gua ngomong.
"Kalo lu udah putus, kita sering bilang kangen. Tapi kangen apa? Memorinya, atau orangnya? Kalo emang lu kangen memorinya, ya berarti lu bisa aja cuman menyayangkan memori apa yang udah lu bikin sama itu orang. Tapi kalo orangnya, rasanya gimana ya? Nyiksa. Karena kalo menurut gua, itu namanya sayang. Bener-bener sayang." ucapnya lagi.Gua melihat temen gua ini. Dia emang punya reputasi sebagai salah satu orang tolol di kalanganku, tapi memang, kalo soal rasa, mungkin dia juaranya. Mungkin ini juga resikonya jadi orang yang terlalu perasa. Yang secara alamiah, perasaan meletup-letup kemana-mana.
KAMU SEDANG MEMBACA
tulisan yang gua tulis jam 3 malam.
De Todofull random. mungkin ini bisa tentang apa yang aku rasain sekarang, atau hal yang aku pengen omongin bersamamu. i'm speaking to you, and you could tell me your stories as well.