ideologi, 19:48 WIB

206 10 1
                                    

Baru aja beberapa hari ini, gua sambat terus ke temen gua. Bener-bener gua bombardir. Kayaknya dia udah tau kalo misalkan gua ngechat, gua mau cerita tentang apaan.

"Kayaknya lu sayang banget ya sama dia?" jawabnya.
"Nggak tau." jawabku.
"Kok gitu?"

Gua bingung harus jawab apa. Emang sih, kadang kalo gua ngomong, beberapa hal ada yang susah untuk gua pertanggungjawabkan. Rasanya tapi ada beberapa hal yang emang susah dipertanggungjawabin.

"Ya gimana ya." kata gua, yang seperti pecundang ketika menjelaskan sesuatu.

Teman gua langsung menggulingkan matanya keatas. Seolah-olah dia kecewa.

"Gua gabisa ngejelasin ke lu samsek. Susah banget. Rasanya 'klik' aja gitu." jelas gua.
"Ya emang semua rasa sayang gitu kan?"
"Iya sih."
"Kita semua emang juara kalo soal urusan sayang. Tapi cemen kalo itu ditafsir." jawabnya.

Gua nunggu dia mau ngomong apa lagi.

"Udah gitu doang?" ucap gua.
"Mau apalagi?"

Ia ngambil napas yang dalam.

"Intinya. Sayang itu ada di level ideologi. Ngawang. Gaada wujud fisiknya. Orang itu cuman peduli sama wujudnya. Kalo lu ngomong kalo lu sayang, lu cuman ibarat janji-janji pejabat pas pemilu. Semua tergantung sama cara lu ngasih bentuk rasa 'sayang' itu. Dan ketika lu ngasih bentuk, pasti dia suka satu hal, dan juga bisa ngekritik satu hal yang lain."

"Anjay, keren juga lu." gua nyeletuk.
"Bacot ah. Bosen lu curhat itu mulu."

tulisan yang gua tulis jam 3 malam.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang