aku bilang kan kalau aku balik lagi kalau ada revisi atau ada hal penting?
jadi gini........
sebenarnya selama kalian baca buku ini, apakah kalian tau UI/UX design?
atau kalian paham sambil ngelanjutin baca cerita per chapter?
atau kalian sempet cari dulu UI/UX itu apa?
atau mungkin 'ah yang penting baca cerita ae dah'? wkwk
aku jahat banget kelupaan gak ngejelasin UI dan UX itu apaaaaa?!☹️☹️☹️ ih dasar aku.
oke. aku jelasin dikit yaa.
UI = User Interface
contohnya gini, pas kamu buka aplikasi wattpad. kamu bakal disuguhi halaman depan. ada ikon home, kacamata pembesar, buku berjejer, pensil, lonceng di posisi bawah. terus ada ikon profil, banner poster iklan dan tulisan.nah itu tugasnya UI. UI tugasnya ngevisualin beranda pake ikon rumah, kalau mau cari cerita, dia visualinnya pake kacamata pembesar. lonceng sebagai notifikasi, pensil untuk edit works. elemen visual itu yg ngemudahin kita. ngemaksud juga ada fitur apa aja yg ada di aplikasi wattpad.
UX: User Experience
nah orang ini yang ngehidupin semua visual, elemen yang UI udah desain serapih mungkin. misal kalau kamu mau ke profil kamu, nah UX ini yang nuntun kamu ketika kamu klik ikon foto profil, dia bakalan nampilin profil langsung yg tadinya dari home terus ke tujuan yg kamu maksud.(maaf berbentuk gif. kalau video pasti gabisa🙁)
dua-duanya sama desain juga. tapi mempunyai pekerjaan yang berbeda. donghyuck yang ngevisual. jeno yang ngehidupin/ngegerakin. nah kalian sebagai user atau pengguna. ini berlaku juga dengan aplikasi lain dan platform lain seperti website.
kalau ada yang nonton drama start-up mungkin agak ngerti sih kerja jeno sama seperti nam dosan sebagai programmer🙂
satu lagi. ada kata-kata yang seinget aku, aku mention tapi mungkin kalian gak paham.
1. mata kuliah studio.
bukan maksud mata kuliah studio kayak studio foto ya. mata kuliah sakral buat anak dkv. mungkin di teknik atau di bisnis atau fakultas lain juga ada. di dkv juga beda2 nama mata kuliah studio ini. biasanya 4/5 sks.2. wacom
ini anak desain langsung ngerti sih. wacom itu nama brand. alat yang dimaksud itu adalah pen tablet. perangkat khusus untuk orang yang mau ngegambar versi digital. hehe aku sama temen-temen manggilnya wacom. jadi harap maklum.
ada pertanyaan lain? nanti aku tambahin. koreksi juga kalau aku salah ngejelasin hehehe🙏🏼sekian sekilas infonya. cuma numpang lewat aja. he he he👋👋👋👋👋
KAMU SEDANG MEMBACA
Ice Cube🧊 • nohyuck
FanfictionCerita klasik anak kuliahan dari anak desain komunikasi visual dan anak teknik informatika. boysxboys baku • non-baku mature! halu~ happy reading🙂 [Spin-Off 1: blotto • jaedo (done)] [Spin-Off 2: buah persik • jaemren (on-going)]