Manuver

60 2 0
                                    

Kami sampai di Milan Malpensa Airport setelah sekitar tiga setengah jam penerbangan dari Lisbon, Portugal

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kami sampai di Milan Malpensa Airport setelah sekitar tiga setengah jam penerbangan dari Lisbon, Portugal. Promotor dan LO menyambut kami dan langsung mengantarkan ke hotel. Jadwal disini terlihat padat di awal karena Brian sepertinya berencana 'istirahat sehari' sebelum melanjutkan perjalanan ke Prague, Czech.

Begitu tiba di hotel, Brian sudah harus bersiap wawancara dengan salah satu stasiun televisi, SKY Italy. Aku tak bisa membayangkan berada di posisinya. Lelah perjalanan belum hilang, tapi lihatlah, dia tersenyum cerah di depan kamera. Brian juga harus berterima kasih pada Britney yang selalu membuat penampilannya tanpa cela.

Setelah dua jam istirahat, Brian berpindah ke gedung pertunjukan untuk latihan dengan kru panggung sebagai rutinitasnya sebelum konser. Kevin menempelinya seperti tugasku di masa lalu. Aku iri melihat Kevin memegang kamera. Tentu saja bukan semata karena objeknya adalah Brian! Aku tahu dia fotogenik. Tapi bagiku yang sudah lama bermimpi menjelajahi Eropa, setiap momen akan menjadi menarik dan berharga.

*****

Sejak dari bandara, bukan hanya LO yang terus berada di dekat Brian. Tapi Luis, si Promotor tur di Milan, tak henti mengajak Brian mengobrol setiap ada kesempatan. Sepertinya dia senang karena artis yang diundangnya tak perlu translator untuk bicara dengannya. Brian fasih bahasa Spanyol. Dan bahasa Italia mirip dengan Spanyol, jadi dia bisa berkomunikasi dengan Brian menggunakan bahasa aslinya.

Sebelumnya, kupikir bahasa yang paling banyak digunakan di dunia adalah bahasa Inggris. Tapi setelah bergaul dengan Brian yang sangat menyukai serba-serbi Latin, aku akhirnya tahu bahwa bahasa Cina-lah yang paling banyak digunakan, disusul bahasa Inggris di urutan kedua dan bahasa Spanyol di urutan ketiga.

Saat kami masih di Lisbon kemarin, aku bertanya pada Brian, apa bahasa yang mayoritas digunakan orang Portugal? Bagaimana dengan Italia? Apakah berbeda bahasa Portugal, Italia dan Spanyol? Apa bedanya bahasa Spanyol di Eropa dengan yang biasa digunakan di Amerika Selatan seperti Mexico?

Brian mengatakan, Portugues dan Italiano berasal dari rumpun bahasa yang sama yaitu bahasa roman, salah satu cabang bahasa Indo-Eropa yang tumbuh dari bahasa Latin kuno. Dalam beberapa hal, bahasa Spanyol lebih mirip dengan bahasa Italia dibandingkan dengan bahasa Portugis. Walau Spanyol dan Portugis letaknya bersebelahan dan sama sama berbagi tempat sejarah.

Dan setiap negara berbahasa Spanyol memiliki perbedaan aksen dan ciri khas kosakatanya masing-masing. Perbedaan antara aksen bahasa Spanyol di Spanyol dengan di Amerika Selatan biasanya pada pelafalan hurufnya. Dia mencontohkan beberapa kata tapi aku sama sekali tak mengerti.

"Kapan kira-kira kamu akan bosan memandanginya?", suara Britney berbisik.

Aku kaget. Tapi mau tak mau tersenyum juga. Ya, sejak tadi aku memang terus mengawasi Brian dari batas side wing panggung.

"Aku hanya menjalankan tugas", kilahku.

"Baiklah...", tapi suara Britney terdengar tak sepakat.

When Brina Meet BrianTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang