"Jadi, apa?" tanya Zika pada Hanif.
Mereka berdua ada di sebuah cafe dekat kantor. Zika setuju untuk memilih tempat itu karena cowok itu bilang akan mentraktirnya.
"Lo harusnya udah tau garis besar ceritanya kan?" tanya Hanif menyeruput kopi di gelasnya.
Zika mengangguk. "Rayen punya trauma karena cewek yang namanya Alya meninggal, dan dia nyalahin itu gara-gara dia. Bener?"
"Hm."
"Bisa lo ceritain tentang dia? Gue mau tau." Zika mengucapkan itu dengan sungguh-sungguh. Entah kenapa, ia ingin mengetahui lebih banyak tentang masa lalu cowok itu dan gadis yang bisa membuatnya menyesal sampai sekarang itu.
"Alya itu sok kuat. Dia bilang nggak papa, tapi sebaliknya. Pas gue pertama ketemu sama dia, Rayen nggak sengaja numpahin jus ke seragam Alya. Terus pas mereka berdua kekunci di gudang dan Rayen pingsan, Alya juga nyuruh gue ninggalin dia terus bawa Rayen pulang duluan. Gue salut sama tuh cewek. Dia mesti duluin Rayen, terus nggak ngutamain dia sendiri. Dia juga nerima Rayen jadi pacarnya, padahal dia tau kalau dia cuma pacar taruhan. Lo tau? Alya itu paling suka sana senyumnya Rayen. Makanya dia rela ngelakuin apa aja buat liat senyumnya Rayen. Ngizinin Rayen deketin kakel yang dia taksir, bukannya itu jelas berat?"
Zika mendengarkan cerita Hanif dengan serius.
Hanif mengulas senyum kecil. "Dia itu temen satu aliran gue. Kita sama-sama suka keju. Dia juga sering ngasih gue keju. Gue heran, kenapa Rayen telat nyadar kalau dia suka Alya? Mungkin cuma itu kesalahan dia. Dipta, itu nama temen gue yang bikin Rayen pacaran sama Alya. Dia suka sama Alya. Tapi, Alya nolak dia gara-gara Alya nggak suka. Dipta nganggep itu salah Rayen. Oh, Alya juga punya penyakit anemia. Dia sering pusing, mimisan, pingsan juga. Gue pernah nganter obat buat dia. Pernah suatu malem dia janjian sama Rayen, tapi Rayen nggak dateng. Dia nunggu empat jam malem itu. Tapi, Rayen nggak dateng gara-gara malem itu dia diajak ketemuan sama kakak kelas yang dia taksir. Paginya, Rayen minta putus dari Alya. Alya nerima itu juga. Tapi, tiba-tiba dia masuk rumah sakit lagi. Gue mau ngasih tau Rayen soal itu, tapi Alya ngelarang. Gue lupa berapa hari Akya dirawat, tapi pas itu juga Rayen mulai sadar kalau dia suka sama Alya. Sampe malem itu, dia akhirnya tau kalau kakel cewe tadi pacaran sama dia cuma diminta Dipta. Malem itu Rayen hilang. Alya ikut nyari Rayen. Pas gue dateng, darah Alya udah ngalir di lantai tangga sekolah. Malem itu juga, dia pergi."
Hanif menghentikan ceritanya dan mengeluarkan sebuah buku diary berwarna pink dan menaruhnya di atas meja.
Nif, gue mau minta tolong sama lo.
"Dia minta gue nyobek terus ngasih ini ke orang yang dia tulis namanya disitu. Gue mau lo bantu gue ngasih itu ke lainnya nanti. Nanti."
Zika menatap buku berwarna pink itu.
"Ada beberapa lembar yang udah gue ambil. Itu tugas gue buat ngasih. Tapi, gue juga minta tolong ke lo. Lo orang pertama yang bilang kalau lo suka Rayen gara-gara senyumnya. Jadi Zik, buat temen gue tau arti senyum yang sebenernya ya. Buat dia sadar, kalau Alya pergi itu bukan salah dia."
Gadis itu mengambil buku di meja. "Gue boleh baca?"
Hanif mengangguk. "Ada satu lembar lagi. Alya yang minta gue nulisin itu buat cewek yang nanti bakal sama Rayen. Jadi, gue bakal kasih itu ke lo kalau emang udah waktunya. Ayo balik! Udah hampir setengah jam nih. Bukannya istirahat lo cuma setengah jam?"
"Oh, iya." Zika langsung bangkit dari kursinya. "Gue duluan kalo gitu."
"Lah? Nggak bar..."
Hanif menggeleng melihat gadis yang sudah berlari keluar itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Nine A.M
Teen Fiction(tamat) "Lo nyuruh gue buat tetep senyum apapun yang terjadi. Masalahnya, apa gue pantes buat tetep senyum abis lo pergi? Dunia seolah berubah menjadi kelabu. Gue senyum,tanpa alasan dan sebab yang jelas. Sebelum, pagi itu gue tabrakan sama seseoran...