46

3.4K 395 37
                                    

Ketika mereka memasuki ruang kelas Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam, suasana dingin dan formal menyambut mereka. Profesor Umbridge sudah duduk di meja guru, mengenakan kardigan merah muda berbulu dari malam sebelumnya dan pita beludru hitam yang terikat di puncak kepalanya. Pakaian tersebut kontras mencolok dengan ruangan yang dingin dan sedikit usang, menambah kesan tidak nyaman yang menyelimuti kelas.

Kelas terdiam seketika saat mereka memasuki ruangan. Ketegangan terasa begitu mencekam—kehadiran Profesor Umbridge, yang merupakan hal yang masih belum mereka ketahui sepenuhnya, membuat semua orang merasa cemas dan tidak pasti tentang seberapa ketat pendiriannya mengenai disiplin.

"Well, selamat sore!" sapa Profesor Umbridge dengan nada ceria dan suara yang terdengar sangat dibuat-buat, ketika akhirnya seluruh kelas telah duduk. Beberapa murid menggumamkan "selamat sore" dengan enggan sebagai jawaban.

"Ah, ah," Profesor Umbridge mengerutkan dahi. "Itu tidak bisa diterima, benar bukan? Aku ingin kalian, tolong, menjawab 'Selamat sore, Profesor Umbridge.'"

"Selamat sore, Profesor Umbridge," mereka menyanyi serempak, dengan suara yang tampak terpaksa dan tidak tulus.

"Begitu," kata Profesor Umbridge dengan senyum yang menyebar di wajahnya, tampak puas. "Tidak terlalu sulit, bukan? Tolong simpan tongkat dan keluarkan pena bulu."

Murid-murid saling berpandangan dengan wajah murung. Perintah untuk 'menyimpan tongkat' biasanya tidak diikuti dengan pelajaran yang mereka anggap menarik. Dengan gerakan lambat, Profesor Umbridge membuka tas tangannya, mengeluarkan tongkatnya yang terlihat tidak biasa pendek, dan mengetuk papan tulis dengan keras. Kata-kata muncul di papan dengan cepat:

Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam

Kembali ke Prinsip-Prinsip Dasar

"Well, apa yang kalian pelajari dalam mata pelajaran ini tampaknya agak kacau dan sepenggal-sepenggal, bukan?" kata Profesor Umbridge, sambil berdiri dengan tangan terlipat rapi di depan tubuhnya. "Pergantian guru yang terus-menerus, banyak di antaranya tampaknya tidak mengikuti kurikulum yang disetujui Kementerian, sayangnya mengakibatkan kalian berada jauh di bawah standar yang kami harapkan di tahun OWL kalian."

"Akan tetapi, kalian akan senang mengetahui bahwa masalah-masalah ini sekarang akan diperbaiki. Kita sekarang akan mengikuti pelajaran sihir pertahanan yang terstruktur dengan hati-hati, berpusat pada teori, dan disetujui Kementerian tahun ini."

"Hermione mengangkat tangan, terlihat sangat serius. "Saya punya pertanyaan tentang sasaran pelajaran Anda," ujarnya.

Profesor Umbridge menaikkan alisnya dengan ekspresi yang menunjukkan ketidaksenangan. "Dan namamu adalah?"

"Hermione Granger," jawab Hermione tegas.

"Well, Miss Granger, kukira sasaran pelajaranku benar-benar jelas kalau kamu membacanya dengan hati-hati," kata Profesor Umbridge dengan suara yang semakin dibuat-buat manis.

"Well, saya kira tidak begitu," Hermione menjawab terus terang. "Tidak ada tertulis di sana mengenai menggunakan mantera-mantera pertahanan."

"Menggunakan mantera-mantera pertahanan?" Profesor Umbridge mengulang dengan tawa kecil yang tampak sinis. "Mengapa, aku tidak bisa membayangkan situasi apapun di ruang kelasku yang memerlukan penggunaan mantera pertahanan, Miss Granger. Kamu tentunya tidak berharap diserang selama kelas, bukan?"

"Kita tidak akan menggunakan sihir?" Ron berseru keras, tampak terkejut dan tidak puas.

"Murid-murid mengangkat tangan mereka ketika mereka ingin berbicara di kelas saya, Mr -?"

"Weasley," kata Ron sambil mengangkat tangannya lebih tinggi.

Profesor Umbridge tersenyum lebih lebar lagi, namun tampak lebih dingin dan memalingkan punggung kepadanya. Harry dan Hermione segera mengikuti dengan mengangkat tangan mereka juga.

THE RETURN OF THE LOST GIRL  | COMPLETED|Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang