21

1.3K 260 1
                                    

♡︎ بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ♡︎

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
"Semoga keselamatan (diberikan) atasmu dan juga dilimpahkan atasmu rahmat dari Allah dan keberkahan."








•oOo•

Masih dalam masa pergalauan, Haidar milih buat refresh otak. Dimana? Bar? Enggak dong, kapok Haidar, mulai sekarang dia mau cari aman aja.

Kemarin Haidar masuk ke bar juga gak sengaja, karena ada temennya yang ngajak. Haidar pikir iman dia udah kuat, jadi gak mungkin lah kejebak sama yang kayak gituan lagi. Malahan, kemarin Haidar punya niat mau dakwahin temen-temennya.

Emang bener ya, jadi manusia tuh gak boleh sombong. Bukan berarti kita takut sama setan, tapi takut sama dosa, takut sama balasan dari Allah. Apalagi setah tuh licik banget, walaupun ada 1000 jalan untuk berbuat kebaikan, setan punya 1001 cara buat kita terjerumus ke dalam keburukan.

Terus Haidar refreshingnya dimana?

Jelas, di penthouse punya Chairil. Ini kan emang udah jadi kaya tongkrongan mereka, bahkan masing-masing dari mereka ber-7 punya duplikat keycard buat masuk ke sini. Jadi siapa aja bisa dateng dan masuk kapan pun mereka mau.

“Kenapa muka lo? Lusuh banget,”

Haidar yang lagi duduk di karpet sambil menumpu dagunya di atas meja, langsung terpelanjat pas Miftah nyapa dia. Cowok yang keliatannya baru pulang kuliah itu duduk di sofa deket Haidar. Haidar duduk di karpet, Miftah duduk di sofa.

“Bang kalau orang lakuin dosa diem-diem, setelah dia dikasih kesempatan bertaubat tuh dimaafin gak sih sama Allah?” tanya Haidar tiba-tiba.

“Orang yang gak punya amal shaleh aja kalau ngelakuin dosa dimaafin, apalagi orang yang lagi berusaha jadi lebih baik.” jawab Miftah rasional.

“Tapi bukannya itu berarti kita ngecewain Allah? Allah udah kasih kesempatan bertaubat, eh kita malah sia-siain. Emang pantes orang kayak gitu dimaafin?” Haidar kembali memastikan.

“Jangan memperlakukan Allah, seperti kita memperlakukan makhluk. Allah itu Ghafur, Maha Pengampun,. Lagian lo gak inget, orang bertaqwa itu juga ngelakuin dosa, tapi begitu dia inget, dikasih tau sama Allah, dia langsung minta ampun.”

“Emang iya?”

"Semua anak cucu Adam banyak salah dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah mereka yang bertobat, HR. Tirmidzi No-2423. Itu artinya, orang beriman juga pernah lakuin dosa. Gak mungkin gak pernah. Karena kita manusia bukan malaikat." Ujar Miftah mengingatkan.

Haidar diem. Duh, Haidar jadi tambah gak enak sama Allah. Allah udah sebaik itu, masih aja dia buat kecewa. Malahan kemarin, Haidar pas minum sempet takut ada temen-temennya liat, tapi dia gak takut sama Allah Yang Maha Melihat? Astaghfirullah.

“Berarti dosa gue diampunin?”

“Allah gak pernah membiarkan hamba-Nya dateng kepada Allah pulang dalam keadaan kecewa. Yang dateng minta ampun, pasti diampuni sama Allah. Cuma jangan jadiin itu alesan buat lanjut buat dosa.” Miftah menepuk pelan pundak adiknya.

Alhamdulillah, Haidar jadi lega kalau kayak gitu.

“Oh iya, Bang, gue mau minta saran.” Kata Haidar.

Miftah buka tas ransel punya dia, ngeluarin laptop, terus naruh laptopnya di atas meja, dan duduk bareng sama Haidar di karpet sebelahan.

“Saran apa?”

Gaul-Gaul SholehTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang