18. Options

7 1 0
                                    

sekarang saatnya Dewa menentukan jurusan yang ia akan pilih

"kuliah bisnis, di swiss" ucap Vito
Dewa terdiam
"Dewa! kamu setuju atau ga" seru Vito

"emang Dewa ada hak buat milih yah??"

"ayah anggap kamu setuju. kamu berangkat bulan depan."

"yah.." "okay, Dewa akan turutin perkataan ayah, tapi Dewa ada 1 permintaan" ucap Dewa

"izinin Dewa buat ngungkapin isi hati Dewa yah"

tidak ada respon dari vito

"yah, Dewa sayang banget sama ayah, gimanapun perlakuan ayah ke Dewa, Dewa tau tujuan ayah baik, ingin Dewa kelak sukses, dan bahagia kan yah?? tapi yah, Dewa rasa banyak cara lain selain cara yang ayah pakai, ayah gaperlu pakai kekerasan dalam mendidik dewa, justru Dewa butuhnya dukungan yah, bukan pukulan.

dari kecil, Dewa ga pernah di beri pilihan, dari sekolah dasar sampai sekarang ini, Dewa udah tahan yah, Dewa ga di bolehin ikut basket, Dewa nurut, ga di bolehin ikut osis, Dewa nurut, ayah suru Dewa masuk ipa, Dewa nurut yah.

Dewa nurut sama semua perkataan ayah, Dewa selalu nurut sama perintah ayah, tapi kenapa ayah gapernah ngasih satu kesempatan, satu aja, kesempatan untuk Dewa bisa memilih jalan hidup Dewa sendiri yah?, ini hidup Dewa, bukan hidup ayah.

kalau boleh jujur Dewa cape banget yah, Dewa sakit, setiap kali ayah suruh Dewa belajar, apalagi sampe gaboleh makan, Dewa sakit bnget yah, tapi ayah tau yang paling sakit apa? perkataan ayah.

Dewa denger perkataan ayah sama bunda di rumah sakit, ayah ngatain Dewa gaguna lah, ayah ngatain Dewa beban lah, ayah galiat perjuangan Dewa? Dewa nurut sama ayah karna Dewa juga pengen ngerasain kasih sayang ayah.

setiap Dewa lomba ayah gapernah hadir, apalagi mengapresiasi Dewa, ayah gapernah. Dewa ngeraih juara itu bukan cuma demi Dewa sendiri yah, tapi demi ayah, demi memenuhi ekspektasi ayah, Dewa pengen ayah bangga, Dewa pengen berguna di hidup ayah, tapi ayah kenapa gapernah liat perjuangan Dewa?

Dewa rela sakit, demi belajar, biar bisa ngedapetin semua yang ayah mau, tolong yah, apresiasi Dewa, sedikit aja, Dewa selalu cape selama ini" ucap dewa.

nafasnya tak terkontrol, ia sesegukan karna tak kuat menahan derasnya air mata yang keluar dari kedua maniknya,

ia meluapkan seluruh emosinya pada malam itu, vito hanya terbungkam, tak mengatakan sepatah kata apapun, dan pergi meninggalkan Dewa, Dewa menangis, ia mengacak wajahnya,
tapi ia juga lega dapat meluapkan seluruh bebannya ke pembuatnya, ia kembali keluar menggunakan motor kesayangannya dan menuju ke tempat itu.

pantai.

jam menunjukan pukul 20.30
Dewa termenung di bibir pantai dengan segelas kopinya yang masih beruap
ia menyalakan seputung rokoknya yang menandakan ia sudah sangat lelah, namun rokok itu di tepis oleh seorang gadis yang tiba tiba datang, membuat rokok itu padam terjatuh.

"kok lo tau gua ada di sin-"
"ka, jangan gini" ucap gadis itu yang tak lain adalah Aura
Dewa tersenyum kearah pacarnya
"kalau lo cape sama dunia ini, lo punya gua ka, cerita sama gua, bukannya malah ngerokok, ngopi yang bukan kebiasaan lo, lo bisa sakit."
ucap Aura memandang kedua mata Dewa

"gua emang udah sakit ra"
"kalau gua mati bikin ayah jadi peduli sama gua, gua rela mati ra"

Aura memandang Dewa dengan wajah kesal

"ka, jangan mikir yang ngga ngga? apalagi mati, jangan ngerasa kalau lo sendiri disini, cerita aja kalau emang berat ka, jangan di pendem, sakit, gua ngeliat lo sakit gini jadi ikut sakit ka, berjuang lagi ka, kalau pengen nangis keluarin aja, gausah sok gapapa, ketauan banget kalau lo boong, bertahan yaa? gua tau pasti sakit banget buat lo, tapi tolong, demi gua, bunda, ayah, demi temen temen, demi orangtua kandung lo, mereka pasti sedih ka kalau tau lo pasrah gini."

mata Aura berkaca kaca saat mengucapkan kata demi kata
tangis Dewa sudah pecah sedari Aura mulai berbicara, Dewa tersenyum terus memandangi pacarnya, mereka menghabiskan malam disana.

SADEWA & RAHASIANYA (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang