49. Aku Janji

526 56 0
                                    

Jin POV

Aku keluar dari rumah sakit pada sore hari. Sesuai janjinya, Jungkook membawakan setelan hitam untukku. Dia juga memakai setelan hitam. Dia membantuku mengenakan bajuku yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena bayi kami tumbuh dengan cepat.

Kami keluar dari rumah sakit dengan Jungkook membawaku ke mobil Benz dengan kursi roda. Pergelangan kakiku sudah lebih baik, tapi masih sulit bagiku untuk berjalan sendiri. Sejujurnya, aku tidak tahu apakah aku bisa berjalan jika aku tidak melukai pergelangan kakiku. Mentalku benar-benar berantakan saat ini.

Kami berdua akan mengucapkan selamat tinggal untuk terakhir kalinya pada Yoongi. Malam sebelumnya, setelah mencurahkan isi hatiku, aku menceritakan semuanya kepada Jungkook tentang Yoongi.

Itu tidak mengejutkan baginya karena dia bilang dia bisa mengerti kenapa Yoongi bisa membahayakan nyawanya dan dengan senang hati kehilangannya untuk orang sepertiku.

Setelah itu, Jungkook dan aku tidak berbicara sepatah kata pun. Bahkan di malam hari, selain beberapa sapaan, tidak ada hal lain yang dibicarakan. Aku benar-benar mengerti jika dia butuh waktu untuk mencerna semuanya. Itu semua terlalu berat baginya.

Kami tiba di pemakaman tempat Yoongi seharusnya dimakamkan. Semua orang sudah ada di sana. Jungkook dan aku adalah orang terakhir yang datang. Seluruh pemakaman berlangsung dalam aura kesedihan yang berat. Satu-satunya suara yang bisa didengar adalah suara pendeta.

Setelah pemakaman, aku berkesempatan bertemu dengan orang tua Yoongi untuk pertama kalinya. Mereka meneteskan air mata dalam keheningan. Mereka berdua berbicara tentang bagaimana Yoongi berencana untuk menikah denganku sebelum mengetahui hubunganku dengan Jungkook. Mereka tidak marah dan juga tidak menganggapku bersalah; hal itu membuatku semakin membenci diriku sendiri.

Aku memperhatikan Namjoon juga menangis. Aku menggerakan kursi roda ke arahnya. Dia adalah orang terakhir yang harus aku ajak bicara. Aku memegang buket mawar putih di pangkuanku. Jungkook membawanya sesuai permintaanku dari taman mansion. Bunga itu adalah bunga kesukaan Yoongi.

"Namjoon, aku turut berduka atas kehilanganmu. Aku tahu Yoongi adalah teman terdekatmu." Cara Namjoon memandang Nama Yoongi yang terukir di nisan itu menghancurkan hatiku yang sudah hancur berkeping-keping.

"Ya, dia memang seorang sahabat sejati meskipun dia tidak terlihat seperti sahabat; dia juga seorang kekasih sejati, sekali lagi, meskipun dia tidak terlihat seperti kekasih!" Namjoon menoleh ke arahku dan menatap jauh ke dalam mataku.

"Dia selalu membicarakanmu, Jin." Namjoon melanjutkan dan sebuah senyuman mengembang di wajahnya yang memerah dan berkaca-kaca.

"Ini semua salahku, dia sudah meninggal." Aku bergumam dan memejamkan mata untuk mencegah diriku menangis sekali lagi.

"Itu bukan salahmu. Jika ada, Yoongi akan membunuh dirinya sendiri jika tahu kau terluka."

"Tapi, aku terluka sekarang, Namjoon." Aku mengakui rasa sakitku padanya dengan suara pelan. Meskipun hanya satu malam aku tidur dengannya, tidak pernah sekalipun aku merasa tidak nyaman atau canggung di dekatnya. Dia sangat menyenangkan.

"Ini adalah sebuah proses, Jin. Harus dan pasti akan terjadi suatu hari nanti. Kau akan mengatasinya, tapi untuk saat ini, aku bisa merasakan bagaimana Yoongi tersenyum padamu; tersenyum karena kau dan bayi kecilmu selamat. Dia telah mengorbankan nyawanya, dan orang lain akan memastikan bahwa semua itu tidak sia-sia." Namjoon mengangkat alisnya ke arah perutku. Aku tersenyum dan mengusap perutku.

"Aku masih mengingatnya dengan jelas, malam saat kau dan dia datang ke rumah lamaku. Aku menyebut kalian berdua sebagai pelanggan yang kaya." Aku tertawa kecil setelah mengucapkan kata-kata itu.

What is Love? | Kookjin ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang