Bersabarlah kemudian menarik diri dari hal yang akan membuat hubungan Kamu dan orang tua semakin renggang.
2. Mengucap Istighfar
Kita perlu memahami bahwa menjadi orang tua tidaklah mudah, mereka menjadi orang tua bukanlah karena berpengalaman menjadi orang tua sebelumnya, karena Kamu menjadi alasan mereka juga mendapatkan pengalaman menjadi orang tua.Ketika ingin membalas dengan perkataan yang menyakitkan, segeralah berlindung diri dari hawa nafsu dengan beristighfar.
Kamu bisa mengucapkan astaghfirullah hal adzim, subhannallah, masya Allah, alhamdullillah, allahu akbar, sebagai bentuk melindungi diri Kamu dan kedua orang tua Kamu.
3. Mengambil Waktu untuk Menenangkan Diri
4. Berbicara dengan Baik, Lembut dan Perhatian
Setelah cukup memberikan waktu untuk berfikir kepada diri sendiri, Kamu bisa meminta untuk berbicara kepada orang tua.Sampaikan maksud Kamu dengan sikap yang baik, lembut dan perhatian.
Tataplah mata orang tua lalu perhatikan dan renungkan bagaimana usaha dan kesabaran yang sudah ditempuh demi menghidupkan dan membimbing Kamu sampai di titik sekarang.
💌🌹
🌼 Terkadang melapangkan hati, atas semua yang pernah menjadi luka, adalah hal yang lebih menentramkan.
🌻 Daripada membiarkan dendam terus bersemayam didada dan di kepala. Hingga tiada lagi, tempat untuk kedamaian.
❞ Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.❞ (QS. Fusshilat: 34)..
💌🌹
ويأتي زمان لا بالقليل يقنعون ولا بالكثير يشبعون، همهم بطونهم، ودينهم دنانيرهم، وقبلتهم نسائهم.
Akan datang zaman, orang tidak puas dengan yang sedikit, tidak kenyang dengan yang banyak, perhatian mereka hanya urusan perut, agama mereka uang, dan kiblat mereka perempuan.
(Khalifah Ali bin Abi Thalib Ra)
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰی سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰٓی اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ (ﷺ)
💌🌹
Suka mencaci maki anak
Orang tua yang emosi biasanya akan mencaci maki anaknya. Jangan sampai orang tua mengeluarkan kata-kata yang kurang pantas, karena hal tersebut bisa menjadikan dosa.
2. Menghina anak
Menghina sang anak di hadapan orang lain juga merupakan dosa orang tua kepada anaknya. Jangan sampai anak tidak menjadi sholeh atau sholehah, karena perkataan orang tua yang menyakiti hatinya.
3. Membandingkan dengan orang lain
Hati seorang anak mana yang tidak benci kepada orang tuanya, ketika mereka dibandingkan dengan orang lain. Oleh karena itu, jangan sampai orang tua membanding-bandingkan anaknya dengan orang lain.
4. Cinta dengan syarat
Hal ini menunjukkan seolah-olah cintanya orang tua kepada anaknya tidak ikhlas, karena diembel-embeli dengan syarat. Misalnya, ada orang tua yang mengatakan cinta kepada anaknya jika ia mengaji dan sholat.
5. Menyampaikan informasi yang salah kepada anaknya
Misalnya, orang tua mengatakan kepada anaknya bahwa laki-laki tidak boleh menangis. Itu merupakan perkataan orang tua yang salah.
KAMU SEDANG MEMBACA
ILMU-ILMU ISLAMI
RandomKUMPULAN CERITA, QUOTES, DAN ILMU AGAMA ISLAM Mohon Maaf jika ada kesalahan dalam karya ini🙏🏻 Silahkan komen jika ingin berpendapat Dan vote jika kalian suka ^_^