Gue membuka mata saat mendengar suara alarm dari hape gue. Jam di dinding menunjukan jam 7 pagi, membuat gue langsung bangun dan segera pergi mandi karna gue ada kelas jam 8.30. Jian juga udah janji buat jemput gue sekalian sarapan bareng sama mama.
Hari ini entah kenapa rasanya kepala gue penuh banget, sampe di saat mama sama
Jian ngobrol aja, gue gak mudeng mereka ngomongin apa"Kai?"
"Kai??"
"Kairina!"
"eh iya??"
Gue langsung tersentak saat mama mengguncang badan gue saat gue bengong tadi"Kamu kenapa sih pagi-pagi bengong? Gak enak badan??" tanya mama khawatir
"E-enggak kok ma, aku baik-baik aja,
cuma emang lagi ada pikiran sedikit""Mikirin apa??"
"Ada lah tugas kuliah, anak semester 5 lagi sibuk ma"
***
"Kamu mikirin Zen, Kai?" tanya Jian saat kita berdua udah di dalem mobil dia
"Hah?? Mungkin.."
"Kenapa??"
"Kemaren dia chat aku, dia minta maaf karna nangis dan ngerepotin. Abis itu kayak ada yang ganjel di hati aku, kenapa dia minta maaf karna nangis? Maksudku, wajar kalo dia nangis karna disakitin, kenapa dia harus minta maaf? Kenapa dia harus jadi orang sebaik itu? Kenapa dia kayak gitu bahkan di saat dunia itu jahat ke dia"
Gue agak meninggikan suara gue saat ngomong itu yang buat gue langsung menunduk dan meminta maaf ke Jian yang bahkan sebenernya gak salah apa-apa
"Kai.. jujur aja juga kan kita enggak tau gimana dia dulu diperlakuin dan dididik sama orang tuanya. Aku bukannya mau berburuk sangka tapi ngeliat gimana Zen diusir aja udah buat aku yakin kalo Zen tuh dididik dengan keras. Mungkin aja dulu di saat dia membuat kesalahan kecil ato bahkan gak berbuat salah aja, dia dimarahin, jadi dia sekarang berpikir kalo semua hal yang dia lakuin itu salah, Kai"
"Tapi kenapa..."
"Kai, kamu yang bilang sendiri, Zen dijahatin satu dunia. Mungkin Zen udah gak tau mana benar ato salah, Kai. Dia nganggep semua hal yang dia lakuin salah karna dia emang dibesarin di lingkungan yang kayak gitu"
"Aku pun sampe sekarang juga gak paham Kai, kenapa Zen bisa sebaik itu. Tapi, aku sadar kita agak beda dari Zen, Kai. Kita gak pernah tau apa yang dia rasain, itulah kenapa baik kamu ato aku gak bisa ngerti jalan pikir dia" lanjut Jian
"Cuma ada satu point yang aku ngerti dari Zen. Dia takut, Kai. Dia takut pandangan orang sama dia, dia takut sama tatepan menghakimi dari orang-orang. Itulah kenapa dia minta maaf, dia memohon agar orang-orang stop menatap dia kayak gitu, stop jahat ke dia. Zen tuh cuma mencari kebebasan kok, Kai" final Jian
Gue termenung mendengar ucapan Jian. Bener, bener banget malah. Gue gak pernah ada di posisi Zen, gue gak tau apa yang udah dia rasain dari dulu.
"Coba pahamin Zen dari sudut pandang dia, Kai"
"Iya maaf, aku jadi kesel sendiri semenjak dapet chat dari dia semalem"
"No, it's okay. Setidaknya kamu belajar hal baru kan? Gak semua orang itu bisa diliat dari satu sisi aja"
"Iya, makasih Jian"