Kunal: Dare Macam Apa Ini?

675 25 0
                                    


Jam istirahat beberapa hari kemudian.

Wah, kantinnya mantap. Ada bakso, mie ayam, burger, macam-macam roti, nasi tim, nasi uduk, dan aneka minuman yang seger-seger. Dan yang paling penting harganya masuk kantong banget. Sekarang semenjak gue sekolah, mak gue udah nggak langganan cathering. Jadi kalo siang makan di sekolah, sorenya Ya yang masak. Dia lagi berusaha belajar masak. Gue juga nggak tau sih masakan dia enak atau engga. Jadi sebagai gantinya, gue gantiin tugas nyapu-ngepel dia. Gue juga gatau gue kalo nyapu-ngepel bersih apa kagak. AHAHA.

Gue gabung sama Ya dan teman-teman cowonya itu. Yang agak kurang tinggi itu namanya Nolan. Yang medok banget namanya Bintang, katanya dia pindahan dari Semarang. Yang namanya nggak sekeren tampangnya itu namanya Kusnadi, tapi sama Ya dan temen-temennya dia dipanggil Sandi – mungkin biar keren. Yang gendut itu namanya Gilang. Yang nempel banget sama Gilang dan kalo lagi jalan bareng sama Gilang jadi kayak angka sepuluh itu namanya Tirta. Yang paling cantik di meja ini namanya Ya. Yang paling nggak tau apa-apa namanya Kunal. Lah, kenapa gue jadi perkenalan sendiri?

"Heh Kunal, lu mau nyoba bakso gue nggak?" tanya Bintang tiba-tiba. Nyoba bakso? Nanti kan gue bisa beli sendiri. Ah, gak-pa-pa deh, gratis ini.

"Boleh." Tanpa pikir panjang gue langsung nancepin garpu gue di salah satu bakso yang lagi berenang di kolam renang kuah bakso. Tanpa gue gigit, gue langsung masukin bakso tadi ke mulut gue. Hasilnya lidah gue serasa kebakar. "Panas, Tang!"

"Bego sih. Ya udah, gigit aja pelan-pelan terus telen." Bintang dan yang lainnya ketawa-tawa.

"Lain kali tuh tiup dulu. Nih kayak gini nih: HUfttt Huffttt." Tirta nyontohin cara tiup bakso. Yang lain ketawa. Gue cuman bisa gigit baksonya pelan-pelan sambil nahan tawa.

"Woi main TOD, yuk!" ajak Gilang.

"Ayok!" suara Sandi yang paling kendengeran di kuping gue. Iyalah, orang dia duduk sebelah gue. "Gambreng ya," kata Sandi lagi. Yang lain setuju, gue sih iya-iya aja. Lagian udah lama juga nggak main Truth Or Dare yang kadang-kadang nyebelin kadang-kadang seru itu.

"Ya udah, gambreng deh sekarang," kata gue. Semua orang julurin tangan mereka di tengah-tengah. Hom-pim-pa-ala-iyum-gam-breng. Tiba-tiba, gue berasa balik ke SD. Entah kenapa ya, tapi berasa balik gitu. Anak SD yang tanpa masalah, anak SD yang taunya main aja.

Gue Putih, Sandi hitam, Ya hitam, Tirta hitam, Gilang putih, Nolan hitam, Bintang hitam. Aduh, aduh, aduh. Gawat tingkat dewa nih. "Ayo Gilang sama Kunal suit," kata Sandi penuh semangat.

Gue suit sama Gilang. Gue keluarin batu. Gilang keluarin... kertas? Iya kertas. Kalah dong gue. Kuping gue dipenuhi cuitan-cuitan para manusia nggak sabaran di sekitar gue ini. Ada yang nyuruh gue pilih truth, ada yang nyuruh gue pilih dare. Sampe ada yang ngomong gini: "Hoi, laki bukan, sih? Laki mah pilih dare lah ya." Gue mikir.

Oke, proses mikir gue udah selesai. "Dare kayaknya seru nih." Pasang senyum-senyum sadis dulu. "Oke, jadi apa dare nya?"

"Woahhh, semangat banget ni anak. Kasih yang susah, San," kata Nolan. Terserah kalian deh, gue mah iya-iya aja.

"Satu menit, ya, mikirnya, jangan lama-lama loh." Gue balik badan, suruh mereka diskusiin apa dare buat gue. Huft. Semga nggak terlalu aneh-aneh.

Sambil nungguin mereka bisik-bisik diskusi, gue melihat ke sekeliling. Kayaknya cuman kita doang deh yang main TOD gini. Yang lain mah pacaran, makan, ngomongin cewe, ngomongin orang, belajar, ngomongin masalah OSIS, persiapan nyontek, dan lain lain.

"Woi, kita udah dapet, nih!" seru Nolan tiba-tiba. "Tembak Athena."

Hah?

"Itu dare-nya?"

Semuanya ngangguk.

"Ya udah, nanti pas pulang sekolah gue lakuin." Haduh, Kunal, lu ngomong apa sih? Kenapa bisa jawab setenang itu? Gue kira dare-nya nggak separah itu. Gila, ya, bayangin aja masa gue nembak orang yang bahkan punya temen aja nggak mau. Ya kali tiba-tiba gue nembak dia? Ini pasti idenya Ya, dasar gila!

"Lanjutttt!" seru Tirta kesenengan. Dengan muka datar dan perasaan campur aduk, gue ikutan gambreng. Kali ini siapa yang kena, ya?

Gue hitam, Nolan hitam, Ya putih, Tirta putih, Bintang putih, Sandi hitam, Gialng hitam juga. "Eh, yang putih gambreng lagi sana," kata Sandi. Ahay, gue lolos di giliran ini. Baguslah, satu dare tadi aja bisa bikin gue gila, masa tambah satu dare atau satu truth lagi, langsung masuk rumah sakit jiwa kali.

Mereka gambreng lagi. Tirta keluar, tinggal Ya dan Bintang. Dannnn.... Gue ketawa. Kenceng banget. Kayaknya gue diliatin, deh. Oke, gue berhenti ketawa. YA KENA! Gue ketawa lagi. Gue diliatin lagi. Gue nggak peduli.

"Pilih apa, Ya?"

"Truth aja."

Giliran gue balas dendam. Mampus deh, Ya, mampus! Terima pembalasankuuuuu!!! "Gue ada ide bagus, nih," kata gue. Gue bisikin ke yang lainnya. Tapi mereka pasang muka nggak ngerti. Gue jelasin kenapa gue pilih Truth-nya itu. Mereka ngerti. Pembalasan dendam siap.

"Tiga pendapat buat si anak baru – Alterio."

"Ini kerjaan Kunal, kan?" Ya nebak. Gue senyum sinis. Gue ngangguk. Gue ketawa. Untung ketawanya kecil, jadi nggak dilihat orang lagi.

"Oke. Jadi, dilihat-lihat, ya, dia itu orangnya pinter. Kayaknya dia bakal ngalahin Shakira." Ini pendapat Ya yang pertama, boleh lah.

"Ngalahin Shakira? Lu gila?" sahut Tirta.

"Nggak," jawab Ya. "Jarang-jarang loh ada cowo yang nyatet pas guru-guru lagi kasih catatan di kelas." Uhm, iya juga, gue sendiri aja nggak pernah nyatet. Gue selalu copas dari catatan Ya. Begitu juga temen-temen gue yang lain, mereka selalu nyalin catatan gue. Ini nih yang dinamakan 'rantai catatan'.

"Terus apalagi?"

"Dia di drop out dari sekolah sebelumnya gara-gara dia..." Ada tangan ngebekep mulut Ya.

"Sini ikut gue!" Ya nengok ke belakang. Alterio. Dia narik paksa tangan Ya. "Sini lo ikut gue!"

"Eh, apaan lu? Berani-beraninya sama cewe!" teriak gue. Gue sampe nggak sadar kalau gue berdiri. Yang lain juga ikutan berdiri. Semuanya kayak pasukan siap bertarung. Gue nggak tau deh muka gue kayak apa, yang jelas kayaknya aneh banget. Gue nggak pernah nantangin orang sebelum ini, gila deg-deg-an juga sih.

"Lu dipanggil guru." Alterio ngelepas tangan Ya. Kita semua balik duduk. Ketawa-tawa. Nggak jelas banget sih, ngasih tau kalo Ya dipanggil guru aja pake bekep-bekep segala. Geli banget, mau sok-sok jadi preman apa?

Akhirnya, Ya pergi ikut Alterio. Sedangkan kita-kita lanjut main. Nolan dapet dare ngelitikin ade kelas yang duduknya di seberang meja kita. Tirta dapet dare push up 20 kali. Gilang dapet dare makan saus cabe langsung dari botolnya. Mantap. Dia sampe kepedesan nggak karuan. Jelas lah, kita yang pencetin botolnya. Tapi pasti itu rasanya nggak enak. BIntang lolos. Sandi juga. Jam istirahat udah selesai soalnya.

Tapi pas gue masuk kelas, Ya nggak ada di kelas. Lama juga ya dipanggil gurunya.

Truth or Dare [Completed]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang