Iman itu naik turun, maka isilah agar tak menyusut kadarnya.
Ikhwan pov
Walaupun ketiga anakku masih kecil, nanum bundanya selalu mengajarkan berbagai hal sejak dini. Apalagi kedua jagoanku yang mulai menapaki pra baligh. Daftar tambahan tanggung jawabku semakin panjang. Ya aku harus menyiapkan anakku menjadi seorang pria yang berkarakter. Aku harus mendampinginya saat melewati fase baligh, fase yang cukup rentan akan jati diri. Kami tak mau jati diri sebagai mualim hilang dari anak-anakku.
Setiap malam sabtu, istriku mewajibkan anak-anak untuk meluangkan waktu guna melingkar alias halaqoh. Tak ada materi berat agar anak-anak tak bosan. Kami saling bercerita, berbagi, tanya jawab akan hal-hal yang mereka ingin tau.
"Ayah.. Kita siap melingkal... "Ucap bungsuku sambil menggoyangkan rambutnya.
"Pita dari siapa dek? "Tanyaku melihat pita barunya, yah walaupun istriku sudah melaporkan bahwa Ghazi memberinya hadiah karena tingkat kecadelan si bungsu berkurang.
"Dali kak Azi.. Bagus kan yah.. "
"Kak Idlan yang beliin" sanggah Ghazi.. Anak ini tingkat gengsinya tinggi, malu mengakui kalo sayang sama adeknya.
"Iya kakak yang beliin, tapi uangnya dari Azi semua"jawab Idlan
"Kak Azi.. Dedek sayang sama kakak" ucap Hafla sambil memeluk kakak jahilnya itu.
"Makasih ya kak.. Udah jd kakak yang perhatian sama adeknya... "Ucap istriku sambil membelai rambut tebat si tengah.
"Bunda... Rambut Azi berantakan.. Ntar nggak ganteng lagi.. "Celetuk Ghazi yang aku tau untuk menutupi rasa bahagianya.
"Tetep Idlan Abrisam yang paling ganteng"timpal si sulung
"Anak ayah ganteng, cantik juga sholeh, sholeha semua..,yuk kita mulai..."
"Melingkar.... "Jawab ketiga anakku kompak.
"Sekarang giliran bundakan? "
"Iya ayah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah, kita bisa melingkar lagi. Sebelum kita mulai majelis ini, baiknya kita baca do'a belajar dan ummul kitab........ "
"Ini bun ada kertas pertanyaan"ucapku sambil menyerahkan gulungan kertas berisi pertanyaan.
Kami memang menyediakan kotak untuk di isi dengan berbagai pertanyaan yang ingin di bahas saat melingkar seperti ini. Kami memang tak memberikan materi yang berat. Hanya tentang apa yang terjadi sehari-hari.
"Mana yah...emang ada jilbab hati? Kok banyak yang mengatakan jilbabin hati dulu.. Pertanyaan yang bagus, lagi hits ya kak di medsos? "
"Perintah menutup aurat ada di surah Al ahzab ayat 59 coba kakak Idlan baca artinya"
"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. al-Ahzab ayat: 59)"
"Iya bener kak, juga di surah An nur ayat 24 coba kak Azi sekarang baca terjemahnya"
"Katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita- wanita mukminah, ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian, atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka (QS. an-Nur [24]: 31)."
KAMU SEDANG MEMBACA
Rumahku Surgaku
SpiritualBagaimana kisah Syafa Althafunnisa dan sang suami Ikhwan Abdulrasyid dalam membesarkan putra putrinya di tengah kehidupan yang hedonis Akankah ketiga anaknya akan mampu melawan arus. Berhasilkah usaha mereka memberikan pondasi keimanan. Mampukah m...