“ Islam muncul dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang asing”
Author pov
Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim tersebut memang bisa kita lihat saat ini. Dimana orang yang mengamalkan ajaran Islam akan di anggap aneh, bukan hanya oleh orang kafir. Tetapi juga oleh kaum nabi Muhammad saw sendiri.
Idlan geleng-geleng kepala saat mendapati adeknya memukuli bantal untuk membuang semua emosinya.
"Wudhu dulu sana Zi. Setelah itu kakak mau ngomong"
"Nggak perlu!!! AZI NGGAK MAU DENGAR!!! "
"Inget apa kata ayah sama bunda? ALLAH memberi kita dua telinga dan satu mulut, karena kita di minta untuk lebih mendengarkan. Wudhu!!! Atau kakak nggak mau menjelaskan semuanya!! "Perintah Idlan tanpa bentakan namun cukup membuat adeknya itu nurut.
Ghazi walaupun dia riang, usil namun memiliki emosi yang meledak-ledak, cenderung temperamen.
Kemungkinan adeknya itu hanya mendengar sepotong dari pembicaraan ,sehingga ia salah paham. Hal inilah yang sering menyebabkan timbul konflik ,salah paham dan berasumsi sendiri. Tanpa mau mendengar penjelasan dan mencari tau keseluruhan masalah.
"Apa yang mau kakak omongin"
"Duduk dulu Zi"
“ Jika salah seorang di antara kalian marah ketika berdiri, maka hendaklah ia duduk. Apabila marahnya tidak hilang juga, maka hendaklah ia berbaring. ” (HR Ahmad).
Hadits itu yang selalu di ingat Idlan, selain berwudhu saat ia marah. Hadits yang di sampaikan oleh sang Bunda saat mereka melingkar.
Dengan muka malas Ghazi menuruti perintah kakaknya itu,duduk bersandar d kepala ranjang. Idlan menarik kursi dan duduk di dekat adik keras kepalanya itu.
"Kak Idlan mau ngomong apa? "Tanya Ghazi setelah lama mendapati Idlan terdiam.
"Tapi setelah kakak jelaskan Azi tolong nanti minta maaf ya sama ayah. "
"Azi nggak salah. Ngapain minta maaf"bantah Ghazi dengan keras kepalanya.
"Yakin nggak salah. Baiklah.. Kakak mau cerita. Tolong dengar baik-baik ya. "
"Hmmmmm"
Idlan tersenyum melihat kekeras-kepala adeknya itu. Ayah banget kalo kata bunda, sedang dirinya hanya mewarisi sifat dingin ayahnya tidak dengan sifat temperamen dan keras kepalanya.
Di ceritakanlah semua yang dia dengar dari ayahnya, tanpa penambahan ataupun pengurangan.
Idlan memperhatikan perubahan raut wajah Ghazi. Raut amarahnya perlahan memudar.
"Azi nggak suka ayah menikah lagi. "
"Apakah dari cerita kakak ada ungkapan kalo ayah mau menikah lagi? Tolong cerna baik-baik.
Ayah di sodori CV ta'aruf, trus ayah di lamar untuk menjadi suami seseorang. Nggak ada kan kata-kata bahwa ayah sudah mengiyakan tawaran tersebut? "
"Lagian nggak malu apa perempuan kok melamar laki-laki "
"Zi... Kita kan udah tau bagaimana dulu Khadijah yang menginginkan Muhammad. Muhammad yang saat itu belum menjadi seorang nabi dilamar melalui seseorang dan melalui sindiran oleh seseorang untuk menjadi suami Khadijah kan?
Itu lebih terhormat daripada seorang wanita yang mau di ajak pacaran.
Lagipula wanita itu tidak langsung mengatakan keinginan ke ayah, tapi melalui guru ngajinya. Bahkan mungkin dia juga tidak tahu sosok ayah bagaimana. "
KAMU SEDANG MEMBACA
Rumahku Surgaku
SpiritualBagaimana kisah Syafa Althafunnisa dan sang suami Ikhwan Abdulrasyid dalam membesarkan putra putrinya di tengah kehidupan yang hedonis Akankah ketiga anaknya akan mampu melawan arus. Berhasilkah usaha mereka memberikan pondasi keimanan. Mampukah m...