Adriel
Kadang, ucapan orangtua lah yang mematahkan semangat anaknya sendiri.Itu kalimat yang keluar dari mulut ibu sebelum dia pergi ninggalin gue buat selama-lamanya. Kalimat yang diucapin setelah gue dimarahin abis-abisan sama ayah karena dapet nilai jelek pada ulangan untuk yang kesekian kalinya. Bukan cuma diomelin, bahkan saat itu dengan santainya ayah mukul gue pake tongkat golf yang sering dia pakai buat main golf setiap hari Minggu. Rasa sakit di badan gue gak seberapa. Gue udah kebal sama itu semua. Tapi, hati gue rasanya sakit banget pas denger ucapan kekecewaan dia untuk gue.
"Kamu itu selalu mengecewakan! Gak pernah sekali-kali bikin orangtua bangga!"
Dulu, gak pernah sekalipun kalimat itu keluar dari mulut ayah. Yang keluar dari mulutnya selalu ungkapan-ungkapan rasa bangga dia pada gue.
Waktu SMP gue seneng banget saat ayah dengan bangganya memperkenalkan gue di depan teman-temannya, sambil berkata, "Ini anak saya, Adriel namanya. Kemarin dia baru saja menang Olimpiade Sains Nasional."
Walaupun hanya berhasil meraih juara tiga, tapi ayah kelihatan bahagia banget akan hal itu. Gue belajar mati-matian sampai gak tidur, kena omel guru karena ketiduran di kelas, dan kena tifus karena saking udah ngedropnya. Tapi itu semua kebayar sama raut bahagia sekaligus bangga yang ayah tunjukkin.
Tapi semuanya cuma bertahan sampai di situ. Setelah masuk SMA, Adriel yang dulu dibangga-banggain berubah jadi Adriel yang pembangkang dan mengecewakan. Gue merasa muak sama semuanya. Gue udah berusaha sekeras yang gue bisa, tapi hasilnya gak pernah sebanding sama usaha gue. Gue belajar sampai tengah malem buat ulangan, tapi hasilnya gak pernah di atas tujuh. Gue capek. Ngerasa semua yang udah gue lakuin sia-sia. Dan akhirnya gue memutuskan buat menyerah.
Gue bener-bener gak punya minat lagi sama pelajaran-pelajaran akademis. Otak gue gak kepake buat gitu-gituan.
Saat itu gue iseng jalan-jalan ke Galeri Nasional buat liat pameran lukisan yang diselenggarakan di sana. Gue seolah mendapat insipirasi. Gue menyadari kalau ternyata basic gue emang bukan di medis, tapi di seni.
Dan begitu gue bilang ke ayah kalau gue mau kuliah jurusan seni, dia menolak itu mentah-mentah. Dia mengacam kalau gue tetep nekat buat masuk seni, dia gak bakal membiayai kuliah gue.
Tapi gue gak peduli.
Gue tetap mendaftarkan nama lewat jalur SBMPTN jurusan Desain Grafis tanpa sepengetahuan ayah. Dan gue diterima.
Di saat biasanya orangtua mensupport anaknya yang sedang berjuang menghadapi soal-soal yang bisa membuat kepala meledak, gue gak mendapat support dari siapapun.
Gue pergi pagi pulang malem buat bimbel juga gak ada yang peduli. Karena hanya satu orang yang dipedulikan ayah di dunia ini.
Arka.
KAMU SEDANG MEMBACA
Tacenda [Republish]
General Fiction[ON HOLD] (n.) things better left unsaid; matters to be passed over in silence "Not all words should be spoken."