Halo. Maaf, part KBBI nanti dulu, ya.
Jadi, begini. Kita pasti enggak asing lagi dengan event bersponsor yang diadakan oleh grup-grup kepenulisan. Kita pasti juga enggak asing dengan rules memberikan donasi sebesar sekian hanya agar grup si sponsor dikenal orang--bertambah adders-nya. Nah, aku mau membahas itu.
Memang sah-sah saja. Toh itu atas persetujuan kedua pihak, 'kan?
Tapi, ya, menurutku, hal tersebut enggak terlalu perlu. Kayak ... memberatkan. Nominal yang diminta enggak sedikit.
Mungkin lebih baik kalau seperti ini: grup penyelenggara event meminta sponsor berupa apa pun yang nantinya akan dirundingkan oleh kedua pihak dan disepakati. Iya, sumbangan sukarela. Bukan hanya berupa materi, namun juga jasa. Misalnya grup A mengadakan lomba menulis dan mentoring, tapi kekurangan tenaga pengoreksi, penilai, dan mentor. Nah, grup B bisa memberi sponsor berupa hal-hal di atas.
Saling bekerja sama sajalah, enggak perlu ada "mendonasikan nama". Toh kalau mengadakan event, harusnya memang sudah punya modal, 'kan? Jujur, sih, selama bergabung dengan satu grup, aku belum menemukan grup tersebut meminta grup lain untuk mendonasikan sejumlah uang untuk hadiah event. Dan sebagai gantinya, nanti si pendonasi mendapat tambahan adders. Hadiahnya dari penghuni grup semua--secara sukarela.
Rasanya kayak ... peran sponsor di sana cuma sumbang uang, lalu dipajang logonya, begitu?
Dan kalau mau, menurutku, mendingan promote paid target, deh. Enggak ada bedanya. Sama-sama transfer uang atau pulsa, lalu dapat tambahan adders. Eh, malah lebih terjamin PPT, sih. Harganya jauh lebih murah daripada jadi sponsor pula.🤣🤣🤣
Tapi ... kembali lagi ke pribadi masing-masing. Aku cuma menyampaikan pendapat tentang hal ini secara universal.
Salam damai,
Lanna Anfi
KAMU SEDANG MEMBACA
Dunia Tinta
RandomBerisi tentang tata kebahasaan, tips kepenulisan, serta beberapa celotehan.