Plot Hole (Tips)

937 97 16
                                    

Kalian tahu apa itu plot hole? Yup, plot hole adalah kejanggalan dalam cerita. Misal kita bikin cerpen. Kita menceritakan tokoh A yang menemukan satu penyakit aneh pada salah keluarganya. Nah, di pemakaman si keluarga, A cerita ke temannya kalau keluarganya yang meninggal gara-gara penyakit aneh itu terserang virus mematikan karena kesalahan pada saat sang keluarga dibuat bahan uji coba satu lembaga untuk kepentingan mereka. A menjelaskannya secara detail.

Nah, dia saja bilang penyakitnya aneh. Kenapa bisa menjelaskan sedetail itu? Apalagi kalau kita enggak beri keterangan kalau A itu analis yang sangat handal atau semacamnya. Janggal, 'kan? Nah, itulah yang dinamakan plot hole.

Contoh yang lebih sederhananya, aku punya tokoh Kenari. Dia bersahabat erat dengan Binara dan seringkali bermain ke rumahnya. Nah, tapi dalam suatu adegan, aku membuat Kenari menelepon Binara untuk menanyakan alamat rumahnya.

Itulah plot hole.

Bagaimana caranya kita mencegah adanya plot hole dalam cerita?

1. Baca berulang-ulang.

Jangan malas baca ulang cerita kita. Kegunaannya banyak. Bisa memperbaiki kesalahan tanda baca, typo, mendapatkan lagi feel yang sering kali hilang saat kita masih di tengah menulisnya, dan tentu saja ... mengetahui plot hole. Dan kalau sudah tahu, jangan ditunda dulu. Segera perbaiki. Tambal lubangnya dengan bahan serupa sampai enggak ada bekas lubang.

2. Catat unsur suspense yang kita campurkan ke cerita.

Suspense adalah unsur terpenting--menurutku--untuk bikin pembaca betah membaca cerita kita. Dan meski kita sudah punya ancang-ancang taruh tanda tanya di sini, nanti dijawab di part akhir, sebaiknya realisasikan. Maksudku, catat. Karena seringkali, aku juga lupa.

Contohnya di "Prolog" aku taruh suspense tentang apa yang bikin Binara takut dengan daun. Nah, aku sudah ada perkiraan matang kalau nanti aku akan menjawab pertanyaan itu di "Epilog". Tapi kalau aku lupa, nanti jadi plot hole juga, 'kan?

3. Setiap cerita itu pasti diambil dari fakta di dunia nyata. Jadi, jangan terlalu mengada-ada.

Apa hubungannya poin ini sama plot hole? Sabar, aku jelaskan.

Jadi begini. Aku kasih contoh nyata, biar lebih gampang dipikirkannya. Kemarin, grup ArcturusAuthor kasih tugas ke para penghuninya untuk me-review salah satu novel wattpad. Di sana, penulis menyebutkan--sebut saja--Mawar sebagai orang yang pendiam karena dia suka fisika. Dan ternyata, hal sekecil ini pun bisa jadi plot hole menurut banyak penghuni grup tersebut karena pada kenyataannya, fisika enggak berpengaruh terhadap diamnya seseorang. Yang suka fisika juga enggak seserius dan sependiam yang disebutkan. Jadi, ya, begitu.

Nah, sudah selesai. Tipsnya sangat sedikit karena ini murni dari penalaran sempitku, bukan hasil googling di dunia seluas itu.

Semoga membantu!😚

Dunia TintaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang