"Kak Woojin, mamah gak kerja ya?"
"Iya, mamah libur"
"Mamah dimana?"
"Di kamar, mungkin"
Libur.
Kenapa waktu mamah gue libur, gue gak ikutan libur? Dan kenapa waktu gue libur mamah selalu sibuk? Huft~
Ini udah masuk bulan ketiga semenjak papah meninggalkan kita. Dulu, waktu masih ada papah, mamah sibuk banget gak ada waktu buat kita. apalagi sekarang papah udah gak ada, makin ga ada quality time buat kita.
Ya gue bisa memaklumi, tapi dua minggu lalu mamah sakit dan harus banget dirawat di rumah sakit selama tiga hari. Dan itu yang membuat gue semakin khawatir sama keadaan mamah.
"Mah.."
"Eh, Hwina. Kenapa?"
"Besok mamah masih libur?"
"Emang kenapa sayang? Mau liburan bareng mamah, ya?"
Gue duduk diranjang dengan tatapan terpaku di foto yang ada di atas nakas, foto keluarga. Kita berempat. Waktu gue kelulusan SMP, disitu kelihatan gue bahagia banget tanpa beban.
"Emang mamah ada waktu?"
Gue melihat mamah yang sibuk merapihkan lemari, balik badan dan jalan buat duduk disamping gue, setelahnya kepala gue diusap lembut.
"Kok ngomong gitu? mamah libur tiga hari sayang. Mau ke rumah nenek?"
Kalau diingat-ingat udah lama banget gak kesana, kangen main ayunan di depan rumah, panjat pohon di samping rumah, udah lupa gimana sensasinya main disana saking lama gak berkunjung kesana.
"Kayak anak kecil aja. Tapi boleh deh hehe"
"Oke, nanti malma kemasin barang secukupnya. Kamu berangkat sekolah mamah antar atau bareng kakak?"
"Bareng Jihoon, mah. Mamah istirahat aja ya hari ini, kemarin aku udah cuci baju. Aku berangkat mah, assalamualaikum"
"Iya sayang, waalaikumsalam. Kamu hati-hati ya! Yang rukun juga sama si Jihoon"
"Iya mah, daa. ."
Selesai salaman gue lari kecil ke rumah Jihoon dan hampir aja si Jihoon pergi. Untung belum,.
Tapi dijalan dia berhenti di warung bubur ayam bu mar, mau sarapan katanya. Nah berhubung tadi mamah belom masak gue juga sekalian aja ikut makan.
"Eh ada neng Hwina? Udah lama banget gak kesini, makin geulis enengnya. Ini si aa Jihoon juga jarang main ke sini"
"Hehe bu mar bisa aja. Sibuk sekolah kita mah. Oiya belum lupa sama kesukaan kita kan?"
"Ya belum atuh, mas Jihun ayamnya yang banyak kan, nah kalo mbak Hwina kerupuknya yang banyak. Tunggu sebentar ya"
"Siap buuk"
Setelah nunggu tiga menitan buburnya datang, duhh lama juga gak makan disini. Jadi inget waktu SD, kalo weekend pagi pasti gue, Jihoon, Sherlyn, ka Woojin, Jinyoung sama si Yoora sering banget makan bareng disini, jadi teringat Jihoon yang ngeomel setiap kali ayamnya diambil sama si Sherlyn.
"Na, Sherlyn itu siapa?"
Degg...
Fix anjir, nih anak beneran cenayang. Gue lagi mikirin Sherlyn, dia nanya Sherlyn itu siapa. Saking kagetnya gue sampai keselek kerupuk dan batuk dengan tidak elitnya.
"Nanti aja gue cerita, udah setengah tujuh nih, limabelas menit lagi gerbang ditutup berangkat sekarang!"
"Iya tuan putri"