Taebin lagi duduk di ayunan TK sambil nunggu jemputan sang bunda. Dengan kakinya yang mungil, Taebin ngayun-ngayun diatas ayunan.
"Kamu belum pulang?" Tanya sebuah suara yang terdengar manis.
Taebin noleh. Terus geleng-geleng. "Bunda aku belum jemput. Kamu?"
"Oh aku, ah! Itu papaku! Aku duluan ya, Taebin!"
Anak kecil tadi kemudian lari-lari kecil sampe loncat ke pelukan Papanya. Taebin cuma bisa lihatin sambil diem. Ga lama, suara merdu bundanya bikin Taebin noleh.
"Bunda!"
Entah kenapa hari itu Taebin jadi lebih manja dari biasanya. Padahal selama ini, Taebin termasuk tipe anak yang mandiri. Mandiri dalam artian sikap ya, bukan nama bank. Jungkook yang sadar kalo anaknya yang ganteng kayak bapaknya itu lagi manyun manja pun akhirnya nyoba nanya.
"Anak bunda yang ganteng kenapa manyun? Ada yang gangguin di sekolah?"
Si ganteng kecil itu geleng pelan. Agak ragu buat ngomong, tapi karna tatapan bundanya kayak meyakinkan, makanya si Taebin akhirnya bersuara.
"Bun, kenapa Taebin ga punya Ayah kayak temen-temen yang lain?"
Bagai tornado di musim kemarau, bagai ATT yang kepergok selingkuh sama suami orang, Jungkook kaget. Jungkook syok. Tapi ga latah sampe ayam-ayam gitu. Untuk pertama kalinya sejak doi ngeden dan Taebin melesat keluar, hari mendebarkan itu pun tiba. Hari dimana sang buah hati bertanya kemanakah gerangan sang bapak. Jungkook bingung? Oh jelas. Dari awal si om ngehilang tanpa kabar, Jungkook udah bersumpah bahwa ketika anaknya lahir, Jungkook bakal besarin anaknya sendiri tanpa perlu anaknya tau siapa bapaknya. Iya. Bapak. Atau lebih tepatnya orang yang nanem bibitnya ke perut Jungkook.
"Bun?"
Lama ternyata Jungkook ngelamun, sampe si Taebin manggil dan elus pipi bundanya. Sang bunda cuma bisa senyum. Senyum perih. Cekit cekit gimana gitu.
"Suatu hari Taebin bakal tau semuanya, oke? Taebin bisa sabar sampai saat itu, kan? Anak bunda 'kan hebat?"
Denger pujian bundanya bikin si anak yang masib polos itu cuma ngangguk semangat. "Iya, bun! Taebin kan anak bunda yang hebat banget! Hehehe."
Dan sang bunda rasanya pengen nangis aja saking terharunya. Dalam hati berbisik,
"Andai kamu tau bapakmu itu kardus sekali, nak..."
♥ ♥ ♥
Taebin ketiduran sepanjang perjalanan pulang. Jungkook cuma bisa senyum sambil elus-elus anaknya biar tidurnya makin nyenyak. Setelah Taebin nanya, Jungkook makin kepikiran. Makin diinget rasanya makin miris. Jungkook bukannya ga mau Taebin tau siapa ayahnya. Jungkook bukan ATT yang ga ngebiarin anaknya ketemu bapaknya. Bukan. Jungkook sadar lambat laun anaknya bakal sadar bahwa keluarga yang sempurna itu kalo ada sosok ayah, ibu, dan anak. Jungkook tau banget gimana rasanya punya keluarga yang ga sempurna. Dan Jungkook ga mau anaknya ngerasain hal yang sama.
Tapi ya gimana? Tiap inget gimana teganya si om ninggalin Jungkook tanpa kabar, Jungkook ngerasa benci banget. Kalo bisa pengen nge-onta-onta-in si om. Emang dikira enak apa? Bayangin, bikinnya bareng, ngerawatnya sendiri, manennya juga sendiri. Enak aja! Dikira brojol seenak ngecrot? Dikira brojol seenak buang hajat yang sekali ngeden langsung cemplung?
Jungkook bukan rocker. Biar gitu Jungkook punya rasa dan punya hati.
Lagi asik ngelus buah hatinya, suara bel apartemennya bikin Jungkook mau ga mau jalan ke depan. Sosok sang mantan terpampang nyata dengan senyuman yang masih sama ngebaperinnya. Demi apapun, kalo Jungkook ga stuck sama si om, udah ijab kabul sejak dulu sama si mantan. Sayangnya bayang-bayang masa lalu sama si om masih suka terbang-terbang di pikiran Jungkook.