Masa Lalu

5.2K 408 3
                                    

Sesuai janjinya, si om memenuhi permintaan istrinya yang minta diajakin jalan-jalan. Kontrakan di perut Jungkook udah mau empat bulan. Perutnya sih masih rata. Yah jelas, secara hamilnya ga halu kayak mas Lucinta Luna yang katanya hamil dua bulan tapi perutnya udah kayak pompa air hampir bocor.

Akhir-akhir ini Jungkook lagi suka pake baju yang longgar-longgar. Kalo malem selain pake daster, Jungkook sekarang lagi suka pake kemeja atau kaos suaminya. Tapi maunya sih yamg lagi dipake si om. Makanya kadang si om terpaksa tidur ga pake baju atasan, soalnya bajunya dipake istri.

Jadwal njus-njusan pun lancar. Tapi mainnya mesti ekstra hati-hati. Selain hati-hati sama yang lagi ngontrak di dalem, mereka juga hati-hati karena ga mau ketahuan Budiyono, anak mereka yang kalo malem masih suka ngigau teriak-teriak mau ngehajar Ken, pacarnya Barbie pake sendok sayur bundanya. Gimana ga awet muda tuh si om kalo tiap malem nyuntik mulu?

Jadi hari Minggu ini, Jungkook beserta si om dan anak mereka, Budiyono, lagi jalan-jalan keluar. Tadinya mereka mau ke pantai, tapi kejauhan dan Jungkook ga mau terlalu jauh. Jadilah mereka cuma main ke taman bermain gitu. Jungkook sih cuma duduk-duduk doang sambil ngemil es kepal milo pake topping kacang, koko crunch, sama oreo. Sementara si om sibuk nemenin anaknya main.

Maklum sih, ini bisa dibilang pertama kalinya bagi Budiyono untuk bisa main ke tempet kayak gini. Biasa paling jauh ya main ke pangkalan tante Bambam. Makanya si Budiyono rada udik gitu.

"Paaaa! Mau beli itu, pa!" Teriak Budiyono, narik-narik tangan Papanya.

Bunda yang daritadi duduk di bangku sambil merhatiin suaminya sama anaknya cuma senyum-senyum aja.

"Taebin, sayang, kita ga bisa beli itu." Kata si om.

Mukanya Taebin kayak ga seneng. Kecewa.

"Bukannya papa ga mau beliin, sayang. Tapi itu—"

Si om ngegendong anaknya.

"Itu tante-tante yang jaga stan mainan... Kita ga bisa beli dia..."

Iya, gaes. Budiyono, eh, Taebin, daritadi nunjuk si tante yang jaga wahana bermainnya. Cakep emang. Mirip mbak-mbak yang nyanyi Havana oh nana itu. Terpujilah Taebin dengan segala sifat turunan bapaknya, doi tau aja mana yang bening.

"Kenapa ga bisa, pa?"

Si om bingung mau jawab. Cewek cakep nan bening depan mata, ya gimana ya... Kalo si om yang dulu sih mungkin ga nolak buat ngapain aja ke si tante bening. Kan si om beloknya cuma ke Jungkook doang.

"Ga bisa, sayang. Pertama, kita ga bisa beli manusia." Jawab si om. "Kedua, tante itu bukan barang. Dan ketiga—"

Taebin natap papanya dengan mata berbinar. Kayak ngerti aja padahal otaknya masih ga nyampe.

"Ketiga... Papa bisa digorok bundamu gara-gara ini..."

Belum juga si Taebin ngerespons, suara bundanya bikin duo bapak-anak itu noleh.

"Aku kenapa emang, mas?"

Si om noleh pelan-pelan. Kaget. Ayam-ayam-ayam gitu.

"Ah, ha-ha-ha, sayang--"

"Oh," Jungkook ngelirik ke arah pandangan si om tadinya. Sadar sama apa yang tadi diperhatiin anak sama suaminya. "Kenapa, mas? Doyan sama yang begituan?"

Saat-saat yang kayak gini nih yang bikin si om ngerasa umurnya cepet nipisnya.

"Nggak! Nggak, sayang! Sumpah! Nggak sama sekali!"

Jungkook masih natap tajam, masih curiga dan ga percaya.

Tapi akhirnya ngehela nafasnya. "Aku laper! Mau makan steak mahal!"

AKU SIMPENAN OM (ASO)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang