"Jadi, maksud, tujuan, serta visi misi lo bawa anak lo ke pangkalan gue ngapain?"
Alis super on point tante Bambam menukik, natap sahabatnya yang beberapa jam yang lalu ngetraktir mocca float di KFC dan sekarang balik nyamperin lagi di pangkalan dimana si ratu jablay lagi nyari mangsa baru setelah om pemilik warung padang Bundo Menangis gagal digebet setelah dilemparin panci sama istrinya.
Jungkook, setelah tadi kabur dari kantor suaminya pun bergegas jemput anaknya di sekolahnya, setelah itu bukannya pulang ke rumah, malah nangkring bawa anaknya ke pangkalan jablay.
Bukan, bukan karena Jungkook pengen balik ke kehidupan dan pekerjaan lamanya. Bukan pula karena Jungkook pengen bernostalgia sambil disuit-suitin kang bakso dan kang siomay bandung. Bukan.
Jungkook cuma ga pengen pulang dan ketemu suaminya yang emang dasar tukang selingkuh dan ga sadar diri kalo tytydnya itu rentan layu di umurnya yang udah menuju setengah abad itu. Makanya Jungkook kesini, lagi-lagi jadiin Bambam tempat curhat alias tempat umpatannya. Kalo aja mereka ga satu spesies tukang desah di ranjang, mungkin udah kejadian kayak di sinetron gitu, yang sahabat jadi centong, eh cinta maksudnya. Sayangnya mereka satu spesies dan biarpun ga satu spesies pun Jungkook ogah.
"Gara-gara lo, nih!" Sergah si bunda.
Bambam kaget. "Ayam-ayam-ayam."
Bunda makin emosi. Dikira dibecandain. Padahal si Bambam emang latahnya begitu. Fans berat Ruben Onsu sih dia.
"Salah gue apaan? Lo yang salah kenapa lo kesini? Bawa-bawa Suparyono lagi! Kalo gini 'kan gue ga bakal dilirik om-om tajir karena dikira udah punya anak!"
Bunda ngegebrak meja. Mangkok siomay bergetar. Suparyono yang lagi asyik menikmati suap demi suapan siomay hampir keselek karena gebrakan meja oleh bundanya.
Sungguh tragis nasib anak itu.
"Lo sih, emang si pahit lidah! Omongan lo emang pahit banget!" Bunda balas, makin kesel. "Omongan lo kejadian, Markonah!"
"Dih, Markonah! Laurentia nama gue!" Sergah si jablay. "Omongan yang mana sih? Soal si om selingkuh lagi?"
Bunda ga jawab. Malah ngaum. Bambam Laurentia Putri mundur.
"Ya mana gue tau kalo kejadian, Kuk." Bambam melakukan pembelaan. Namun Bunda menolak pembelaan Bambam dan menolak banding yang diajukan.
Dan akhirnya bunda pun mulai cerita semua kronologis hari ini. Meninggalkan dan membiarkan Suparyono yang masih berusaha nurunin siomay yang masih setengah nyangkut di tenggorokannya.
Sungguh tragis.
♥ ♥ ♥
Om Taehyung masuk ke ruangannya dengan muka keselnya. Udah capek-capek turun tangga demi ngejar sang istri, malah gagal. Bukannya ga mau ngejar, tapi si om tau istrinya lagi emosi tinggi. Sebagai pria yang jauh lebih berpengalaman dalam berumah tangga dan dalam hidup di dunia, si om sengaja biarin turun dulu emosi istrinya. Kalo dirasa waktunya udah pas, om bakal jelasin baik-baik ke istrinya.
Cewek itu masih disana. Mukanya bete. "Kak, kenapa sih? Itu tadi siapa?" Kata cewek itu.
Om Taehyung ga jawab, doi malah duduk di sofa yang ada di ruangannya, matanya ditutup pake punggung tangan. Puyeng juga habis lari-lari si umurnya yang udah ga muda lagi ini.
Yerin, si cewek tadi, sekarang udah duduk di sebelah si om. Sengaja banget meluk tangan si om dan nempelin tetenya ke tangan si om, yang sebenernya tetenya masih kalah sama nenennya bunda yang sudah terverifikasi halal itu.
"Kakkkkk, aku kangen, tau!" Katanya.
Si om ngehela nafas. "Yerin, lepas. Saya sudah beristri."
Tapi si Yerin masih ngeyel. "Dulu juga kak Taehyung punya istri. Ayo, mau main?" Tawarnya. Berasa lagi nawar di pasar tanah abang. Enteng amat.