"HAHAHAHAHAHA." Suara ketawa yang tidak bermartabat itu terdengar dari bibir cantik dengan lipstick ungu kebangaannya.
Ialah Bambam Paramitha Kusumaningsih Wardhani Paramesywari, sang pemegang tahta dan puncak dunia perjablayan, yang saat ini sedang tertawa setelah mendengar curhatan sahabat satu-satunya, mantan pemegang tahta sebelumnya, Jeon Jungkook, atau dahulu dikenal dengan nama panggung Jungkook Amanda Anastasia Khairunnisa.
Ceritanya, pagi ini, setelah nganterin anak semata wayangnya, Kim Taebin atau Taebin Suryono Suprapto Zainuddin ke TK-nya, Jungkook yang udah janjian sama Bambam pun langsung meluncur ke tempat biasa mereka ngerumpi. Tempat paling elit yang pernah mereka datangi, yang menjadi favorit mereka dari jaman menjablay bersama, yaitu warung siomay Pak Zulkifli.
Sebenernya disitu ga cuma ada warung siomay doang, ada yang lainnya juga karena itu lebih kayak pujasera gitu, satu area banyak gerobak dagangan. Ada soto, ada bakso, tapi yang jadi langganan mereka ya siomay ini.
Wait, kenapa jadi ngomongin siomay?
Balik ke awal cerita, jadi Jungkook ngajak sahabatnya ketemuan karena ga tahan pengen cerita kekeselannya semalem. Iya semalem, yang Jungkook dilabrak "Ibu Mertua"-nya, yang sampe dikira pembantu.
"Gedeg ga lo? Masa gue sekece ini dikira pembantu? Pake dikata perempuan lagi? Ya kelez kontol gue gondal-gandul dalam balutan kancut g-string warna item perlu gue lihatin."
Jungkook ngedumel. Masih nyimpen dendam akibat semalem. Bambam masih ngakak.
"Gue tebak, lo pasti semalem pake daster, ye?" Tanya Bambam, memastikan.
Jungkook ngangguk. Ya gimana cuy, jiwa seorang Ibu dalam diri Jungkook tuh udah mendarah daging semenjak Zainuddin lahir. Habisan suka gerah kalo habis ngurusin anaknya, terus habis masak, habis beres-beres rumah, kalo pake celana ya ribet. Makanya waktu itu si Bambam nyaranin pake daster, ya udah si Jungkook coba. Eh ternyata pas dipake enak juga, ya terus aja kebablasan jadi kebiasaan kalo malem sampe sekarang.
Jungkook ngangguk.
"Ya iyalah lo dikira perempuan. Gue akui nih ya, lo tuh cantik, Kuk! Makanya pas lo pake daster, ya lo dikira cewek. Lagian nyokapnya si om mana tau ada kontol lo dibalik daster!"
"Iya juga, ya?"
Akhirnya pemirsa, akhirnya Ibu muda itu pun sadar kekhilafannya.
"Tapi Bam, tetep aja lo ga tau gue semalem udah nahan banget buat ga ngelabrak itu Ibu-Ibu! Untung aja mas Taehyung langsung sadar sikon, makanya gue sama anak gue disuruh masuk ke kamar."
"Iye-iye, tau gue. Tau. Terus lo bener-bener ga tau mereka ngobrolin apa?"
Jungkook diem sejenak. "Tau, sih?"
"Hah?" Bambam naikin satu alis bentuk lambang sepatunya, natap sahabatnya penuh tanda tanya.
"Gue ga sepenuhnya tidur, Bam. Setelah nidurin anak gue, gue coba ngintip ke bawah. Gue cuma berhenti sampe tangga doang. Tapi gue sempet denger sedikit soal—"
"Soal?"
"Soal ga setujunya nyokap mas Taehyung dan keluarga besar mereka atas pernikahan gue sama mas Taehyung. Yang gue denger nyokapnya ngata-ngatain gue murahanlah, apalah, dan yah, gue ga peduli sih. Cuma gue sempet ga bisa nahan buat ga ngamuk ketika dia mulai ngehina anak gue."
"Kalo alasan kamu nikahin dia cuma buat tanggung jawab sama anak itu, tinggalin sekarang! Anak haram itu ga butuh dan ga perlu kamu pertanggung jawabkan!"
"Gitu."
Jungkook jadi berubah sedih. Yah siapa yang ga sedih, Ibu mana coba yang bisa tegar pas anaknya dikatain, dihina anak haram?