Flashback

8.6K 669 11
                                    

"Sial!"

Om Taehyung ngebanting pintu mobil dengan penuh emosi. Setelah gagal ngebawa Jungkook pulang, om Taehyung balik ke rumah dengan sia-sia.

"Mas?" Panggilan sang istri bikin si om noleh. "Jungkook?"

Om gelengin kepalanya. Tante Hana cuma bisa diem dan ngangguk ngerti.

Malem itu, si om cuma bisa muter otak gimana caranya bikin Jungkook balik, karena tetap, om punya tanggung jawab yang harus dipenuhi.

♥ ♥ ♥

Beberapa bulan berlalu dan om kehilangan kabar selingkuhannya itu. Apartemen Jungkook udah diganti passwordnya. Dan setiap om nyoba dateng, apartemennya selalu kosong. Om pernah dateng nemuin Mingyu, temen Jungkook yang om temuin ga sengaja di depan gedung apartemen Jungkook. Om inget banget itu temennya Jungkook, karena si om pernah lihat dulu dan om inget banget mukanya temen Jungkook yang item ini.

"Mana Jungkook?"

Dahi Mingyu ngerut. Kayak laurier kalo udah dipake seharian.

"Eh? Masih punya nyali buat nyari Jungkook setelah puas nyakitin? Atau masih belum puas?"

Om ngepalin tangannya. Pengen marah karena ngerasa diremehin sama si Malika, kedelai hitam yang dibesarkan. Bukannya dapet jawaban, si om malah dapet jawaban singkat Malika sebelum makhluk itu balik pergi.

"Sampai mati pun, gue ga bakal kasih tau dimana Jungkook."

Lalu si Mingyu pergi dengan santainya, seolah ga bikin dosa karena udah kurang ajar sama yang lebih tua. Terpujilah sang Malika.

♥ ♥ ♥

Malemnya om Taehyung stres. Sebulanan doi usaha nyari dimana Jungkook, tapi kesayangannya itu seolah lenyap ditelan bumi. Karena saking stresnya, si om yang udah lama ga ajeb-ajeb, akhirnya mabuk-mabukan berasa ABG jaman sekarang. Hampir digodain sama ciwi-ciwi, tapi si om ga niat sama sekali. Dalam keadaan mabuk, si om pulang ke rumahnya. Pikirannya dipenuhi bayangan Jungkook, Jungkook, dan Jungkook.

Om kangen? Banget.

Bukan cuma kangen ena-enain, om kangen semua hal tentang Jungkook. Om Taehyung bukannya baru sadar sama perasaannya ke Jungkook. Om udah sadar dari dulu. Cuma yah, terlalu banyak halangan yang bikin om harus pura-pura ga sadar. Bahkan om sadar kalo semua yang dilakuinnya ke Jungkook itu jahara banget. Pas tau Jungkook hamidun, om kaget. Ga sampe latah ayam-ayam kok, cuma emang kaget ternyata Jungkook bisa hamil. Gimana jelasnya ya? Intinya, om seneng banget karena itu artinya dia bakal bisa milikin Jungkook seutuhnya. Om siap tanggung jawab.

Tapi tiba-tiba kerasionalannya kembali. Om sadar kalo dia masih punya tanggung jawab lain. Pernikahannya dengan mbak Hana jelas jadi halangannya. Belum lagi tentang Jimin, anak kesayangannya yang paling manis sejagad alam bumi dan dunia lain. Om Taehyung itu pria dewasa. Memutuskan bercerai setelah selama ini bukan hal yang mudah. Biarpun om sadar bahwa kebahagiannya sendiri yang harus dicari, tapi kebahagiaan Jimin, anak kesayangannya, jelas yang paling utama. Om ga bisa egois.

Balik ke si om yang masih mabuk, mbak Hana yang denger suara pintu kebuka segera lari dan nyambut pria yang masih berstatus suaminya itu. Kaget pas lihat suaminya mabuk.

"Mas," panggil mbak Hana.

Dengan usaha keras, mbak Hana bantuin suaminya yang sempoyongan itu untuk ke kamar mereka. Agak susah emang mengingat badan mbak Hana yang mini-mini kayak anaknya. Om Taehyung berhasil dibaringkan di kasur. Mbak Hana cuma bisa ngehela nafas merhatiin suaminya yang makin hari makin kelihatan banyak pikiran sejak Jungkook pergi.

"Jungkook,"

Panggilan sang suami makin bikin mbak Hana ngerasa miris. Baru aja mbak Hana mau keluar, ke kamar yang lain yang ditidurinnya sejak mereka memutuskan pisah ranjang, tiba-tiba tangan mbak Hana ditarik sampe si mini itu jatuh ke kasur dengan sosok sang suami yang nindih diatas.

"M-Mas? Jangan gini, mas. Kamu mabuk."

"Jungkook,"

"Mas, aku bukan Jungkook. Tidurlah."

"Baby,"

Tidak bergeming, si om yang mabuk pun isi pikirannya cuma ada Jungkook.

Lalu semua itu terjadi.

Suatu kesalahan yang sangat fatal.

♥ ♥ ♥

Satu minggu sejak hari itu, om sadar dia udah bikin kesalahan. Karenanya sebelum semuanya jadi makin buruk, om akhirnya mutusin untuk bercerai. Tapi sayangnya, di hari itu juga, Irene ngasih dokumen yang bikin si om akhirnya batal dan mengurungkan niatnya untuk bercerai.

Karena satu kalimat yang terlintas dari bibir mungil Irene adalah,

"Aku hamil, mas."

♥ ♥ ♥

"Jadi? Gitu?"

Si om ngangguk tanpa ragu. Saat ini si om yang berhasil bujuk Jungkook untuk ngasih penjelasan akhirnya ngungkapin semuanya. Dengerin semua kenyataan itu Jungkook jelas kecewa. Campur aduk deh perasaannya kayak es teler. Gimana ya jelasinnya... Seneng ketika tahu si om ternyata sempet usaha untuk nyari Jungkook lagi, yang artinya si om ga bener-bener ngebuang Jungkook saat itu. Sedih dan kecewa ketika tau si om ngelakuin hal itu lagi sama istrinya yang sekarang jadi mantan istrinya itu. Biarpun saat itu status mereka masih halal.

"Jadi, maafin om, baby. Om berani sumpah. Ini semua diluar kehendak dan kesadaran om. Saat itu om ga mungkin ninggalin Irene yang lagi hamil."

"Tapi om ninggalin aku yang lagi hamil."

"Sayang, denger. Kalopun saat itu om nyari kamu dan jelasin semuanya, kamu juga pasti bakal tetap marah dan ga mau balik. Makanya om usahain tanggung jawab dulu ke Irene. Seenggaknya sampai Irene melahirkan." Jelas si om. "Dan sekarang om sudah bebas. Om udah resmi cerai. Memang terlalu lama bagi kamu, dan memang om sadar kalo om ga pantes ngomong ini."

Om ngehela nafasnya. Tatapan matanya lembut natap Jungkook yang masih bingung harus natap kemana.

"Baby, kembalilah ke om. Om ga bisa tanpa kamu. Kamu kebahagiaan om. Om tau om udah banyak ngelakuin kesalahan. Tapi, kamu tetap jadi alasan om berusaha sampai sekarang."

Mata Jungkook berkaca-kaca. Berasa kalo digoyangin entar keluar pecahan beling. "Aku takut, om.. Aku takut om ninggalin aku lagi. Dan lagi, om punya tanggungan baru. Aku ga mau ngerusak kehidupan siapapun lagi, om. Cukup dulu aja..."

Tangan Jungkook digenggam sama si om. Jungkook noleh. Si om natap lembut banget.

"Kamu ga ngerusak kehidupan siapa-siapa. Kamu malah menghiasi kehidupan om. Karena itu, kembali ke om, ya?"

Jungkook ngegeleng pelan. "Aku... ga tau..."

Hening sejenak. Sampai suara cempreng yang menggemaskan memecah kesunyian.

"Pa! Keik!"

Om dan Jungkook noleh ke asal suara. Noleh ke sosok batita mungil yang tangannya ngegapai-gapai mau ngambil cake diatas meja setelah bosen ngabisin susunya. Om Taehyung cuma bisa senyum ngelihat tingkah bayi mungilnya dan nyetujuin permintaannya. Jungkook cuma bisa natap miris nginget gimana sedihnya Mahmudin, eh, maksudnya Taebin yang selama ini ga pernah digituin sama Bapak kandungnya.

"Baby, anak kita butuh sosok Ayahnya, bukan?"

Jungkook kaget pas si om ngomong gitu. Yah gimana emang kenyataannya gitu. Biarpun selama ini Taebin dimanjain sama Yugyeom atau sama Mingyu, tetap aja beda sama perhatian yang diberikan seorang Ayah kandung. Tapi Jungkook juga ga bisa mutusin semuanya gitu aja. Bekas luka disakitin sama sikapnya om dulu itu masih bekas banget. Dipakein dermatix juga ga bakal hilang bekas lukanya. Makanya Jungkook akhirnya cuma bisa ngomong,

"Kasih aku waktu, bisa?"

Dan oh, entah kenapa Jungkook jadi kangen anak semata wayangnya saat ini.

♥ ♥ ♥

AKU SIMPENAN OM (ASO)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang