20. Rujuk

2.1K 296 237
                                    

Selama Jovi makan Bobby nggak berenti mikir : ini anak mau dibawa kemana??

Kalo aja dia udah punya rumah sendiri—yang isinya hanya dia doang—mungkin udah dia bawa pulang ke rumahnya, ngomong sama Pak RT kalo mau ajak nginep anak perempuan orang di rumah dan rela deh dijagain sama satpam 24 jam kalo si Pak RT takut terjadi perbuatan asusila.

Nah masalahnya Bobby kan belom punya rumah sendiri, masih tinggal sama orang tua kalo mau bawa Jovi pulang ke rumah, mau ditidurin dimana??

Bob, kok gak enak ya dibacanya. Masa ditidurin? –Thor

Thor, pikiran lu aja udah kelewat jahanam! –Bob

Belum lagi nanti ditanya-tanya, kenapa gak pulang dan blablabla. Rumahnya kan bukan penampungan manusia huhuhu.

Alhasil dia gak punya pilihan selain bawa Jovi ke rumah Ibu. Rasanya kalau Jovi disana Jovi bakalan lebih aman, dia bakal punya banyak temen—walaupun isinya cuma bocah-bocah kecil yang umurnya jauh dari dia, tapi kan ada Ibu sama mbak-mbak yang bantu urus yayasan—jadi kemungkinan Jovi untuk sendirian itu kecil, mengantisipasi aja sih Bobby ini sebenernya takut Jovi nekad terus bunuh diri.

Gak menutup kemungkinan juga Jovi bakal gugurin anaknya, posisi dia udah parah banget sekarang. Gak ada yang mau tanggung jawab sama bayinya, bapak dari bayi itu sendiri pun udah kabur gak tau dimana sekarang. Ditambah lagi fakta bahwa dari awal Jovi gak menghendaki bayi itu tumbuh di rahimnya.

Bobby udah coba mikir luas semisal dia jadi Jovi mungkin dia juga bakalan milih buat gugurin kandungan. Menata hidup lagi dari awal, lanjutin kerja atau mungkin cari baru, memperbaiki hidup dengan belajar dari masa lalu. Jovi gak perlu ketanggungan malu karna ngelahirin anak tanpa bapak, dia juga gak perlu repot mikirin masa depan anaknya, gak perlu bingung cari biaya buat besarin anaknya, gak perlu khawatir kalau anaknya dapat julukan gak punya bapak juga.

Terlihat indah dan gampang banget kan kalau mencoba menilai dari sisi itu?

Kemudian Bobby coba mikir luas lagi, semisal dia jadi bayinya Jovi. Dia dibuang, disingkirkan, gak diharapkan kehadirannya, dibunuh, bahkan posisi dia gak salah apa-apa. Lalu kenapa harus mengutamakan kematian tuh bayi? Yang salah kan orang tuanya, kenapa dia yang harus berkorban? Bahkan di saat dia belum melihat kayak apa sih ibunya, kayak apa sih bapaknya?

Bobby juga udah bertahun-tahun jadi donatur buat yayasannya Ibu, disana dia udah belajar banyak hal tentang seperti apa perjuangan anak-anak yang berusaha untuk hidup.

Kalau sama mereka aja—yang Bobby gak tau asal-usulnya, gak punya hubungan darah juga sama dia—Bobby bisa bantu bahkan kasih uang tiap bulan walaupun gak banyak, ikut semangatin anak-anak itu buat terus bertahan hidup, masa sama anaknya Jovi dia gak mau nolong???

Bobby harus tolong dia juga mau adil sama anaknya Jovi, gak peduli sesakit apa hatinya sekarang, sekecewa apa dia sama Jovi, niatnya Bobby nolongin anaknya Jovi, anaknya Jovi lagi berada di posisi sama seperti anak-anak di rumah Ibu.

Dia juga lagi berjuang buat terus hidup.

Cuma itu yang bikin Bobby bertahan buat rela repot sendiri gara-gara Jovi.

Bobby lagi bener-bener diuji seberapa banyak dia rela berkorban. Berkorban yang sesungguhnya. Korban duit, korban waktu, korban tenaga dan yang paling susah—dan masih terus Bobby usahain untuk ikhlas—yaitu korban perasaan.

Satu aja sih yang Bobby percaya, kalau dia berhasil disini dia pasti akan lebih mudah lagi untuk berkorban buat mereka yang memang selayaknya mendapatkan.

Besarnya hatimu Bob. :")

Bobby gak tau apa Jovi bakal betah tinggal di rumah Ibu, tapi untuk sementara gak masalah lah tinggal dulu disini sampai Jovi punya tujuan buat pulang. Bobby juga udah pesen sama Jovi, kalau endingnya Jovi nyaman tinggal di rumah Ibu, dia tetep harus pulang, seenggaknya harus ngabarin orang rumah, sebenci apapun Mama sama kesalahan anaknya yang namanya Ibu ya tetep Ibu. Pasti khawatir dan sedih juga kalau anaknya gak tau dimana.

NEW KIDS ; iKONTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang